Breaking

Post Top Ad

Mau ke Semongkat? Ini Rute dan Informasi Lengkap Wisata Alam Semongkat Sumbawa

rute-dan-informasi-lengkap-wisata-alam-semongkat-sumbawa
Sungai di Wisata Alam Semongkat
Ngibarbalang.id – Salah satu Wisata Alam yang ada di Sumbawa dengan segala kerimbunan hutan dan sejuknya air yang mengalir di celah-celah bebatuan yang ada di Sungai Semongkat. Sebelum kamu memasuki area wisata Semongkat, kamu akan merasakan sejuknya alam semongkat.

‘Sejuk, tapi fresh banget guys...’

Wisata Alam Semongkat Sumbawa adalah salah satu tempat wisata yang ada di Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa. Lokasinya berada di kawasan pengunungan Batulanteh, kondisi air sangat baik di Semongkat, hutan yang lebat dan masih rimbun membuat kondisi semongkat fresh.
rute-dan-informasi-lengkap-wisata-alam-semongkat-sumbawa
Sumber mata Air yang ada di Semongkat Sumbawa
Saat ini, wisata Semongkat menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Sumbawa. Taman Wisata Alam Semongkat merupakan hutan alam ditengah kering Sumbawa Besar. Potensi pohonnya yang masih rapat, banyak berdiameter besar dan perakaran yang baik berfungsi menahan air menjadikan hutan ini kantung air bagi masyarakat sekitar dan masyarakat hilir Kabupaten Sumbawa.

Hutan Semongkat telah dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai andalan 40 (empat puluh) jenis bahan baku pembuatan minyak Sumbawa dan produksi madu alam. Menyusuri jalan trail di hutan Semongkat akan anda jumpai aneka ragam tumbuhan asli Sumbawa dihinggapi aneka ragam serangga, dihiasi nyanyian aneka macam burung dan anda dapat mengamati tingkah laku Kera Ekor Panjang (Macaca fascicularis).
Madu Hutan Semongkat Sumbawa
Rute perjalanan menuju Wisata Alam Semongkat?

Wisata Alam Semongkat berjarak sekitar perjalan 30 menit dari perkotaan Sumbawa, kondisi jalannya sangat baik (hotmix), hanya saja memiliki beberapa tikungan tajam, so sedikit berhati-hati guys!

Nah, jika kamu yang berada diluar daerah Sumbawa ingin mencicipi alam Wisata Alam Semongkat maka kamu dapat mengikuti rute berikut ini:

Dari Kota Mataram, kamu dapat menuju Pelabuhan Kayangan (Kab. Lombok Timur) menggunakan kendaraan darat dengan moda transportasi travel atau bus mini. Perjalanan ini memakan waktu sekita 2 jam, kondisi jalan sangat baik tapi tetaplah berhati-hati

Sesampai di Pelabuhan Kayangan kamu akan menyebrang dengan menggunakan feri roro menuju Pelabuhan Poto Tano (Kab. Sumbawa), menggunakan kapal ferry yang beroperasi hampir setiap jam selama 24 jam, dengan waktu tempuh ± 2 jam.

Lalu, dari Pelabuhan Poto Tano akan menuju ke Kota Sumbawa Besar menggunakan kendaraan darat selama ± 2 jam, kondisi jalan juga sangat baik, hanya saja terdapat beberapa tikungan tajam dibeberapa titik jalan.

Terakhir dari kota Sumbawa Besar menuju lokasi Wisata Alam Semongkat menggunakan kendaraan darat selama ± 30 menit.

Nah, jika kamu menggunakan travel maka perjalanan kamu langsung menuju Sumbawa Besar. Ada banyak kok travel yang mengangkut penumpang dari Mataram ke Sumbawa seperti: Travel Sumbawa Utama, Travel Titian Mas, Travel Tiara Mas, Travel panca Sari. Atau pun menggunakan Bis Damri.

Informasi tarif dapat kamu lihat dibawah ini:
Sumbawa Utama | Travel Sumbawa - Mataram
Di Terminal Bertais Mataram tujuan terminal Sunggir Payung Kabupaten Sumbawa dengan tarif ± Rp 70.000 – 90.000 (nama-nama bis yang dapat ditumpangi dapat dilihat pada daftar di bawah). Dari Terminal Sunggir Payung (Kota Sumbawa Besar) Lawanggali naik angkutan (tarif Rp 5.000,-) , bisa juga naik ojek dengan tarif Rp 15.000,-.

Nah, dari Lawanggali Menuju ke Wisata Alam  Semongkat naik ojek dengan tarif Rp 10.000,- selama ± 30 menit. Tidak hanya dari lawang gali, ketika sudah berada di Sumbawa kamu bisa naik ojek dari kawasan manapun, cukup informasikan akan menuju ke Wisata Alam Semongkat.

Setiba di Sumbawa jangan khawatir dengan tempat akan menginap kamu, ada banyak hotel dan resort sebagai tempat kamu menginap dengan harga termurah IDR 150.000 hingga yang bertarif hingga jutaan.

Berikut ini Akomodasi tempat menginap/hotel yang ada di Sumbawa Besar yang bisa kamu jadikan referensi tempat menginap selama berada di Sumbawa:

  1. Cendrawasih Hotel (Rest.), Jl. Cendrawasih No. 130A, Sumbawa Besar, Ph. (0371) 24184
  2. Cirebon Hotel (Rest.), Jl. Kebayan No. 4 / 45 Sumbawa Besar, Ph. (0371) 22718 Fax. (0371) 23395
  3. Dewi Hotel, Jl. Sultan Hasanudin No. 60 Sumbawa Besar Ph. (0371) 23360, Fax (0371) 23360
  4. Hotel Baru, Jl. Hahidin No. 45 Sumbawa Besar Ph. (0371) 21533
  5. Hotel Harapan, Jl. Dr. Cipto No. 7 Sumbawa Besar, Ph (0371) 21629
  6. Hotel Indra, Jl. Diponegoro No. 44 Sumbawa Besar Ph. (0371) 21528
  7. Hotel Suci, Jl. Jl. Dr. Cipto No. 57 Sumbawa Besar Ph. (0371) 21589
  8. Hotel Tambora, Jl. Kebayan No. 2 Sumbawa Besar Ph. (0371) 21555
  9. Hotel Garuda Berlokasi di Jalan Garuda (dekat Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa)
  10. Transit Hotel, berada di Jalan garuda (dekat Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa)

Sebagai informasi, Wisata Alam Semongkat Sumbawa ditetapkan berdasarkan SK Menhutbun No. 418/Kpts-II/1999 tanggal 15 Juni 1999 mempunyai luas 100 Ha dan terletak di Desa Klungkung Kecamatan Batu Lante Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Kawasan Wisata Alam Semongkat memiliki ketinggian 1730 m dpl dengan topografi yang terus meninggi sampai puncak dan memiliki kelerengan 10 – 30 %.

Menurut klasifikasi Schmidt-Ferguson, Kawasan Wisata Alam Semongkat memiliki tipe iklim D. Musim hujan umumnya jatuh pada bulan November hingga bulan April. Pada musim hujan rata-rata curah hujan 2358 mm per tahun dengan rata-rata hari hujan 1134 hari per tahun.

Pada lokasi hutan Wisata Alam Semongkat terdapat berbagai jenis pohon dan didominasi oleh pohon-pohon jenis lokal seperti Ketimus (Protium javanicum), Tempoak (Eugenis denisflora), Rapat Bewe (Drypetes langiflora), serta Kukin (Schoutenia ovata). Sedangkan potensi satwa yang ada antara lain Cerucuk (Pycnonotus goiavier), Srigunting (Dicrurus sp), Elang Bondol (Haliastur Indus), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Babi Hutan (Sus scrova) dan Ayam Hutan (Gallus sp).

Menikmati alam bebas polusi menjadi hal yang dapat kamu lakukan selam berada di Wisata Alam Semongkat, kamu juga dapat mandi di Sungai dengan air yang sejuk dan jernih. Juga terdapat Kolam renang di bagian utama Wisata Alam Semongkat.

Oh iya, semongkat juga merupakan penghasil madu lebah hutan Sumbawa. Madu-madu yang dihasilkan di kawasan ini merupakan madu lebah (apis dorsata).

Bisa loh dijadikan oleh-oleh sebelum kamu pulang ke daerah asal kamu. Dijamin orisinil madu lebah Hutan Sumbawa yang ada di Semongkat ini.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot