Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Informasi Lengkap Travelling ke Desa Adat Sade Lombok: Rute Transportasi dan Akomodasi

Ngibarbalang.id – Lombok saat ini menjadi tujuan utaman destinasi wisata para tourist, baik lokal maupun mancanegara. Bykan tanpa alasan, Pulau Lombok memiliki pesona wisata yang sangat luar biasa. Baik itu itu alam, pendakian Gunung, atau atraksi budaya yang sangat menakjubkan.

Begitu juga dengan kekuatan Suku Sasak Lombok mempertahankan tradisi dan budaya mereka. Salah satu contohnya yang ada di Desa Sade Lombok Tengah ini.

Lombok tengah merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat. Hampir semua desa yang ada di Pulau Lombok lengket dengan tradisi dan budaya mereka. Seperti halnya apa yang dilakukan di Desa Sade Lombok Tengah ini.

Berikut informasi detail tentang Desa Adat Sade:

Mengenal Sejarah Desa Sade
Rute-transportasi-dan-akomodasi-menuju-desa-adat-sade
Informasi Lengkap Travelling ke Desa Adat Sade Lombok
Unik dan menarik, Desa Sade selalu memberikan tampilan berbeda dengan desa-desa lainnya. Sebagai Desa Adat dan Budaya Sasak, Desa Sade selalu memberikan ciri khas tradisi dan budaya Sasak Lombok.

Dengan kisah dan sejarah yang sangat kental menjadikan Desa Sade sebagai salah satu ikon wisata yang ada di Lombok Tengah.

Desa sade sebenarnya bukanlah desa Adat yang terbentuk baru-baru ini, namu Desa Sade sudah menjadi Desa Adat sejak 1975. Hanya saja dunia wisata Lombok belum begitu bergeming seperti halnya Bali. Namun saat ini, wisata Lombok sudah bisa menyaingi wisata yang ada di Bali. Dengan menampilkan karakteristik mereka masing-masing.
Rute-transportasi-dan-akomodasi-menuju-desa-adat-sade
Informasi Lengkap Travelling ke Desa Adat Sade Lombok
Penuturan sejarah mengungkapkan bahwa, masyarakat Desa Sade sudah ada sejak 6 abad yang lalu. Kala itu masyarakat masih menganut adat kepercayaan nenek moyang mereka. Hanya saja kepercayaan tersebut sudah hilang termakan zaman dan waktu.

Desa Sade bukalah sebuah perkampungan besar, Terletak disebelah selatan Lombok Tengah. Desa Sade hanyalah perkampungan kecil yang memiliki nilai budaya dan tradisi yang tinggi.  Hingga saat ini, Desa Sade menjadi tujuan wisata para tourist yang datang ke Pulau Lombok. Mereka juda sangat penasaran dengan keberadaan Desa Sade.

Masyarakat Desa Sade sangat mempertahankan keberadaan Tradisi dan Budaya mereka yang sangat kental tersebut. Inilah yang menjadi nilai plus Desa Sade hingga menjadi salah satu destinasi para wisatawan.
Rute-transportasi-dan-akomodasi-menuju-desa-adat-sade
Informasi Lengkap Travelling ke Desa Adat Sade Lombok
Tampilan khas sasak Lombok, serta selalu menampilakan atraksi budaya yang memiliki nilai dan menjadi ikon khas Suku Sasak Lombok.

Rute dan Akses Menuju Kampung Sasak

Terletak di Sebelah Selatan Kabupaten Lombok Tengah, Desa Sade berlokasi di Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Keberadaan dan Letaknya yang persis berada di sebelah timur dari Embung Ruje dan di dekat Embung Mengkene atau lebih tepatnya di daerah utara dari embung tersebut, memiliki akses dan rute yang sangat mudah. 

Desa Sade terletak tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok (BIL) hanya berjarak sekitar kurang lebih 8 km dari Bandara International Lombok. Bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit saja dari Bandara tersebut.

Nah, jika ke Desa Sade mungkin kamu bisa sekalian ke kawasan obyek wisata lainnya yang mempunyai rute yang searah menuju ke Pantai Seger serta Tanjung Aan.

Para touris mancanegara biasanya datang ke Desa Sade dalam rombongan pariwisata satu paket dengan kunjungan ke daerah-daerah lainnya. Para touris mancanegara selalu kagum dan terkesima ketika melihat keberadaan Desa Sade dan tempat-tempat wisata lainnya.
Lebih detailnya lagi:

Desa Sade hanye memiliki luas hampir mencapai 6 hektar ini atau lebih tepatnya 5,5 hektar tersebut, para wisatawan bisa mendapatkan peta dan petunjuk di sekitar perkampungan Desa adat Sasak Lombok ini. Di sini sudah ada rumah beberapa tradisional dengan jumlah mencapai 150 rumah.
Ternyata, semua warga atau masyarakat yang menjadi penghuni Desa Sade adalah masih dalam satu keturunan atau berkeluarga.

Rumah adat Desa Sade

Ini adalah yang menjadi nilai daya tarik dari keberadaan Desa Sade, selain tata cara tradisi dan buadaya sasak yang kental, mereka juga memiliki tempat tinggal atau rumah yang sangat unik. 

Jadi, pada setiap bangunan yang dibangun dan dihuni yang ada di sini seperti rumah penduduk, tempat ibadah masjid, ataupun tempat penyimpanan padi atau lumbung padi serta tempat pertemuan umum masyarakat di sekitar sini masih mempunyai unsur khas dari arsitektur Suku Sasak yang sangat kental. 

Khas banget! Suasananya sangat menggambarkan keberadaan suku sasak dan eksistensi sebuah tradisi dan budaya sasak Lombok.

Ayaman bambu dapat terlihat pada dinging kamar rumah mereka yang terbuat dari anyaman bambu dan atao yang terbuat dari alang-alang kering serta tiang yang terbuat dari kayu, sangat tradisional sekali!

Suatu yang unik dari Desa Sade adalah sebuah keistimewaan dari bangunan yang mereka miliki, pada sirkulasi udara yang sangat sejuk ketika cuaca sedang terik. Uniknya, kala malam yang dingin, bangunan di desa ini menyajikan suhu yang hangat.

Bangunan rumah dan lainnya yang ada di Desa Sade memberikan nilai jual wisata yang tinggi terhadap keberadaan desa Adat Sasak Lombok.  

Atraksi Budaya Desa Adat Sasak Lombok
Rute-transportasi-dan-akomodasi-menuju-desa-adat-sade
Informasi Lengkap Travelling ke Desa Adat Sade Lombok
Hal yang menarik kala memperhatikan para anak gadis yang ada di Desa Sade menenun kain. Bagi mereka seorang gadis hanya boleh menikah juga sudah bisa menenun kain songket dan lainnya. Jadi jangan heran jika melihat banyak anak gadis yang sedang menenun di teras-teras tempat mereka biasa menenun.

Para touris yang datang bisa melihat langsung bagaiman proses dari awal menenun kain. Prosesnya dimulai dari kapas kering kemudian diolah menjadi benang. Setelah itu benang  rapi ini akan diberikan perwarna dari bahan alami. Dan pembuatan kain songket dengan panjang 2 meter ini dibutuhkan waktu 2 minggu hingga 3 bulan dan sesuai dengan pola atau motifnya.

Pada bagian terakhir yang paling penting adalah bagaimana Cara Menuju Lokasi Desa Sade, Lombok Tengah

Tak susah untuk menuju desa Sade Lombok Tengah ini. Saat ini akses menuju Desa Sade sudah sangat baik karena di bagian Lombok Tengah juga merupaka Lokaso dari Bandara Internasional Lombok (BIL)

Untuk menuju lokasi Desa Wisata Sade di Lombok Tengah, kita harus menempuh perjalanan dari Mataram dalam waktu dua jam. Jika ingin naik angkutan umu, kita dapat memilih angkutan dengan jurusan Mataram – Kuta.

Jika dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ingin langsung menuju Desa Sade maka hanya dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit dengan menggunakan kedaraan taksi. Dan untuk lokasi Desa Wisata Sade letaknya berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.
Nah, itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum kamu akan menuju Desa Sade Lombok Tengah.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot