Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Mau Travelling ke Pulau Moyo Sumbawa, Berikut Informasi Rute dan Transportasinya!

Ngibarbalang.id – Sumbawa itu letaknya di Provinsi  Nusa Tenggara Bara, jangan kira Sumbawa itu sama dengan Sumba ya..!!! Kalau Sumba itu adanya di Nusa Tenggara Timur, masih tetanggaan sih!
 Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika berwisata di Kabupaten Sumbawa.

So many unique attraction and beautiful place.

Ke Sumbawa, banyak tempat yang bisa menjadi tempat kunjungan kamu.

Salah satu yang paling epic adalah Pulau Moyo.
Informasi-Rute-dan-Transportasi-ke-Pulau-Moyo-sumbawa
Air Terjun Mata Jitu | Pulau Moyo | Sumbawa
Pulau Moyo ini merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Kabupaten Sumbawa, dengan kondisi hutan yang masih lebat dan natural. Selain itu kondisi bawah laut yang ada di pulau Moyo juga memiliki potensi yang sangat baik dan pas untuk para penggila snorkling.

Pulau Moyo, seperti apa sih kondisi real nya?

Oh ya, FYI:
Secara Administratif Pulau Moyo terletak di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Pulau Moyo terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa. Secara astronomis, Pulau Moyo berada pada 117º27’43” – 117º35’42” Bujur Timur dan 8º9’36” – 8º23’19” Lintang Selatan.

Pada area laut di Pulau Moyo memiliki berbagai jenis karang dan sangat bervariasi jenis dan bentuknya serta hidup berbagai jenis biota ikan yang hidup di sekitar batu karang tersebut.
Hmmm, kalau kondisi airnya seperti apa jangan di tanya. Sangat jernih sekali!

Apa lagi saat terjadi penetrasi sinar matahari dapat mencapai dasar perairan.  Jernihnya seperti kaca, Hal tersebut juga memungkinkan pertumbuhan berbagai biota dasar perairan menjadi subur.

Spot wisata?

Destinasi dunia, kata tersebut sangat pas untuk menggambarkan Pulau Moyo. Ekslusif, membuat Pulau Moyo di minati oleh tourist dari mancanegara bahkan dari kalangan selebritis dunia hingga pesohor dari kerajaan Inggris.

Mereka yang berkunjung ke Pulau Moyo selalu terkesima melihat kondisi alam bawah laut yang di miliki Pulau Moyo.

Berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam yang dapat anda nikmati dengan Snorkling maupun diving, disamping itu anda dapat pula berjemur di hamparan pasir putih menikmati sengatan matahari, keindahan dan kesunyian alam Pulau Moyo.

Nah, selain itu juga Pulau Moyo memiliki Air Terjun Mata jitu yang berada di taman buru Pulau Moyo menjadi pula daya tarik wisata. Di sepanjang jalan menuju air terjun tersebut, dapat anda jumpai aneka macam burung dan salah satu diantaranya adalah Megapodius.

Informasi Rute dan Transportasi ke Pulau Moyo?

Mungkin ini yang selalu menjadi kendala bagi para traveller yang inggin menelusuri Pulau Moyo. Akses informasi mengenai rute dan jenis transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke Pulau Moyo tersebut.

Nah, sedikit informasi mengenai rute dan transportasi ke Pulau Moyo Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Mataram – Sumbawa, Pesawat udara (30 menit)
Kamu bisa menggunakan maskapai wings Air atau Merpati Air, untuk masalah tarif bisa cek langsung di agency tour and travel atau di website penjualan ticket pesawat.

Sumbawa – Labuan Badas, kendaraan darat (15 menit)
Nah, ada Rangga Taxi atau pakai transportasi umum. Yang paling simple pakai ojek aja, nggak terlalu jauh kok dari dalam kota Sumbawa.

Labuhan Badas – Pulau Moyo, kendaraan air (40 menit)

Mataram – Labuhan Lombok, kendaraan darat (2 jam)

Labuhan Lombok – Poto Tano, kendaraan air (2 jam)

Pototano – Labuhan Badas, kendaraan darat (1 jam)

Labuhan Badas – Pulau Moyo, kendaraan air (40 menit)

Nah, jika kamu dari Mataram bisa menggunakan Pesawat menuju Bandar udara yang ada di Sumbawa, kamu dapat mengecek harga tiket pesawat terkini di Travelloka atau ticket Indonesia atau langsung ke website maskapai dan agency travel and tour.

Namun, jika kamu menggunakan transportasi darat dapat menggunakan Travel, misalnya Titian Mas Travel, Sumbawa Utama Travel, Tiara Mas Travel dll. Untuk mendapatkan tiketnya bisa langsung beli di agen PO yang ada di Kota Mataram.

Silahkan untuk mencari kamar hotel atau losmen yang ada di sekitaran bandara Sumbawa, ada beberapa sih hotell yang jaraknya tidak jauh dari Bandara, misanya Hotel Tambora, Transit Hotel, Hotel 99, Hotel samawa rea, hotel Garuda. Bisa jalan kaki kok dari bandara.

Nah, keesokan harinya kamu bisa mencari informasi penyeberangan ke Pulau Moyo di wilayah Labuhan Sumbawa (Desa Kali Baru Sumbawa). Disana ada banyak kapal angkutan masyarakt menuju ke Pulau Moyo (Desa Labuhan Aji) saat ini tarif Labuhan Sumbawa ke Labuhan Aji sekita Rp. 25.000 - Rp. 50.000

Nah, sesampai di Labuhan Aji kamu bisa kok mencari penginapan di rumah-rumah warga. Di Pulau Moyo juga memiliki resort kelas Dunia Amanwana Resort, hanya saja tarfi permalamnya sangat luar biasa. Untuk mengirit budget kamu bisa menyewa rumah-rumah penduduk di sekitaran Labuhan Aji, Pulau Moyo.

So Selanjutnya,

Up to you...

Rutenya mau kemana?

Air Terjun kah?

Mau snorkling kah atau apa? Gampang, kamu tinggal berinteraksi dengan masyarakat setempat dan minta petunjuk pada masyarakat sekitar, gampang kan?

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot