Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Ini Transportasi dan Rute mudah ke Desa Sembalun dan Senaru Dari Bandara Internasional Lombok


Transportasi-dan-Rute-mudah-ke-Desa-Sembalun-dan-Senaru-Dari-Bandara-Internasional-Lombok
Pendakian Gunung Rinjani 
Ngibarbalang.id – Desa Sembalun atau Desa Senaru bukan lah nama yang asing bagi mereka yang sudah biasa mendaki gunung rinjani. Hal ini dikarenakan Sembalun dan Senaru merupakan tempat awal ketika mereka akan mendaki ke Gunung Rinjani.

Desa Senaru...

Merupakan desa Budaya yang ada di Lombok Utara. Desa ini berada di ketinggia 700 meter dari permukaan laut (mdpl) yang terletak dikaki gunung Rinjani. Jalur pendakian ini merupakan jarul yang paling ramai karena jalur Senaru masuk katagori mudah sebagai jalur tracking ke puncak Rinjani.

Sedangkan jalur pendakian Sembalun berada di kawasan Lombok Timur. Desa Sembalun merupakan salah satu dari enam desa yang ada kawasan ini. Terletak di ketinggian 1.156 meter dari permukaan laut, jalur ini bisa menjadi jalur kedua untuk sampai ke puncak Rinjani.

Nah, untuk sampai kedua desa ini kamu bisa mengikuti rute berikut ini:

Jika kamu sedang berada di Bandara Internasional Lombok (BIL) Praya Lombok Tengah. Bandara Internasional Lombok atau BIL 40 Km di sebelah Selatan Kota Mataram. Selangkapnya baca Jadwal dan Tarif Bus Damri Bandara Internasional Lombok (BIL) – Epicentrum – Senggigi dan Sumbawa

Jika akan mendaki melalui jalur pendakian Desa Senaru, kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari Bandara Praya menuju ke Sweta, lalu dari terminal bis Sweta kamu bisa menggambil angkutan yang menuju ke Kecamatan Bayan atau Anyar Kabupaten Lombok Utara, barulah kemudian menuju ke Desa Senaru.

Nah, untuk alternati agar perjalanan kamu cepat kamu bisa menggunakan mobil sewaan yang terdapat di bandara,masalah harga sudah tertera di front desk yang ada di Bandara Internasional Lombok.

Namun jika kamu akan mendaki melalui jalur Desa Sembalun, sesampainya di Bandara Internasional Lombok atau BIL ada banyak tersedia moda transportasi bus Damri dan taksi untuk mencapai daerah-daerah wisata di sekitarnya.

Jika kamu menggunakan jalur pendakian melalui jalur Desa Sembalun ini untuk menuju ke Sembalun, kamu bisa menggunakan Bus Damri jurusan ke Mandalika.

Setelah sampai di Mandalika kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mobil engkel menuju ke Pasar Aikmel. Lalu dari Pasar Aikmel kamu bisa menggunakan mobil angkutan sayur dan buah menuju ke Sembalun.

Catatan buat kamu, agar  tiba di Pasar Aikmel sebelum jam 5 sore, sebab angkutan yang tersedia ke Sembalun hanya terbatas sampai jam 5 sore saja.

So, tak perlu takut untuk datang ke Lombok untuk melakukan pendakian. Ada banyak informasi di hotel atau di travel agency untuk melakukan perjalanan ke Lombok.

Khusus untuk pendakian ke Gunung Rinjani, siapkan fisik kamu sebaik mungkin. Mulailah dengan tetap berolah raga sebelum berangkat menuju gunung Rinjani. Hal ini dan keranakan memerlukan fisik yang baik untuk tracking ke Gunung Rinjani.

Bagi yang udah biasa tracking gunung tidak jadi masalah, mereka hanya akan membutuhkan informasi rute dan transportasi untuk sampai ke sana.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa Hal ini Sebelum kamu akan Mendaki Gunung

Persiapkan Fisik dan Stamina

Berolahragalah, seminggu sebelum tracking kamu harus mulai menjaga stamina dan fisik kamu. Hindari terlalu banyak meroko karena hal tersebut akan membuat kamu sedikit agak cepat terasa lelah saat mendaki guys.

Lakukan Riset Kondisi Gunung

Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang gunung yang akan kamu daki. Misalnya akan mendaki Gunung Rinjani maka, risetlah hal-hal yang berkaitan dengan Gunung Rinjani. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak seharunya kamu lalukan selama pendakian kamu, hal tersebut akan berdampak terhadap kamu dan lingkungan.

Persiapkan Alat Pendakian

Ini bagian yang penting, jangan samakan ketika mau kepantai dengan mau naik gunung. Diperlukan persiapan yang matang sebelum kamu melakukan pendakian.

Hitung Kebutuhan Logistik Dengan Cermat

Nah, kalau yang satu ini penting banget. Persiapkan segala kebutuhan logistic kamu selama berada di pendakian. Jangan sampai kamu kehabisan air di tengah pendakian, hal tersebut akan sangat tidak baik bagi kenyaman pendakian kamu, terusik karena haus dan air habis! Masa harus minta terus sama persiapan teman lainnya.

Nah, perhatikan beberapa hal tersebut. Jangan sampai pendakian kamu menjadi tak nyaman hanya karena ada hal-hal sepele yang tidak kamu persiapkan.

Baca juga : Jadwal dan Tarif Bus Damri Bandara Internasional Lombok (BIL) – Epicentrum – Senggigi dan Sumbawa




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot