Breaking

Post Top Ad

Ini Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok

Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok
Ngibarbalang.id – Pulau Lombok, salah satu Pulau yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Pulau Lombok terdapat 4 Kabupaten (Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Utara) serta atu kota Madya (Kota Mataram).

Pulau Lombok dan Pulau Bali hanya di Pisahkan oleh selat Lombok. Pulau bali berada di sebelah barat dan Pulau Lombok berada di Sebelah timur Indonesia. Saat ini, pariwisata Pulau Lombok sangat baik, hampir menyaingi pariwisata yang ada di Pulau Dewata Bali.

Selain memiliki Alam yang indah, Pulau Lombok juga selalu menampilkan ciri khas suku sasak yang menjadi ikon wisata budaya yang ada di Pulau Lombok, ada banyak atraksi budaya yang dapat kamu saksikan ketika berada di Pulau Lombok ini.

Selain itu, akomodasi dan transportasi juga sangat mudah dan murah untuk didapatkan di Pulau Lombok. Sebagai daerah yang memiliki daerah pariwisata kelas dunia serta label wisata halal dunia, pariwisata pulau Lombok sangat memperhatikan kenyamanan, kepuasan serta keamanan setiap wisatawan yang datang dan berkunjung di Pulau Lombok.

Nah, kali ini ngibarbalang.id akan mengupas secara lengkap Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok. Simak ulasannya:

Sejarah Singkat Lombok (Suku Sasak)
tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok

Pulau Lombok memiliki adat dan tradisi yang khas. Penduduk yang mendiami pulau ini didominasi oleh suku sasak yang merupakan penduduk asli di Pulau Lombok.Berikut sejarah singkat seputar suku sasak Lombok.
Menurut para ahli, definisi nama suku sasak adalah sebagai berikut:
Menurut sumber lisan didefinisikan bahwa dinamakan Sasak karena zaman dahulu ditumbuhi hutan belantara yang sangat rapat.

Sementara para tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa mengartikan Sasak sebagai buluh bambu atau kayu yang dirakit menjadi satu.

Sedangkan dalam kita sejarah yang sangat terkenal yaitu Kitab Negarakertagama (Decawanana) mendefinisikan kata Sasak dan Lombok sebagai Lombok Mirah dan Lombok Timur disebut Sasak Adi.

Dr. C.H. Goris: "Sasak berasal dari bahasa Sansekerta (Sak = pergi dan Saka = asal). Jadi Orang Sasak adalah orang yang meninggalkan negerinya dengan menggunakan rakit sebagai kendaraannya. Orang yang pergi tersebut dimaksudkan adalah orang Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya silsilah para bangsawan dan juga hasil sastra digubah dalam bahasa Jawa Madya dan berhuruf Jejawan (huruf sasak)".

Dr Van Teeuw dan P. De Roo De La Faille: "Sasak berasal dari pengulangan tembasaq (kain putih) yaitu saq saq sehingga menjadi Sasak dan kerajaan Sasak berada di sebelah barat daya ".

Ditjen Kebudayaan Provinsi Bali: "Di Pujungan Tabanan Bali terdapatsebuah tongtong perunggu yang dikeramatkan bertuliskan "Sasak dana prihan, srih javanira". Tongtong itu ditulis setelah Anak Wungsu, sekitar abad ke- 12 M.

Dalam babad Sangupati: "Lombok terkenal dengan nama Pulau Meneng (sepi)".
Steven van der Hagen: "Pada tahun 1603 di Labuan Lombok banyak beras yang murah dan hampir setiap hari dikirim ke Bali sehingga pelabuhan Lombok di populerkan menjadi Lombok".

Selaparang, nama beken lombok kala itu...

Hingga akhir abad ke-19, pulau Lombok terkenal dengan nama Selaparang. Selaparang merupakan nama sebuah kerajaan terbesar yang ada di Lombok waktu itu. Nama tersebut juga tersemat pada nama Bandara lama lombok yang ada di Rembiga, yaitu Bandara Selaparang.

Kerajaan ini semula bernama Watu Parang kemudian berubah menjadi Selaparang. Dalam suatu memoar tentang kedatangan Gadjah Mada di Lombok, waktu itu pulau Lombok disebut Selapawis (bahasa kawi: sela berarti batu dan pawis berarti ditaklukan). Jadi Selapawis berarti batu yang ditaklukan.

Sasak dan Lombok mempunyai kaitan yang erat sehingga tidak dapat dipisahkan. Keduanya terjalin menjadi satu yang berasal dari kata Sa'sa'Loombo. Kata sa' artinya satu, dan lombo' artinya lurus. Dengan demikian, Sasak Lombok berarti satunya lurus atau "satu-satunya kelurusan".

Dari segi Bahasa...

Bahasa sasak sangat sederhana, paling banyak hanya terdiri dari dua suku kata. Cukup dengan menambahkan kata "timur" atau "barat", dan "utara" atau "selatan". Contoh, mamben lauq, mamben deye. Kemudian apabila di tempaf itu berdiri sebuah pohon, misalnya pohon asam, maka dusun yang dicarikan nama itu, cukup dinamakan dengan "Dasan Bagik" (bagik = asam),

Dari segi keyakinan dan bermasyarakat...

Suku Sasak bersandar pada Sa'sa' Lombo', sebagai sesuatu yang diyakini. Hal ini berpengaruh positif dalam hidup dan kehidupannya. Adapun sikap-sikap yang dimaksudkah dalam hidup beragama yaitu:
Penyerahan diri kepada Tuhan (Tauhid). "artinya orang yang

Taat kepada Tuhan.
Taat kepada pemerintah.
Taat kepada orang tua.

Suku sasak sangat teguh memegang apa yang diajarkan kejujuran sebelumnya begitupula dalam hidup bermasyarakat seperti:

Lihatlah bagaimana situasi keagamaan yang ada di Lombok saat ini. Gaungan sebagai Pulau Seribu Masjid, ada ratusan pondok pesantren, sekian banyak sekolah agama, hingga sekolah penghafal al-qur’an.


Dahulu kala penyebaran Islam pada tingkat permulaan, yang shalat hanya para mubalig, karena mereka sangat taat dengan ajaran yang sudah diterimanya dari guru yang pertama tadi. Hal ini terbukti pada masyarakat yang dinamakan "Islam Wetu Telu". Keberadaan ini masih dapat kita lihat pada peninggalan masjid yang ada di daerah Lombok Utara.

Hal lainnya, penduduk Lombok sangat taat kepada orang tua. Jika orang tua telah memiliki pendapat atau saran, maka yang lainnya harus ikut pendapat atau saran tersebut. Ini menjadi tradisi di Lombok, walaupun kemajuan zaman mulai mengikis nilai-nilai positif dari sebuah kebudayaan yang telah lama menjadi kebiasaan suatu masyarakat.

Kejujuran atau kesederhanaan. Mereka beranggapan bahwa orang yang lebih tua dan patut lebih dihormati itu tidak akan membohonginya. Itulah yang menjadi dasar bagi masyarakat "Waktu Telu" pada masa transisinya, bahwa untuk menjalankan syari'at agama, lebih banyak diserahkan pada para kyai dan pemangkunya.

Orang sasak sangat taat dalam menjalankan ajaran agamanya. Adanya ajaran-ajaran taat kepada Tuhan, taat kepada Rasul dan taat kepada pemerintah, merupakan ajaran yang harus dijalankan. Secara murni dan apa adanya. Hal semacam ini membentuk sebuah kedamaian yang ada di lingkungan masyarakat Lombok. Hidup tenang dan saling berdampingan satu sama lainnya.

Dalam hal ini nampak kelemahan bagi mereka yang bulat-bulat menyerahkan persoalannya kepada seorang pemimpin. Kalaupun ada yang kemudian temyata menipunya, mereka juga tidak akan memberikan reaksi yang berlebihan. Paling-paling mereka akan menggerutu dan dalam bahasa sasak mengatakan: "la penje ia penjahit, ia pete id dait, bagus pete bagus tedait, lenge pete lenge tedait".

Dari penjelasan tersebut di atas maka dapat disimpulkan nama suku dan pulau ini berasal dari Sa'sa'Lombo' menjadi "Sasak Lombok" yang artinya satu-satunya kelurusan. Sifat -sifat tersebut tercermin dalam sifat datu dan pemban pada masa lampau. Datu dan, pemban adalah sosok pemimpin yang mengayomi, mengemong rakyatnya. Pemimpinnya tidak mementingkan istana yang megah. Yang penting rakyatnya dapat makan.
Hal tersebut merupakan salah satu alasan yang kuat mengapa bangunan istana raja, datu atau pemban tidak ditemukan di Gumi Sasak.

Dengan demikian orang Sasak Lombok adalah orang-orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran (kelurusan).

Sekilas tentang wisata Lombok
tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok

Sebagaimana daerah-daerah di Indonesia pada umumnya, di Lombok anda tak cuma dapat mengunjungi tempat-tempat menarik. Budaya dan kelaziman masyarakat di Lombok pun menjadi urusan yang unik untuk diikuti
Jika anda sedang merencanakan liburan ke Lombok, sebaikya ketahui dulu sejumlah hal unik di pulau cantik ini

# World's Best Halal Honeymoon Destination (Lombok)

Wisata halal sebetulnya tidak jauh bertolak belakang dengan wisata pada umumnya. Wisata halal adalah konsep wisata yang mempermudah wisatawan Muslim guna memenuhi keperluan berwisata mereka. Kebutuhan tersebut antara beda : adanya rumah santap bersertifikasi halal, tersedianya masjid/musholla di lokasi umum, adanya kemudahan kolam renang terpisah antara lelaki dan wanita, dan lain-lain.

# Pantainya buat males pulang

Objek wisata utama di Pulau Lombok ialah pantai. Pantai-pantai di Pulau Lombok memiliki ciri khas berpasir putih dan mempunyai air laut berwarna biru toska. Barisan bukit-bukit hijau pun adalahpemandangan yang lazim anda jumpai di sejumlah pantai di Pulau Lombok. Dan yang sangat penting, pantai-pantai di Lombok tak seramai Bali

Suasana pantai semacam tersebut akan menciptakan siapapun merasa malas guna pulang. Kadang, andai sedang beruntung, anda akan menjumpai anak-anak lokal yang sedang bermain bola atau memancing. Tak butuh sungkan guna join bareng mereka. Itu bakal menjadi sebuah empiris yang teramat menyenangkan

# Ada gunung Rinjani yang buat kangen

Kata orang, rindu tersebut ada dua macam. Pertama, rindu pada sesuatu yang pernah terjadi di masa lalu. Kedua, rindu pada apa yang sedang anda harapkan di masa depan. Gunung Rinjani di Pulau Lombok dapat membuat seseorang menikmati kedua jenis rindu tersebut
Untuk mereka yang pernah memanjat gunung cantik tersebut, rasa rindu guna kembali lagi tentu ada. Sedangkan guna mereka yang sedang merencanakan pemanjatan ke sana, rasa rindu guna segera merasakan keindahan alam Gunung Rinjani tentu akan tidak jarang kali terbawa ke dalam mimpi. Gunung Rinjani dapat membuat seseorang merasa laksana sedang jatuh cinta

Fyi, tahun 2016 mendatang Gunung Rinjani bakal segera diusulkan guna masuk dalam susunan Global Geopark

# Punya tidak sedikit Jenis kuliner sate


Lombok adalah salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai sejumlah jenis sate. Ada tiga macam sate yang dapat kita temukan di Pulau Lombok yaitu Sate Bulayak, Sate Rembiga serta Sate Tanjung. Ketiga sate ini mempunyai satu keserupaan yakni memakai bahan dasar daging sapi. Meski mempunyai bahan dasar yang sama, tetapi rasa ketiga sate tersebut paling jauh berbeda. Sate Rembiga misalnya, bumbu rempah yang kaya menciptakan rasa sate ini benar-benar maknyus. Cara pengolahan yang bertolak belakang juga menciptakan tekstur daging lebih lunak seperti daging ayam. Sampai-sampai anda tidak sadar bahwa yang sedang anda makan ialah daging sapi

# Suku aslinya ialah suku sasak

Mayoritas masyarakat Lombok ialah muslim. Itulah sebabnya anda akan menemukan tidak sedikit sekali masjid di Lombok, terutama di dekat Mataram. Masyarakat pribumi Lombok ialah suku Sasak yang mayoritas menganut agama Islam
Untuk memahami lebih jauh mengenai kehidupan suka Sasak kita dapat mengunjungi sejumlah desa wisata yang tidak sedikit dihuni oleh masyarakat suku Sasak laksana Rumah Adat Dusun Sade serta Tetebatu

Pulau Lombok merupakan gabungan beberapa Kabupaten dan Kota Madya, berikut ini berebarapa Wilayah di Pulau Lombok

# Kota Mataram
Kota Mataram merupakan Ibokota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebagai Ibukota Provinsi NTB, kota mataram terbilang sedikit agak padat jika dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya. Pusat kota di NTB ini menjadi pusat studi dan pusat perbelanjaan di Pulau Lombok. Jadi tak heran jika di Kota Mataram berbaur ramai dengan beberapa etnis lainnya.

# Kabupaten Lombok Barat
Kabupaten Lombok barat adalah kabupaten terdekat dengan Kota Mataram. Secara administratif, kota Mataram dikelilingi oleh wilayah Lombok Barat. Mulai dari bagian barat, sekitar pelabuhan Lembar, sekotong, gerung termasuk ke wilayah Lombok barat. Dibagian utara ada kawasan senggigi yang merupakan kawasan Lombok barat dan di bagia timur ada Narmada yang juga masih bagian dari Lombok Barat.

# Kabupaten Lombok Tengah
Lombok Tengah merupakan lokasi pariwisata yang saat ini sedang berkembang pesat, disana ada kawasan Mandalika. Beberapa pantai nan indah berada di kawasan Lombok Tengah. Nah jika kamu datang ke Lombok melalui Udara maka pertama kali yang kalian singgahi adalah Kabupaten Lombok Tengah. Hal ini dikarenakan kawasan Bandara Internasional Lombok (BIL) berada di kawasan Lombok Tengah.

# Kabupaten Lombok Timur
Lombok timur terkenal dengan sembalun, merupakan desa di kaki rinjani. Desa Sembalun juga merupakan pintu pertama yang akan kalian lalui jika akan mendaki ke Gunung Rinjani. Selain itu, Lombok Timur memiliki jumlah penduduk terpadat jika dibandingkan dengan seluruh kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat.

# Kabupaten Lombok Utara
Kabupaten Paling terakhir lahir di Pulau Lombok adalah Lombok Utara. Di Lombok utara menyimpan berbagai keunikan yang luar biasa. Mulai dari air terjun, Gili trawangan dan gili-gili yang lainnya hingga terdapat Masjid tertua yang masih menganut sistem Wetu Telu.

Rute dan cara ini untuk Pergi dan sampai Ke Lombok
tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok

Untuk sampai ke Lombok ada beberapa rute dan informasi yang dapat kamu ikuti. Cara yang paling simple adalah melalui Udara menggunakan pesawat. Bandara Internasional Lombok sudah melayani rute perjalanan domestic dan Internasional.

Melalui Pesawat Udara

Ketika kamu menggunakan jalur Pesawat Terbang kamu akan sampai di Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah. Selanjutnya tergantung tujuan kamu mau kemana (tentukan tujuan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi) dari Bandara Internasional Lombok (BIL) kamu dapat menggunakan beberapa jenis transportasi muali dari Bis hingga mobil sewaan (Bisa Damri, Taxi atau mobil jenis avanza, APV, dll)

Khusus Bis Damri, memiliki berbagai rute perjalanan. Mulai dari BIL – Mataram, BIL – Senggigi, BIL – Selong dan rute lainnya. Menggunakan bis Damri dapat mengirit pengeluaran keuangan kamu selam berlibur di Lombok, hal tersebut dikarenakan mengunakan Bis Damri lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan Taxi atau mobil sewa.

Untuk menggunakan Bisa damri dapt mengikuti jadwal keberangkatan, saat ini jadwal keberangkatan dengan bis Damri dari bandara Internasional Lombok mengikuti jadwal kedatangan pesawat terbang di bandara. Jadi bisa dipastikan kamu akan kebagian jadwal saat tiba di Bandara Internasional Lombok.
Sedangkan menggunakan Taxi kamu dapat dikenakan tarif sesuai dengan argo jarak tujuan kamu, cara ini lebih nyaman jika kamu traveller dengan budget yang lebih.

Rute dari Bali ke Lombok

Nah, jika saat ini kamu sedang berada di Bali dan ingin ke Pulau Lombok maka sangat mudah sekali. Karena jarak Pulau Bali dan dan Lombok tidak terlalu jauh. Bisa menggunakan pesawat udara dan bisa juga menggunakan rute jalur darat.

Saat ini juga beberapa agen tur menawarkan gabungan tiket bus-feri dari Ubud (Bali) ke Kuta seharga Rp. 230.000, akan mempermudaj kamu untuk sampai ke Lombok.
Jika kamu ingin lebih mudah dan sedikit ingin mengirik pengeluaran kamu bisa mengikuti Bis umum transportasi bali ke Lombok.

Transportasi selama berada di Lombok
tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok
Bemo (Bemo kuning)
Bemio merupakan transportasi paling lazim digunakan selain sepeda motor. Jenis transportasi umum ini sangat murah dan cocok bagi kamu yang ingin mengirit perjalan dan liburan selama di Lombok. Hanya saja, jika kamu menggunakan Bemo mungkin akan agak sedikit kebingungan tentang lokasi dimana kamu kan turun.

Menggunakan Sepeda Motor
Nah, selanjutnya kamu juga dapat menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi kamu selama berada di Lombok. Ada banyak penyewaan sepeda motor di Pulau Lombok. Sepeda motor bisa disewa dengan tarif sekitar Rp. 50.000 per hari, tanpa bensin.
Nah, catatan buat kamu yang ingin menyewa kenderaan sepeda motor untuk memastikan terlebih dahulu kondisi sepeda motor yang akan kamu sewa tersebut. Periksa muali dari kondisi Motor, surat-surat kendaraan motor hidup, dan jangan memberikan Pasport atau SIM sebagai jaminan ketika menyewa sepeda motor.

Bahasa Daerah di Lombok
Kerika berada di Lombok jangan merasa aneh jika mendengar perbedaan bahasa. Karena di lombok menggunakan Bahasa Sasak. Bahasa asli suku Sasak Lombok. Minimal kamu dapat menggunakan Bahasa Indonesia, setidaknya mereka pasti mengerti dengan apa yang kamu ucapkan.
Bahasa Indonesia kan bahasa resmi negara kita, jadi semua orang pasti mengerti bahasa Indonesia yang merupakan bahasa pemersatu bangsa kita.
Beberapa tempat wisata di Lombok yang dapat kamu kunjungi

Wisata Pantai
tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok
Ada Pantai Senggigi atau Senggigi Beach. Pantai sengigi terletak di kabupaten Lombok Barat. Sengigi sudah cukup familiar dengan para traveller dan penikmat pariwisata Nusantara bahkan Internasional. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Sengigi Lombok.

Kuta Beach atau Pantai Kuta di Lombok tengah. Pantai ini terkenal dengan event Bau Nyale yang setiap tahunnya meriah dilaksanakan dalam konsep Festival Bau Nyale. Kira-kira 3 km ke arah timur pantai Kuta.

Pantai Seger atau Seger Beach, kira-kita 3.5 km ke arah timur Pantai Kuta. Pantainya cocok untuk berselancar, tapi tidak diperbolehkan berenang karena arusnya sangat kuat.

Pantai Tanjung Aan, Lokasi pantai Tanjung A’an terletak kurang lebih sekitar 7 km ke arah. Tanjung A’an terdiri dari dua teluk berpasir putih, A’an ke barat dan Pedau ke timur, dipisahkan oleh batu yang menjulang.

Pantai Mawun, Lokasi pantai ini kira-kira sekitar 8 km ke arah barat Pantai Kuta. Pantai Mawun adalah teluk terpencil indah yang berbentuk setengah bulan dengan perairan jernih dan pasir murni.

Pantai Selong Belanak, Terletak sekitar kira-kira 12 km ke arah barat Pantai Kuta, sekitar 6 km di atas bukit. Teluk indah yang berbatasan dengan dua tanjung berbatu. Dekat dari sini terdapat pantai peselancar bernama Mawi.

Ini selengkapnya daftar pantai di Pulau Lombok:
  1. Pantai Bangko Bangko Lombok
  2. Pantai Batu Payung Lombok
  3. Pantai Blongas Lombok
  4. Pantai Gunung Tunak Lombok
  5. Pantai Kuta Lombok
  6. Pantai Mangsit Lombok
  7. Pantai Mawi Lombok
  8. Pantai Meang Lombok
  9. Pantai Mekaki Lombok
  10. Pantai Nambung Lombok
  11. Pantai Pink/Tangsi Lombok
  12. Pantai Sekotong Lombok
  13. Pantai Semeti Lombok
  14. Pantai Sire Lombok
  15. Pantai Sorga Lombok
  16. Pantai Tanjung Bloam Lombok

Selain pantai juga terdapat wisata lainnya di Lombok. Terkenal dengan beberapa gili atau pualu kecil yang dimiliknya. Di beberapa gili ini ada yang berpenghuni dan ada yang tidak berpenghuni. Gili yang paling terkenal adalah Gili Trawangan. Gili ini terkenal dengan gemerlap dunia malamnya. Nah, Berikut ini adalah beberapa tempat wisata pulau-pulau kecil di sekitar Lombok:
tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok

Pulau Gili Air Lombok
Pulau Gili Asahan Lombok
Pulau Gili Gede Lombok
Pulau Gili Kondo & Gili Kapal Lombok
Pulau Gili Lawang dan Sulat Lombok
Pulau Gili Layar & Ringgit Lombok
Pulau Gili Meno Lombok
Pulau Gili Nanggu Lombok
Pulau Gili Patelu Lombok
Pulau Gili Trawangan Lombok

Lombok juga terkenal dengan wisata Air terjunnya yang Indah. Lokasi keberadaan Gunung rinjani membuat Lombok memiliki beberapa Air Terjun yang luar biasa keindahan.

Berikut ini daftar wisata Air Terjun Di Pulau Lombok


tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok
Air Terjun Kerta Gangga Lombok
Air Terjun Mangku Sakti Lombok Utara
Air Terjun Sekeper – Lombok Utara
Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep Lombok

Keberadaan dan histori tentang kaitan Kerajaan yang ada di Pulau Lombok dan Kerajaan dari Baling waktu itu membuat budaya lombok sedikit dipengaruhi oleh budaya yang di bawa oleh kerajaan bali kala berinvansi ke Lombok. Wisata-wisat tersebut berupa tempat religi yang berbentuk Pura Di Lombok, berikut daftar

Pure sebagai tempat yang bisa kamu kunjungi:
tips-dan-panduan-lengkap-jika-ingin-liburan-ke-lombok
Tips dan Panduan Lengkap Jika Ingin Liburan Ke Lombok
  1. Pura Batu Bolong Lombok
  2. Pura Gunung Pengsong Lombok
  3. Pura Lingsar Lombok
  4. Pura Mayura Lombok
  5. Pura Meru Lombok
  6. Pura Suranadi Lombok
  7. Pura Taman Narmada Lombok

Tradisi, adat serta budaya lombok yang masih terjaga dengan baik memunculkan banyak desa-desa Wisata Di Lombok yang menjadi desa budaya dan tradisi Lombok. Di beberapa desa ini kamu masih dapat meihat orisinilitas suku Lombok yang masuh kental dengan kebudayaan mereka,

Berikut daftar beberapa desa yang masih memegang tegus adat dan budaya mereka:

  1. Desa Adat Karang Bayan Lombok
  2. Desa Adat Sigenter Lombok
  3. Desa Adat Wisata Sade Lombok
  4. Desa Gerabah Banyumulek Lombok
  5. Desa Kerajinan Rotan Loyok Lombok
  6. Desa Nelayan Tanjung Luar Lombok
  7. Desa Sembalun Lombok
  8. Desa Tenun Sukarare Lombok
  9. Desa Wisata Tetebatu Lombok

Struktur alam Pulau Lombok menyimpan begita banyak tempat-tempat yang sangat unik dan juga ada beberapa lekukan alam yang berbetuk Gua yang bisa kamu kunjungi. Nah, berikut daftar gua dan wisata lainnya yang ada di Pulau Lombok:

  1. Gua Kelelawar, Gua Kelelawar berlokasi di Lombok tengah. Tepat terletak di jalan keluar Kuta, dan beberapa kilometer sebelum belokan kamu akan  menuju dan masuk ke Pantai Mawun. Silahkan memasukil jalur menurun dengan petunjuk berwarna merah putih di batu tebing, yang akan mengarahkan kamu menuju ke Gua Kelelawar yang ada di Pulau Lombok tersebut. Untuk masuk ke gua ini kamu perlu menyiapkan uang sebesar IDR 30.000.
  2. Berkuda di Kuta
  3. Bukit Merese Lombok
  4. Bukit Pergasingan – Lombok Timur
  5. Lombok Arung Jeram
  6. Puncak Malimbu Lombok
  7. Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok
  8. Tanjung Ringgit Lombok

Pusat Perbelanjaan yang bisa kamu dapatkan selam di Pulau Lombok.
Mataram Mall.Terletak di Jalan Pejanggik dan Jalan Cilinaya.
Lombok Epicentrum Mall. Berlokasi di Eks Kantor Bupati Lombok Barat
Transmart dan ini amrket-minimarket lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu selama berada di Pulau Lombok.

Rekomendasi Kuliner Di Lombok, selama kamu berada di Pulau Lombok kamu bisa mencoba beberapa kuliner khas masyarakt Lombok. Soal rasa tak usah ditanya, pasti nikmat! Berikut beberapa jenis kuliner khas Pulau Lombok, silahkan di coba!
  1. Plecing Kangkung.
  2. Ayam Taliwang.   
  3. Sate Bulayak.   
  4. Nasi Balap   
  5. Ares.
  6. Sate Rembiga.   
  7. Sate Tanjung.   
  8. Poteng Jaje Tujak dan Iwel.   
  9. Bebalung.   
  10. Beberuk Terong.

Beberapa yang saya sebutkan diatas bisa kamu daptkan di beberapa restauran atau warung yang ada di Pulau Lombok. Soal urusan perut tak usah kwatir selama berada di Pulau Lombok, berikut ini 21 tempat Rekomendasi Tempat Makan di Lombok,

Dijamin ueeenaaakkk....

  1. De’Sushi yang menyediakan makanan khas Jepang seperti sushi, terletak di Pertokoan Sriwijaya Buana 1, Jalan Sriwijaya Mataram
  2. Lesehan Green Asri dengan alamat Jl. Ahmad Yani (Sayang-Sayang)
  3. Warung Serena terletak di Jalan Caturwarga No. 35
  4. TnT Cafe & Cinema, Jl. Majapahit No. 12 A
  5. Restoran de’ Bakoel Nasi, Jl. Pejanggik No. 65 A – B
  6. Bebek Goreng Pondok Galih, Jalan Adi Sucipto
  7. Warung Bebek Bumbu Ijo Neng Lina, Jalan Bung Karno
  8. Tahu Tek Ronggolawe, Jl. Yos Sudarso
  9. Bakso Malang Jumbo, Jalan Blongas, Tinggar, Pelembak
  10. Sop Buntut “Istana Rasa”, Jl. Subak lll No. 12, Cakranenagara
  11. Depot Ramayana, Jl. Saleh Sungkar 23 Ampenan
  12. Warung Nasi Cim S.M.A.K, Jl. Maktal 15 A-B, Cakranegara
  13. Jatas Cafe, Selaparang Airport, Mataram, +62-370 622 982 Ext. 277
  14. Ayam Goreng Pemuda, Cilinaya Complex, Jl. Panca Usaha No. A 14, Cakranegara, +62-370 644 954
  15. Cafe Cakra, Sahid Legi Hotel Jl. Sriwijaya No. 81, Mataram, +62-370 636 282
  16. Chick Chicken, Barata Dept.Store, Jl. Niaga II, Ampenan, +62-370 646 123
  17. Restoran Harmoni di Jamrud, Jl. Pariwisata No. 82, Mataram, +62-370 633 431
  18. JO’S BBQ, Jl. Panca Usaha No. 21 E, Cakranegara, +62-370 639 698
  19. Lembur Kuning, Jl. Dr. Wahidin No. 25, Mataram, +62-370 633 203
  20. Lesehan Taliwang, Jl. Ade Irma Suryani No. 28, Kr.Taliwang
  21. Taliwang H. Moerad, Jl. Pelikan No. 6, Mataram, +62-370 637 647

Sedangkanuntuk rekomendasi warung dan restauran yang berlokasi di Gili dan Senggigi ada;lah sebagai berikut ini:
  1. Sunrise Restaurant & Beach Bar, Gili Air Lombok, Telepon: +62-370 642 370
  2. Sunset Paradise (Bungalows & Dining), Gili Aair Lombok, Telepon: +62-370 646 160
  3. Mallias Child Bungalow & Restaurant
  4. Gili Meno Lombok, Telepon: +62-370 622 007
  5. The Cavern Restaurant & Bar, Gili Meno Bird Park Resort, Jl. Raya Gili Meno, Phone: +62-361 756 787
  6. Blue Beach Cottages & Cafe, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 623 538
  7. Blue Marlin Cafe & Bungalows, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 632 424
  8. Dive Indonesia Cafe & Bungalows, Gili Trawangan, Phone: +62-370 642 289
  9. Dream Divers Bungalows, Bar & Restaurant, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 692 047
  10. Rudy’s Pub, Restaurantt & Bungalows, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 642 311
  11. Ryoshi Japanese Restaurant, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 639 463
  12. Tir Na Nog Irish Bar, Restaurantt & Bungalows, Gili Trawangan, Telepon: +62 813 38741 646
  13. Villa Ombak Hotel, Restaurant & Bar, Gili Trawangan, Telepon: +62-370 642 753
  14. Bellina Restaurant & Bar, Jl. Raya Senggigi, Batu Layar,Telepon: +62-370 692 214
  15. Bob’s Seakhouse, Senggigi Plaza, Senggigi Lombok, Telepon: +62-370 660 4767
  16. Bumbu Cafe & Gallery, Jl. Raya Senggigi, Senggigi, Telepon: +62-370 692 236
  17. Cafe Alberto, Jl. Raya Senggigi, Telepon: +62-370 693 313
  18. Cafe Berry, Jl. Raya Senggigi No. 3X, Senggigi, Telepon: +62-370 693 524
  19. Cafe Lumbung, Jl. Raya Senggigi Km. 8, Senggigi, Telepon: +62-370 693 178
  20.  Club Tropicana Grand Cafe Restaurant & Night Club, Jl. Raya Senggigi Km. 8, Senggigi, Telepon: +62-370 693 460
  21. Coco Loco, Senggigi Art Market, Senggigi, Telepon: +62-370 693 396
  22. Korean Restaurant Ye Jeon, Senggigi Sq. B4, Senggigi, Telepon: +62-370 693 059
So sepertinya lengkap sudah penjelasan saya tetang informasi sepurat berlibur di Pulau Lombok, baca dengan teliti agar semua informasi terserap dengan baik ya guys.

Oh ya, sebelum mengahiri tulisan saya ada baiknya saya sampaikan sedikit tips-tips berlibur ke Pulau Lombok agar liburan kamu benar-benar terasa aman, nyaman dan terkesan. Simak beberapa tips berikut ini:

1] Make your holiday plan
Kata orang, the best plan is no plan tapi untuk yang satu ini jangan memakai moto yang itu ya, karena kalau kamu nggak punya plan atau perencanaan liburan maka kamu akan kebingungan sendiri setiba di lokasi berlibur. Asik sih akan tetap asik hanya saja akan banyak tempat yang tak kamu kunjungi karena kamu tidak membuat rencana akan kemana aja setelah sampai di Lombok. So, the bes plan is detail plan.

2] Siapkan semua perlengkapan kamu sehari atau dua hari sebelum berangkat berlibur
Periapan akan perlengkapan penting lo guys! Jangan sampai setelah ditempat berlibur ada banyak hal yang terlupakan di rumah. Bisa beli sih, tapi setidaknya kamu bisa mengirit pengeluaran kamu.

3] Hindari hal-hal yang mencolok
Hmmm...ini penting lo guys, jangan sampai kamu memakai sesuatu yang berlebihan. Itu artinya kamu mengundang orang lain untuk melakukan kriminal terhadap kamu. Waduh, bisa berantakan liburan kamu. Bukannya berlibur ditempat wisata malah kamu jadi ke kantor polisi buat laporan kehilangan atau perampokan.

4] Sewalah sepeda motor
Menyewa sepeda motor selama berlibur mungkin terbilang penting, kamu bisa leluasa mengunjungi beberapa tempat yang kamu inginkan. Tapi perlu di ingat bahwa kamu harus menguasai medan terlebih dahulu. Jika ragu sebaiknya tidak usah, cukup menggunakan transportasi umum.
Berikut ini adalah beberapa tips wisata ke Lombok, untuk kamu yang mau liburan kesana.

5] hapal nomor-nomor penting
Kita kan berlibur berusahalah untuk mencatat nomor-nomor penting yang dapat kamu hubungi saat darurat. Misalnya rumash saki, kepolisiab dll.

Nah, khusus di Lombok berikut nomor-nomor penting yang pelu kamu ketahui:
  1. Mataram Public Hospital (Rumah Sakit Umun), Jl. Pejanggik 6, Mataram, ☎ +62 370 638464. Layanan UGD (Unit Gawat Darurat) 24 Jam.
  2. RS Harapan Keluarga, Jl. Ahmad Yani, Selagalas, ☎ +62 370 673666. Bangunan modern dengan fasilitas poliklinik baru, ICU, ruang operasi, CT scan dan MRI, peralatan X-ray, hemodialisis, USG, endoskopi, fasilitas bronkoskopi dan fluoroscopy. Ambulance, emergency room (UGD), apotek, laboratorium dan radiologi. Rumah sakit ini memiliki fasilitas terlengkap dan paling canggih di Pulau Lombok.
  3. Rumah Sakit Risa adalah pilihan keduanya. Rumah sakit ini berlokasi di Jl. Pejanggik No. 115, Cakranegara (Sebelah Timur Mall Mataram, sisi kanan jalan), ☎ +62 370 625560. Layanan UGD 24 jam.
  4. Siti Fajar Moslem Hospital (Rumah Sakit Islam), Jl. Panca Warga, Mataram (Lurus ke arah barat dari Mall Mataram, sisi kiri jalan). Telepon +62 370 623498. Tersedia dokter gigi dan sarana konsultasi kesehatan.
  5. Rumah Sakit Katolik Anthonius, Koperasi, Mataram. +62 370 621397. Dikenal sebagai Rumah Sakit Karang Ujung.
  6. Rumah Sakit Polda (National Police Hospital NTB – Bhayangkara Polda Nusa Tenggara Barat), Jl. Lanko No. 54, Ampenan/Mataram, ☎ +62 370 633701. Layanan UGD 24 jam.
  7. Army Hospital, Jl. HOS Cokroaminoto No. 11, Mataram, ☎ +62 370 621420.
  8. Kepolisian (Polda) Wilayah Lombok. Jl Gajah Mada No. 7, Ampenan (Mataram), ☎ +62 370 693110. Layanan 24 jam, nomor panggilan darurat 110.
  9. Kepolisian bagi Turis Senggigi (Pos Polsek Senggigi), Jl. Raya Senggigi km. 1 Senggigi (dekat Pasar Seni), ☎ +62 370 632733.
  10. Ambulance ☎ +62 370 623489
  11. Dalam keadaan darurat ☎ 118
  12. Jasa Pengiriman Pelni (Pelni Shipping Lines), Jl. Industri No. 1, Ampenan (Mataram), ☎ +62 370 37212 (fax: +61 370 31604).
  13. Department of Immigration (Direktorat Jenderal Imigrasi), Jl. Udayana No. 2, Mataram, ☎ +62 370 635331.
  14. Kantor Pos, JL Sriwijaya No. 21, Mataram, ☎ +62 370 632645. Buka Senin – Sabtu pukul 08.00 – 19.00, Minggu 08.00 – sore
So, guys. Selamat berlibur di Lombok ya, have nice holiday!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot