Breaking

Post Top Ad

Belajar Tenun di Desa Poto, Desa Budaya yang Ada di Kabupaten Sumbawa

desa-poto-sumbawa-sebagai-desa-budaya
Pesta Adat Ponan | Kabupaen Sumbawa
Ngibarbalang.id – Satu lagi Desa Budaya yang ada di Sumbawa, Desa Poto. Desa ini berada di Kecamatan Moyo Hilir. Sejak awal Desa Poto sangat identik dengan kentalnya adat budaya Sumbawa yang ada di Desa Poto ini.

Yuk simak lebih dekat lagi dengan Desa yang satu ini...

Desa Poto, nama yang sedikit unik bila baru mendengarnya. Desa ini secara administratif berada di Kawasan Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat Indonesia. Dengan segala keunikannya, Desa Poto selalu menampilkan sebuah ciri khas ‘Budaya Tau Samawa’ yang selalu menjadikan kita penasaran.

‘Sabtu, 9 Maret 2019’ merupakan yang kesekian kalinya saya ke Desa Poto. Sekedar melihat-lihat dan menikmati keunikan Desa Poto ini. Kebetulan saya juga punya teman dikawasan Desa Poto ini. Beliau merupakan seorang Guru Seni Budaya di salah satu sekolah menengah (Keagaamaan) yang ada Kabupaten Sumbawa ini.

Berbincang-bincang seputaran kebudayaan Sumbawa ‘Adat dan Tradisi Tau Samawa’. Ada dua hal unik yang mungkin hanya ada si Desa ini.
Lanjut ya...

Tradisi Ponan, Pesta Rakyat yang tiap tahun diselenggarakan di Kawasan ini (ada tiga Desa yaitu, Poto, Lengas atau Bekat dan Malili). Ketiga desa ini berada tak berjauhan.  Jika di tarik garis, maka ketiga desa ini membentuk formasi segi tiga. Maka ditetapkan lokasi pelaksanaannya di tengah-tengah persawaan di antara ketiga Desa tersebut.

Menurut informasi yang saya dapatkan, tradisi ponan ini merupakan bagian dari wujud syukur masyrakat yang ada di kawasan tiga desa ini atas hasil panen di area pertanian atau persawaan mereka.

‘Sedekah Adat Ponan’ biasa dilaksanakan pada bulan maret. Uniknya, di pesta ponan atau sedekah adat ponan akan hanya ada jajanan yang dibuat dari hasil pertanian mereka. Jadi, jangan heran jika kamu hanya akan melihat jenis jajanan yang terbuat dari bahan dasar yang sama hanya saja pengolaannya yang berbeda.

Nah, acara ini biasanya dibuka dengan memanjatkan doa dan dzikiran dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang berbasis budaya lokal Sumbawa. Saat ini pesta ponan menarik perhatian wisatawan untuk datang dan melihat langsung seperti apa kegiatan adat yang selalu menjadi agenda rutin ketiga desa ini dan agenda tersebut sudah masuk kedalam agenda Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa.

Selain Pesta ada Ponan, kamu juga bisa menemukan tradisi menenun yang dilakukan oleh Masyarakat Desa Poto ini. ‘nyesek’ itulah istilah yang diucapkan oleh masyarakat desa ini untuk menyebut kegiatan yang satu ini. Hasil dari menenun ini sering digunakan dalam kegiatan-kegiatan adat Sumbawa.
Hasil tenun Masyarakat di Desa Poto
‘Tek..tek..’ terdengar suara khas dari dalam rumah warga. Suara itu merupakan suara aktifitas menenun. Sayapun diajak untuk melihat-lihat dari dekat, hmmmm...ternyata ada seorang gadis (kira-kira umuran anak SMA) yang sedang menyelesaikan karya tenunnya.

Hasil tenunan atau yang sering mereka sebut kre'sesek merupakan hasil buatan tangan masyarakat di beberapa desa di Sumbawa, seperti Desa Moyo, Desa Lengas, dan Desa Poto.

Bayangkan guys, tak mudah untuk menyeselaikan tenun ini hingga biasanya membutuhkan hingga 1 bulan. Hal ini disebabkan, selain menjadi pembuat sarung tenun, masyarakat di sana juga bermata pencarian sebagai petani.

Berbagai jenis motif tersematkan di kain hasil tenunan mereka. Ada jenis motif binatang dan tanaman yang merupakan motif yang biasa digunakan pada sarung tenun masyarakat.

FYI: Bahan utama yang digunakan untuk membuat sarung kre'sesek ini adalah benang biasa dan benang kembaya (benang khusus yang digunakan untuk motif). Penggunaan alat juga sangat tradisional sekali, seperti tolang guren, golang kecil, sisir, dan belida.

Ternyata hampir semua dedara (para gadis) yang ada di Desa ini memiliki skill untuk aktifitas yang satu ini. Bagi mereka ini adalah merupakan skill wajib bagi dedara atau para gadis yang ada di Desa ini.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot