Breaking

Post Top Ad

Uniknya Kuliner Khas Lombok, Traveller Wajib Coba!

Ngibarbalang.id – Pulau Lombok saat ini menjadi ikon pariwisata nasional, dengan promosi Pesona Lombok Sumbawa atau Visit Lombok Sumbawa makin memperkenalkan identitas wisata Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Pernah ke Lombok nggak sich?

Kalau belum pernah sebaiknya kamu baca referensi sebanyak mungkin sebelum JOOSSS terbang ke Lombok.

Para penggila travelling pasti selalu memasukkan nama Lombok sebagai tujuan destinasi mereka.

Selain wisata Gunung Rinjani dan Alam Laut yang sangat mempesona Lombok juga memiliki food tourism alias wisata kuliner.

Salah satunya yang sangat terkenal yaitu Kuliner Ayam Taliwang.

Kuliner yang dikenal dengan nama Ayam Taliwang ini menjadi salah satu ikon masakan tradisional dengan rasa yang luarbiasa nikmatnya.

Penasaran....

Saat ini berbagai belahan dunia memang kenal indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang sangat enak dan khas.

Salah satunya kuliner yang ada di Pulau Lombok ini. Tak lengkap rasanya bila kamu tak mencicipi kuliner yang satu ini jika sedang berwisata di Lombok, namanya Ayam Taliwang.

Selain itu juga kuliner lainnya seperti  plecing Lombok, sate Rembiga, sate Tanjung, dan kuliner khas lainnya yang pastinya.

So, simak ya berbagai ulasan kuliner yang ada di Lombok....

Mengenal Kuliner Ayam Taliwang
Kuliner-Khas-Lombok
Ayam Bakar Taliwang | Kuliner Khas Lombok
Dengan rasa yang kental dan khas, ayam Taliwang menjadi ikon kuliner di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Sebagai informasi buat kamu, ternyata nama Taliwang berkaitan erat dengan nama dua daerah yang ada di Nusa Tenggara Barat yaitu Karang Taliwang yang ada di Pulau Lombok dan Taliwang yang merupakan Ibu kota Kabupate Sumbawa Barat (Pulau Sumbawa).

Pada awal mula, Karang Taliwang yang ada di Lombok adalah pendatang dari daerah Taliwang yang awalnya merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa (sekarang mekar jadi Kabupaten Sumbawa Barat)

Jadi, awal keberadaan Ayam Bakar Taliwang pertama kali saat terjadinya perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali.

Pada masa peperangan tersebut ada banyak para pasukan dari Kerajaan Taliwang didatangkan ke Lombok untuk berperang dan membantu pasukan Kerajaan Selaparang yang mendapat serangan dari kerajaan Karangasem Bali.

Nah, para pasukan dari kerajaan Taliwang yang yang mengemban tugas sebagai pasukan pendamai tersebut ditempatkan di suatu wilayah yang saat ini kita kenal dengan nama Karang Taliwang yang di samakan dengan nama daerah atau kerajaan taliwang yang merupakan assal usul mereka.

Selanjutnya, para pasukan Taliwang atau yang meminpinnya memiliki tugas untuk melakukan melakukan pendekatan terhadap Raja Karangasem agar pertempuran yang menelan banyak kerugian nyawa dan harta benda tidak berlanjut dan terus memakan korban banyak.

Dalam misi sebagai pasukan penengah ini diikutkan pula para pemuka Agama Islam, juru kuda  dan juru masak yang berasal dari kerajaan Taliwang. Kedatangan mereka dengan memiliki porsi dan tugas masing-masing.

Khusus juru masak dari Kerajaan Taliwang itu melakukan tugasnya dengan baik, mereka melakukan sesuai kemampuan mereka sebagai juru masak yang diutus kerajaan untuk datang ke kerajaan selaparang. Dengan keahlian mereka mengolah dan memasak berbagai makanan menjadi santapan para pemimpin perang beserta para prajurit.

Dan disinilah awal mula pembuatan ayam bakar dengan campuran bumbu-bumbu tertentu sesuai selera dan tradisi masyarakat bersangkutan.

Bumbu-bumbu yang digunakan berasal dari hasil alam sekitarnya seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan terasi. Pada masa itu hasil olahan ayam merupakan makanan istimewa yang digunakan sebagai hidangan pada saat-saat tertentu dan hanya untuk pemenuhan konsumsi sendiri.

Lalu, dengan seiring berjalannya waktu, terjadi pembauran antara masyarakat Karang Taliwang dengan masyarakat Sasak hingga mengadakan perkawinan antara mereka. Pembauran yang dominan adalah mengadopsi berbagai bentuk pengetahuan baru serta tatacara kehidupan sehari-hari menjadi satu budaya akibat dari berbaurnya tersebut.

Contohnya terjadi terhadap pola makan dan pengolahan bahan makanan hingga menjadi masakan yang lezat. Dalam hal pola makan dan jenis makanan yang diolah cenderung mengadopsi budaya masyarakat Sasak yang menyukai masakan pedas. Itulah kenapa Ayama Bakar Taliwang cendrung pedas dan nikmat.

Ayam Taliwang atau Ayam Bakar Taliwang merupakan kuliner yang secara turun temurun terus dilestarikan dan dijakian sebagai mata pencaharian masyarakat karang Taliwang.

Perkembangannya pun terjadi dengan sangat pesat, saat disini hampir di setiap pojok Kota Mataram terdapat orang yang berdagang Ayam Bakar Taliwang, mulai dari warung kecil hingga restauran besar. Dan kuliner ini menjadi menu utama dari setiap restauran tersebut.

Apa sih uniknya Ayam Bakar Taliwang....

Sebagai informasi, Ayam yang di gunakan pada Ayam Bakar Taliwang bukan lah sembarang jenis ayam, mereka wajib menggunakan ayam kampung dan umur baru 3-5 bulan. Nah, itulah kenapa ayam bakar taliwang sangat renyah dan biasanya dapat di nikmati sampai ke tulang-tulang ayam tersebut.

So, jika datang ke Lombok maka taksempurna rasanya perjalanan kamu jika tak mencicipi Ayam Bakar Taliwang, enak banget loh guys..!!!

Plecing Kangkung Lombok
Kuliner-Khas-Lombok
Plecing Kangkung Lombok | Kuliner Khas Lombok 
Kuliner khas yang satu lagi bernama Plecing Kangkung Lombok, kuliner yang satu ini memiliki rasa yang khas lombok banget, pedes!

Ingat nggak! Kalau orang-orang selalu mengidentikkan Lombok atau Padang dengan pedas. Dibeberapa daerah seperti Sumatra menyebut Cabai itu dengan sebutan Lombok atau orang bagian timur menggantikan pedas dengan kata padang.

Memang kuliner kedua daerah ini identik dengan pedas, baik Lombok maupun Padang. Tapi jangan salah, pedas persi mereka ini adalah pedas yang kalau kamu makan rasanya selalu kepengen nambah lagi, hmmm...coba dech!

Masakan  ini berbahan dasar kangkung khas Lombok yang direbus. Kangkung Lombok mempunyai kelebihan pada teksturnya yang lembut dan empuk serta segar ketika diolah. Dicampur dengan sambal mentah yang terbuat dari cabai rawit, garam, terasi serta tomat.

Pada Kuliner ini biasanya disajikan dengan kacang panjang rebus, kacang tanah goreng, dan juga tauge rebus. Sungguh akan menggugah selera makan anda. Biasanya juga di bubuhi parutan kelapa yang sudah di oleh sedemikian rupa.

Pelecing Kangkung Lombok juga biasanya di hidangkan bersamaan dengan ayam bakar Taliwang, hmm, bayangin aja sendiri gimana sensasi pedasnya perpaduan ayam bakar Taliwang dan Pelecing Kangkung Lombok yang sama-sama memiliki rasa yang aga pedas.

Sate Rembige

Sate Rembige | Kuliner Kas Lombok
Tak kalah dengan Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkun Lombok, ada satu lagi Kuliner Khas Lombok yang patu buat kamu coba yaitu Sate Rembige.

Awalnya Kuliner ini adalah sajian yang khusus di sajikan untuk para raja yang ada di Lombok pada masa dulu. Dan dinamakan Sate Rembige karena asal mula sate ini berasala dari Rembige yang merupakan salah satu daerah yang ada di Lombok.

Namun saat ini Sate Rembige hadir sebagai salah satu makanan atau kuliner khas Lombok yang disajikan untuk para tamu yang datang ke Lombok. Sate rembige juga telah menjadi kuliner khas Lombok dengan sensasi rasa yang nikmat.

Pada umumnya sate disa- jikan dengan sambel kacang dan berasa gurih, maka sate rembige ini disajikan khu- sus dengan rasa pedas, gurih, dan juga manis yang bersatu sehingga menjadikan rasa kuliner ini tak terlupakan dan layak untuk dicoba.

Datang kelombok bisa kok mencoba sate rembige, dan untuk mencarinya jenis kuliner ini tak terlalu sulit karena hampir setiap warung dan restauran menyediakan makanan lezat yang satu ini, so, lets try this one.

So guys, jika kamu sempat bertravelling ke Lombok jangan hanya menikmatai alam. Kamu bisa mencoba jenis kuliner-kuliner khas Lombok. Masalah rasa dijamin dech nggak akan mengecewakan dan selalu memberikan sensasi berbeda, di jamin!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot