Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Keren Banget! Ini loh Pesona Gelapnya Gua Liang Petang dan Liang Bukal Sumbawa


Pesona Gelapnya Gua Liang Petang dan Liang Bukal Sumbawa
Pesona Gelapnya Gua Liang Petang dan Liang Bukal Sumbawa
Ngibarbalang.id – Hari ini saya ada janji dengan dua orang yang berasal dari belanda Mr. Gerard dan Mr. Marco. Kita janjian ketemu sekitar jam 8.00 di Hotel Tambora.

Saya       : “Hei..!! Are you okey today?”
Gerard    : “Yupss..i am very good today, are you ready for our trip to Liang petang cave?”

Hari itu saya sudah menyiapkan mobil rental untuk perjalanan kami menuju ke Gua Liang Petang dan beberapa tempat Lainnya dan terakhir melanjut ke Wisata Air Terjun AI Beling (Ai Beling Waterfall)

Pak haji comes (driver handalan kami), 

lets go...

Akhirnya, Gerard, Marco, saya dan satu lagi yang ikut cewek paling cantik sejagat raya (hmm..my sweet girl)

Rute pagi itu kami langsung menuju ke wilayah Kecamatan Moyo Hulu, lokasi dimana Gua Liang Petang itu berada. Di perjalanan kami berhenti untuk membeli beberapa kebutuhan air dan makanan, maklum kali ini saya bawa si cantik ikutan ngetrip. So, perlu beberapa persiapan.

Selamat datang di Desa Batu Tering, terpampang jelas di pertigaan menuju ke Desa Batu Tering.

Sesampai di Lokasi...

Persis di gerbang sebelum masuk ke Desa Batu Tering ada pertigaan dan kita belok kanan. Di sana juga ada papan petunjuk menuju lokasi wisata Gua Liang Petang dan Gua Liang Bukal.

Oh ya, tadi saya lupa jelaskan jika di sana terdapat dua gua yaitu Gua Liang Petang dan Gua Liang Bukal. Finally, kami pun sampai di pintu masuk lokasi wisata. Di sana terdapat beberapa baruga tempat sejanak melepas lelah sebelum masuk dan menyusuri ke dua Gua ini.

Gua yang pertama, Liang Bukal

Suasana didalamnya tidak terlalu gelap. Dibagian atas gua Liang bukal terdapat jalan seperti tangga untuk menuju ke bagian atas.

“Wow, its really amazing...!!” terucap dari mulut Mr. Gerrard dan Marco saaat berada didalam.

Bagi saya, ini merupakan pertama kali masuk ke dalam Gua nan indah ini.

Ada hal yang luar biasa yang bisa kita dapatkan di sini, cahaya matahari yang masuh melalui lubang atas gua sangat menakjubkan. Memantul ke dinding gua yang mejadikan cahaya yang masuk berwarna kemerah-merahan.

Di bagian dinding dan atas gua dipenuhi oleh kelelawar yang bergantungan dengan aroma yang sedikit tidak sedap. Namu didalam gua Liang bukal memberikan sensasi yang luar biasa.

Oh ya, tempatnya cocok loh buat spot kami mengabadikan momen-moment melalui foto.
Tak lama disitu kami langsung di ajak keluar gua. Sedangkan di luar gua Liang Bukal terdapat sungai dengan tebing bebatuan. Terlihat beberapa anak-anak dan orang dewasa meloncat dari ketinggian ke dalam sungai tersebut.

Memiliki air yang jernih dan bersih, sungai ini terlihat seperti endapan air di tengah bebatuan.

“Ayo, ikutan loncat....”

Teriak si anak kecil yang mengajak Mr. Gerrard dan Marco untuk ikutan mandi disana.

“no...no...no....!!!” ‘Too cold...”  Mr. Gerrard menyambut ajakan anak-anak tadi.

Kami tidak memang tidak sempat untuk mencoba bermain air di sungai yang ada didekat Gua Liang Bukal karena kami harus melanjutkan lagi menuju Gua Liang Petang.

Selanjutnya menuju ke Gua yang satu lagi yaitu gua Liang Petang.

Melalui jalan setapak dan sedikit melintasi area tanjakan salah satu guide memandu kami menuju ke Gua Liang Petang.   

Sesampainya di mulut Gua Liang petang, hanya terdapat pintu masuk seukuran badan. Lubang sempit menjadi tantangan awal yang harus dilalui saat  menyusuri gua ini. Setapak demi setapak langkah yang dilewati terasa mengundang sensasi ketika melihat isi di dalam gua yang konon dijadikan tempat pelarian dan persembunyian para penyiar Islam. Inilah Gua Liang Petang yang terdapat di Desa Batu Tering, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

FYI:  “Liang petang” merupakan perpaduan dari “liang” yang berarti gua atau lubang dan “petang” yang memiliki arti malam atau gelap. Sesuai namanya.

Jadi di spot yang satu ini memiliki suasana yang sangat gelap. Diperlukan senter menjadi alat yang wajib Anda bawa jika ingin melihat keindahan di dalam gua.

Ketika sampai didalam, ada pemandangan yang unik yang kami dapatkan. Disana terlihat kamar-kamar yang dijadikan tempat beristirahat para penyebar syiar Islam. Tidak hanya itu, di dalam gua juga terdapat tempat yang dikhususkan untuk bertapa. Bahkan, ada pula batu yang bentuknya seperti makam.

Beberapa kali saya mengabadikan tempat-tempat unik yang ada didalam gua Liang Petang ini. Bebatuan stalaktit yang telah tercipta sejak ratusan tahun lalu menjadi pemandangan eksotis dan indah untuk disaksikan di gua ini.

Bentuknya yang beragam dan unik menjadi dekorasi yang indah untuk dipandang. Kalau spot yang satu ini saya jamin dech tak akan mengecewakan, yang jelas kamu akan tercengang melihat situasi yang ada di tempat ini. Di jamin!

Masih bingung bagaimana cara agar bisa sampai ke Liang Petang Sumbawa?

Nah, ikuti sajarute perjalanan saya tadi. Jika masih bingung juga bertanyalah agar tidak tersesat di jalan.

Jika kamu yang berasal dari luar Sumbawa tau daerah lain yang ingin merasakan sensasi di Liang Petang, menginaplah di hotel-hotel atau losmen yang ada di perkotaan Sumbawa. 

Usahakan melakukan perjalan di pagi hari menuju Gua Liang Petang. Have nice trip to Liang Petang Sumbawa | NB

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot