Breaking

Post Top Ad

Uniknya Kuliner Khas Lombok, Traveller Wajib Coba!

Ngibarbalang.id – Pulau Lombok saat ini menjadi ikon pariwisata nasional, dengan promosi Pesona Lombok Sumbawa atau Visit Lombok Sumbawa makin memperkenalkan identitas wisata Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Jika biasanya kita mengenal Pulau Lombok dengan Istila 'Pulau Seribu Masjid' namun kali ini kita mengenal Pulau Lombok dari uniknya kuliner yang ada di sini...

...Anyways....

Pernah ke Lombok nggak sich....?

Kalau belum pernah sebaiknya kamu baca referensi sebanyak mungkin sebelum JOOSSS terbang ke Lombok.

Para penggila travelling pasti selalu memasukkan nama Lombok sebagai tujuan destinasi mereka.

Selain wisata Gunung Rinjani dan Alam Laut Senggigi yang sangat mempesona ataupun dunia malam Gili Trawangan yang menggoda, Lombok juga memiliki food tourism alias wisata kuliner yang sangat memanjakan kamu yang doyan kulineran.

...Ada banyak jenis kuliner di Lombok...

Salah satunya yang sangat terkenal yaitu Kuliner Ayam Taliwang.

Kuliner yang dikenal dengan nama Ayam Taliwang ini menjadi salah satu ikon masakan tradisional dengan rasa yang luarbiasa nikmatnya.

Penasaran....

Saat ini berbagai belahan dunia memang kenal indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang sangat enak dan khas.

Salah satunya kuliner yang ada di Pulau Lombok ini. Tak lengkap rasanya bila kamu tak mencicipi kuliner yang satu ini jika sedang berwisata di Lombok, namanya Ayam Taliwang.

Selain itu juga kuliner lainnya seperti  plecing Lombok, sate Rembiga, sate Tanjung, dan kuliner khas lainnya yang pastinya.

So, simak ya berbagai ulasan kuliner yang ada di Lombok....

Mengenal Kuliner Ayam Taliwang

Kuliner-Khas-Lombok
Ayam Bakar Taliwang | Kuliner Khas Lombok
Dengan rasa yang kental dan khas, ayam Taliwang menjadi ikon kuliner di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebagai informasi buat kamu, ternyata nama Taliwang berkaitan erat dengan nama dua daerah yang ada di Nusa Tenggara Barat yaitu Karang Taliwang yang ada di Pulau Lombok dan Taliwang yang merupakan Ibu kota Kabupate Sumbawa Barat (Pulau Sumbawa).

Pada awal mula, Karang Taliwang yang ada di Lombok adalah pendatang dari daerah Taliwang yang awalnya merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa (sekarang mekar jadi Kabupaten Sumbawa Barat)

Jadi, awal keberadaan Ayam Bakar Taliwang pertama kali saat terjadinya perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali.

Pada masa peperangan tersebut ada banyak para pasukan dari Kerajaan Taliwang didatangkan ke Lombok untuk berperang dan membantu pasukan Kerajaan Selaparang yang mendapat serangan dari kerajaan Karangasem Bali.

Nah, para pasukan dari kerajaan Taliwang yang yang mengemban tugas sebagai pasukan pendamai tersebut ditempatkan di suatu wilayah yang saat ini kita kenal dengan nama Karang Taliwang yang di samakan dengan nama daerah atau kerajaan taliwang yang merupakan assal usul mereka.

Selanjutnya, para pasukan Taliwang atau yang meminpinnya memiliki tugas untuk melakukan melakukan pendekatan terhadap Raja Karangasem agar pertempuran yang menelan banyak kerugian nyawa dan harta benda tidak berlanjut dan terus memakan korban banyak.

Dalam misi sebagai pasukan penengah ini diikutkan pula para pemuka Agama Islam, juru kuda  dan juru masak yang berasal dari kerajaan Taliwang. Kedatangan mereka dengan memiliki porsi dan tugas masing-masing.

Khusus juru masak dari Kerajaan Taliwang itu melakukan tugasnya dengan baik, mereka melakukan sesuai kemampuan mereka sebagai juru masak yang diutus kerajaan untuk datang ke kerajaan selaparang. Dengan keahlian mereka mengolah dan memasak berbagai makanan menjadi santapan para pemimpin perang beserta para prajurit.

Dan disinilah awal mula pembuatan ayam bakar dengan campuran bumbu-bumbu tertentu sesuai selera dan tradisi masyarakat bersangkutan.

Bumbu-bumbu yang digunakan berasal dari hasil alam sekitarnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan terasi. Pada masa itu hasil olahan ayam merupakan makanan istimewa yang digunakan sebagai hidangan pada saat-saat tertentu dan hanya untuk pemenuhan konsumsi sendiri.

Lalu, dengan seiring berjalannya waktu, terjadi pembauran antara masyarakat Karang Taliwang dengan masyarakat Sasak hingga mengadakan perkawinan antara mereka. Pembauran yang dominan adalah mengadopsi berbagai bentuk pengetahuan baru serta tatacara kehidupan sehari-hari menjadi satu budaya akibat dari berbaurnya tersebut.

Contohnya terjadi terhadap pola makan dan pengolahan bahan makanan hingga menjadi masakan yang lezat. Dalam hal pola makan dan jenis makanan yang diolah cenderung mengadopsi budaya masyarakat Sasak yang menyukai masakan pedas. Itulah kenapa Ayama Bakar Taliwang cendrung pedas dan nikmat.

Ayam Taliwang atau Ayam Bakar Taliwang merupakan kuliner yang secara turun temurun terus dilestarikan dan dijakian sebagai mata pencaharian masyarakat karang Taliwang.

Perkembangannya pun terjadi dengan sangat pesat, saat disini hampir di setiap pojok Kota Mataram terdapat orang yang berdagang Ayam Bakar Taliwang, mulai dari warung kecil hingga restauran besar. Dan kuliner ini menjadi menu utama dari setiap restauran tersebut.

Apa sih uniknya Ayam Bakar Taliwang....

Sebagai informasi, Ayam yang di gunakan pada Ayam Bakar Taliwang bukan lah sembarang jenis ayam, mereka wajib menggunakan ayam kampung dan umur baru 3-5 bulan. Nah, itulah kenapa ayam bakar taliwang sangat renyah dan biasanya dapat di nikmati sampai ke tulang-tulang ayam tersebut.

So, jika datang ke Lombok maka taksempurna rasanya perjalanan kamu jika tak mencicipi Ayam Bakar Taliwang, enak banget loh guys..!!!

Plecing Kangkung Lombok

Kuliner-Khas-Lombok
Plecing Kangkung Lombok | Kuliner Khas Lombok 
Kuliner khas yang satu lagi bernama Plecing Kangkung Lombok, kuliner yang satu ini memiliki rasa yang khas lombok banget, pedes!

Ingat nggak! Kalau orang-orang selalu mengidentikkan Lombok atau Padang dengan pedas. Dibeberapa daerah seperti Sumatra menyebut Cabai itu dengan sebutan Lombok atau orang bagian timur menggantikan pedas dengan kata padang.

Memang kuliner kedua daerah ini identik dengan pedas, baik Lombok maupun Padang. Tapi jangan salah, pedas persi mereka ini adalah pedas yang kalau kamu makan rasanya selalu kepengen nambah lagi, hmmm...coba dech!

Masakan  ini berbahan dasar kangkung khas Lombok yang direbus. Kangkung Lombok mempunyai kelebihan pada teksturnya yang lembut dan empuk serta segar ketika diolah. Dicampur dengan sambal mentah yang terbuat dari cabai rawit, garam, terasi serta tomat.

Pada Kuliner ini biasanya disajikan dengan kacang panjang rebus, kacang tanah goreng, dan juga tauge rebus. Sungguh akan menggugah selera makan anda. Biasanya juga di bubuhi parutan kelapa yang sudah di oleh sedemikian rupa.

Pelecing Kangkung Lombok juga biasanya di hidangkan bersamaan dengan ayam bakar Taliwang, hmm, bayangin aja sendiri gimana sensasi pedasnya perpaduan ayam bakar Taliwang dan Pelecing Kangkung Lombok yang sama-sama memiliki rasa yang aga pedas.

Sate Rembige

Sate Rembige | Kuliner Kas Lombok
Tak kalah dengan Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkun Lombok, ada satu lagi Kuliner Khas Lombok yang patu buat kamu coba yaitu Sate Rembige.

Awalnya Kuliner ini adalah sajian yang khusus di sajikan untuk para raja yang ada di Lombok pada masa dulu. Dan dinamakan Sate Rembige karena asal mula sate ini berasala dari Rembige yang merupakan salah satu daerah yang ada di Lombok.

Namun saat ini Sate Rembige hadir sebagai salah satu makanan atau kuliner khas Lombok yang disajikan untuk para tamu yang datang ke Lombok. Sate rembige juga telah menjadi kuliner khas Lombok dengan sensasi rasa yang nikmat.

Pada umumnya sate disa- jikan dengan sambel kacang dan berasa gurih, maka sate rembige ini disajikan khu- sus dengan rasa pedas, gurih, dan juga manis yang bersatu sehingga menjadikan rasa kuliner ini tak terlupakan dan layak untuk dicoba.

Datang kelombok bisa kok mencoba sate rembige, dan untuk mencarinya jenis kuliner ini tak terlalu sulit karena hampir setiap warung dan restauran menyediakan makanan lezat yang satu ini, so, lets try this one.

Kelaq Batih

Kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Namanya agak sedikit sudah disebut, Kelaq Batih.

...Kelaq Batih?

Sebuah sajian kuliner khas Lombok yang berbahan dasar Bijian Buncistua yang kemudian dipadukan dengan daun singkong.

Jenis kuliner lombok yang satu ini memang agak sudah jarang kita temukan, namun dibeberapa pedagang masih mempertahankan kuliner yang satu ini.

...Bisa di coba nich?

Bijian Buncis dan daun singong muda dikelola dengan campuran bumbu rempah rempah yang dikenal dengan sebutan ragi beleq.

Sate Bulayak

Kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok
....Sate Bulayak?

Merupakan salah satu kuliner khas suku sasak yang ada di Pulau Lombok ini memiliki nilai rasa yang luar biasa. Sajian ini berupa sate dan bulayak.

...Bulayak? 

Jenis makanan apaan nih?

Jadi Bulayak itu makanan sejenis ketupat namun bentuknya agak sedikit berbeda dengan ketupat. Bulayak berbentuk panjang dan bungkusannya berasal dari daun Aren. Jadi, sate bulayak ini memiliki rasa yang unik dan khas karena merupakan sajian bumbu khusus yang terbuat dari campuran kemiri dan santan kental

...Yakin kamu nggak mau coba?

Nasi Balap Puyung

Kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok


Saat ini, nasi puyung memang sangat ngetrend. Selain harganya murah, sajian nasi puyung juga memiliki rasa yang enak.

...Sebenarnya,

Nasi Puyung ini berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, dengan sajian bungkus yang mengerucut seperti piramida (jika beli dalam bungkusan).

Didalamnya, merupakan perpaduan antara nasi putih dan campuran sambal daging, biji kedelai yang sudah digoreng, terdapat juga kentang yang digoreng kremes serta nasi putih.

Nasi Puyung juga terkenal dengan pedasnya, tapi yang jelas nikamt dan lezat! sekali mencoba nasi puyung bikin mulut ketagihan pingin makan lagi.

Buktikan deh...!

Nasi Campur

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Sama seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia, di Lombok juga memiiki Nasi Campur. Namun, yang membuatnya menjadi berbeda adalah tempat dan eksotisme saat makan.

...Gili Trawangan?

Walaupun hanya sekedar nasi campur, namun kala memakannya kamu berada di Gili Trawangan tentu akan membuat sensasi sedikit berbeda.

Mungkin ini menjadi makanan termurah yang bisa kamu temukan di Gili Trawangan. So, buat kamu yang travelling ke Gili Trawangan dengan budget minim maka nasi campur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meminimalisir pengeluaran kamu.

...Nggak perlu malu!

Nyantai aja tuch! Travelling itu bukan hanya tentang makan, bisa bertahan hidup dengan budget seadanya mungkin akan menjadi sensasi yang lebih mengesankan bagi kamu.

Percaya deh...

Jadi, jika kamu ke Gili Trawangan maka kamu akan menjumpaiNasi campur yang biasanya dijual dalam bentuk bungkusan yang mengggunakan kertas minyak dan dijajakan oleh pedagang di pinggir pinggir jalan.

Sate Tanjung

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Satu lagi kuliner khas Lombokyang bisa kamu nikmati saat travelling ke Lombok. Ada kuliner yang mereka sebut 'Sate Tanjung'

...Enak kah?

Relaitif dan tergantung lidah, namun jika kamu penggemar makanan manis peda maka sate ini akan memuaskan hasrat makan kamu.

Makanan khas Suku Sasak yang berasal dari Kabupaten Lombok Utara ini bernama Sate Tanjung. Sebuah sajian yang memiliki rasa pedas manis.

Sate Tajung ini terbuat dari olahan daging ikan, sate ini biasanya disajikan bersama lontong dan urap sayur atau pelecing kangkung. Uniknya, sate tanjung disajikan di atas opak singkong.

Ares

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Ares merupakan sayur khas Lombok yang dibuat dari pohon pisang kapok muda. Berbahan dasar Pisang Kepok.

...Pisang?

Kuliner lombok memang terlihat berbahan dasar yang sederhana dan sangat mudah ditemukan di daerah manapun untuk bahan dasarnya.

Namun,

Yang menjadi luarbiasa adalah cara mereka meracik bumbu-bumbu hingg menjadisebuah yang biasa menjadi luarbiasa, ini lah Lombok!

Konon, pada zaman dulu kala, Masakan Ares hanya disajikan saat ada acara adat saja. Namun sekarang kamu dapat dengan mudah menjumpai dan mencicipi ares di warung-warung makan yang tersebar di Pulau Lombok.

Kelaq Sebie

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Kelaq sebie juga sajian kuliner khas Lombok bercita rasa pedas karena berbahan utama cabai rawit hijau. Tidak tanggung-tanggung cabai yang dipakai sekitar satu kilogram per sekali masak. Kelaq sebie akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan ikan tongkol, terong, dan juga kacang panjang.

Kelaq Lebui

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Kelaq lebui atau dikenal juga dengan nama Lebui Kelaq Pangkes merupakan masakan yang terbuat dari kedelai hitam yang dimasak dengan campuran bumbu kuah asam.

Beberuq Terong

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Makanan khas Pulau Lombok bernama Beberuq terong ini berbahan dasar terong bulat mentah ataupun terong panjang yang dibakar.

..Jadi,

Bumbu yang digunakan untuk memasak sajian kuliner beberuq terong ini sama dengan bumbu untuk memasak plecing kangkung.

Hampir setiap warung makan yang ada di Lombok menyajikan beberuq terong ini. Makan ini tergolong menu wajib yang digemari didalam kalangan masyarakat sasak di Pulau Lombok dan Sumbawa.

Ikan Bakar Pantai Nipah

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Kuliner lombok ketika kamu berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Lombok, khususnya Pantai Nipah ini merupakan salah satu masakan yang recommended.

Kelaq Kelor

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Makanan khas daerah Lombok lainnya adalah kelaq kelor yang berasal dari daun kelor dan dimasak menjadi sayur bening. Kelaq kelor pas disajikan bersama dengan nasi putih hangat beserta sambal terasi khas Lombok.

Kelepon Kecerit

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Makanan khas Lombok berupa jajanan ini mirip dengan klepon dari wilayah Jawa. Bedanya, jika klepon Jawa dibentuk bulat, Kelepon Lombok dibentuk memanjang dan runcing. Kelepon kecerit artinya kelepon yang ketika dimakan, akan terdapat sensasi gula merah yang muncrat di mulut.

Banget atau Jaje Reket

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Kedua nama tersebut merupakan jajanan khas Lombok. Banget terbuat dari ketan yang dikukus, sedangkan jaje reket terbuat dari banget yang dibungkus daun pisang dan dibentuk panjang. Jaje reket lebih nikmat dijadikan timbung dengan cara membakarnya. Kedua jenis jajanan ini dapat kamu temukan di pasar-pasar tradisional Lombok.

Lupis

kuliner-khas-lombok
Kuliner Khas Lombok

Terbuat dari beras ketan, jajanan ini dibungkus dengan daun pisang dan diolah dengan cara direbus. Ketika disajikan, ketan tersebut dipotong dan dicampur dengan enten, campuran parutan kelapa dan gula merah yang telah dimasak. Lupis banyak dijual di pasar tradisional Lombok.

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

kuliner-khas-lombok

Makanan ini banyak disajikan ketika lebaran. Terdiri dari dua jenis makanan, yaitu poteng atau tape dan jaje tujak atau tetel. Selain itu ada iwel, salah satu jenis jajanan khas masyarakat Lombok. Iwel merupakan kue berbahan baku dari ketan hitam yang disajikan pada saat digelar upacara tradisional. Rasa iwel adalah manis dan legit.

Bebalung

kuliner-khas-lombok

Resep bebalung makanan khas Lombok ini dapat dengan mudah kamu temukan di internet dengan bahan dasar iga sapi atau iga kerbau yang dibumbui bumbu khusus. sajian bebalung terkenal di Lombok berada di depot Kelebet yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto. Satu hal yang istimewa dari bebalung ini adalah dagingnya lunak sehingga tanpa susah payah menggigit, dagingnya akan dengan mudah terlepas dari tulangnya.


Sate Pusut

kuliner-khas-lombok

Makanan khas Lombok Timur satu ini merupakan sate lilit Bali versi Lombok. Bedanya, jika sate lilit memakai daging ikan, makan sate pusut berbahan baku daging sapi yang dicampur dengan serpihan kelapa. Bukannya manis, namun sate ini cenderung mempunyai rasa gurih.

Sate Pencok

kuliner-khas-lombok

Ada dua versi penjelasan kuliner ini di internet, pertama pencok merupakan sagu yang dipotong berbentuk dadu kemudian diolah menjadi camilan yang ditusuk dengan tusukan sate dan dijajakan di pasar tradisional, dan yang kedua pencok terbuat dari kulit sapi maupun adonan tepung kanji. Adonan tersebut atau kulit sapi tersebut diolah sedemikian rupa lalu dibentuk persegi untuk kemudian ditusuk dengan lidi atau batang bambu kecil (dikenal dengan nama katik dalam bahasa Lombok).

Ayam Rarang


Ayam rarang bisa dibilang sebagai ikon kuliner khas Lombok yang tidak boleh tertinggal untuk dicicipi. Ayam rarang berbahan dasar ayam kampung yang dimasak dengan cara digoreng. Ayam rarang biasanya disajikan dengan tampilan ayam yang super pedas, padahal saat dimakan, rasanya tidak terlalu pedas.

Bantal atau Tikel

kuliner-khas-lombok

Bukanlah piranti yang dipakai untuk alas kepala saat tidur, melainkan salah satu jajanan khas Lombok yang biasanya disantap saat berbuka puasa. Bantal terbuat dari ketan yang dicampur dengan pisang dan dibentuk mirip dengan bantal tidur. Sayangnya, saat ini kue bantal mulai susah dijumpai karena mulai sedikit orang yang membuat sajian jajanan khas yang rasanya enak ini.

Kue Keciput

kuliner-khas-lombok

Satu lagi makanan ringan khas Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu kue keciput. Kue keciput merupakan kue kering yang banyak disajikan saat lebaran tiba. Tampilannya mirip dengan onde-onde namun ukurannya lebih kecil. Tidak lupa taburan biji wijennya juga menghias bagian luar dari kue keciput ini. Ada lagi perbedaannya dengan onde-onde, jika onde-onde berisi kacang hijau, kue keciput tidak mempunyai isi. Kue ini selain pas disantap saat mengobrol bersama warga lokal Lombok, juga cocok dijadikan buah tangan setelah kamu berkunjung ke Lombok.

Ayam Pelalah

kuliner-khas-lombok

Ayam pelalah merupakan makanan khas Lombok yang diilhami dari sajian kuliner Bali karena berasal dari satu daerah yang isinya adalah perantau dari Pulau Bali. Ayam pelalah merupakan sajian kuliner yang berbahan dasar ayam suwir bakar dengan bumbu rendaman yang dikenal dengan marinade ataupun sambal.

Tuak Manis

kuliner-khas-lombok

Ada satu minuman yang merupakan minuman khas Suku Sasak dan diambil dari bahan alami yang tumbuh di hutan yang terdapat disekitar rumah warga, yaitu tuak manis. Tuak manis dipercaya juga mampu menyembuhkan beragam penyakit. Minuman ini berasal dari pohon enau yang tumbuh di hutan, salah satunya hutan Pusuk Lestari, Lombok Barat. beberapa penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan tuak manis ini adalah kencing batu, kencing manis, sakit pinggang atau encok, dan memperlancar buang air kecil.

Tareq atau Goro Goro


Jajanan khas Lombok yang satu ini terbuat dari tepung beras yang dikukus lalu diuleni dengan santan dengan ditambah sedikit larutan kapur sirih agar renyah saat dimakan. Setelah itu, adonan tersebut dibentuk seperti bunga dan digoreng dulu sebelum disajikan.

Tumbek


Tumbek juga merupakan jajanan khas Lombok yang terbuat dari tepung ketan dan dicampur gula merah serta parutan kelapa. Setelah itu kesemua bahan dikukus hingga matang dan dimasukkan ke dalam kulit tumbek yang terbuat dari daun kelapa kemudian dikukus lagihingga daun kelapa menjadi layu.

Renggi

Makanan kering khas Lombok yang satu ini juga terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dibentuk menjadi bulat untuk kemudian dijemur. Begitu kering, renggi digoreng agar rasanya renyah. Konon, jaman dulu kala renggi khas suku Sasak dibuat dengan ukuran sebesar nampan. Namun sekarang renggi dibuat kecil agar mudah dalam penyajiannya.

Nagasari

Nagasari juga masuk dalam daftar jajanan khas Lombok yang terbuat dari tepung beras. Tepung beras tersebut juga dicampur dengan santan dan gula. Campuran tepung beras, santan, dan gula tersebut kemudian dimasak hingga mengeras. Begitu dingin, bahan dibungkus daun pisang dan diisi buah pisang atau buah nangka. Setelah itu kukus lagi sampai pembungkusnya menjadi layu.

Dodol Rumput Laut

Oleh oleh makanan khas Lombok NTB yang satu ini terbuat dari rumput laut yang jauh lebih sehat dan rasanya tidak kalah enak dari dodol biasa. Dodol rumput laut tidak hanya berwarna hijau saja, melainkan berwarna warni agar lebih menarik minat pembelinya.

Kue Kerake

Tampilannya mirip dengan susunan bawang putih, padahal ini adalah kue tradisional khas Lombok Timur yang bernama kue kerake. Keunikan dari kue kerake ini adalah bungkusnya dari kulit jagung dan menonjol di 3 bagian, sehingga mirip dengan pocong. Meskipun menyeramkan namun rasanya manis, legit, dan enak kok.

Kue Keong

Berbentuk seperti keong membuat kue ini dinamakan kue keong. Proses pembuatannya sederhana dan bahan yang dipakai mudah didapat. Adonannya dibuat dari tepung terigu, gula, telur, air, dan mentega setelah itu dibentuk seperti keong menggunakan sendok kemudian digoreng dalam minyak panas hingga warnanya berubah coklat muda.

Cerorot

Satu lagi jajanan khas Lombok yang menarik perhatian yaitu cerorot. Jajanan ini biasa disajikan pada acara pernikahan atau upacara adat suku Sasak yang berada di Desa Sade Rambitan. Rasanya manis dan teksturnya lentur membuat siapapun yang memakannya akan sangat hati-hati agar cerorotnya tidak jatuh ke lantai.

Kue Batun Bedil

Yang terakhir akan kami berikan suatu resep makanan khas Lombok Mataram yang dikenal dengan nama batu bedil. Batun bedil merupakan kue tradisional khas Lombok yang teksturnya sangat lembut dan unik serta variasinya cantik. Bahan untuk membuat kue batun bedil terdiri dari tepung ketan, tepung beras, tepung kanji, garam, air kapur sirih, air hangat, dan air biasa untuk direbus. Bahan untuk membuat kuahnya pun sama hanya ditambah daun pandan, gula merah, gula pasir, dan kelapa muda. Cara membuatnya, pertama cambur semua bahan untuk membuat adonan kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil. Didihkan air untuk merebus dan masukkan adonan bola tersebut. Setelah itu masak lagi air dengan santan dan masukkan bahan untuk membuat saus. Setelah saus jadi, masukkan adonan berbentuk bola-bola tadi dan aduk hingga mendidih. Setelah jadi, sajikan dengan tambahan taburan parutan kelapa.




So guys, jika kamu sempat bertravelling ke Lombok jangan hanya menikmatai alam. Kamu bisa mencoba jenis kuliner-kuliner khas Lombok. Masalah rasa dijamin dech nggak akan mengecewakan dan selalu memberikan sensasi berbeda, di jamin!



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot