Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Berburu di Pulau Moyo Sumbawa, Sensasi Lepas di Alam Bebas!

Berburu-di-Pulau-Moyo-Sumbawa
Berburu rusa | Cervus timorensis

Ngibarbalang.id – Pulau Moyo, salah satu pulau terbesar yang ada di Kabupaten Sumbawa. Moyo adalah sebuah pulau yang terdapat 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Dengan jarak yang berdekatan dengan Pulau Sumbawa (sekitar 15 menit dari Dusun AI Limung atau Dusun Ai Bari), Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Secara administratif.

Dengan luas daratan yang besar menyebabkan Pulau Moyo memiliki begitu banya jenis habitat hewan yang ada di dalamnya. Pulau Moyo yang terletak di Teluk Saleh memiliki cagar alam taman nasional Pulau Moyo yang berada beberapa kilometer dari pantai utara dan pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah.

Adapun jenis-jenis habitat yang dapat ditemukan di hutan ini adalah babi hutan, biawak, jenis kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura.

Dengan keanekaragaman habitat tersebut maka Pulau Moyo dijadikan sebagi wilayah berburu. So, pasti menjadi hal yang menyenangkan..!!!

Nih lihat lebih detil apa saja yang ada di Pulau Moyo?

Taman Buru Pulau Moyo kaya spesies yang terdiri dari mamalia dan burung.
Ada beberapa mamalia yang dapat ditemukan adalah rusa atau Cervus timorensis, banteng atau Bos javanicus babi hutan atau Sus scrofa.

Selain hewan berburu, kita juga bisa menemukan Kera Ekor Panjang atau Macaca fascicularis, Landak atau Hystrx javanica, sedangkan jenis burung yang dapat ditemukan adalah nuri merah dada atau Tricoglosus haematodus,

Sebagai Taman Buru bukan berarti semua orang dengan bebas bisa berburu satwa disana, namun sebaliknya, satwa-satwa disini dilindungi oleh Undang-Undang seperti Koakiau atau Philemon buceroides, burung kakatua jambul kuning  atau Cacatua sulphurea, dan burung gosong (Megapodius reinwardtii)

Serta berbagai jenis burung lainnya seperti burung beo Sumbawa atau Gracula religiosa venerata, Punglor atau Zoothera sp, Ayam Hutan atau Gallus sp dan sebagainya.

Hmm..kalau kamu tak taat dengan aturan dan memburu species jenis ini maka sehabis berburu maka kamu yang akan di buru polisi alias jadi buronan, mau di buru polisi?

Potensi Spot wisata yang ada di Pulau Moyo?

Selain memiliki taman berburu seperti yang saya sebutkan tadi, Pulau Moyo juga memiliki berbagai area spot wisata dengan destinasi kelas dunia,

Mereka yang berkunjung ke Pulau Moyo selalu terkesima melihat kondisi alam bawah laut yang di miliki Pulau Moyo.

Berbagai jenis terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam yang dapat anda nikmati dengan Snorkling maupun diving, disamping itu anda dapat pula berjemur di hamparan pasir putih menikmati sengatan matahari, keindahan dan kesunyian alam Pulau Moyo.

Nah, selain itu juga Pulau Moyo memiliki Air Terjun Mata jitu yang berada di taman buru Pulau Moyo menjadi pula daya tarik wisata. Di sepanjang jalan menuju air terjun tersebut, dapat anda jumpai aneka macam burung dan salah satu diantaranya adalah Megapodius.


Mungkin ini yang selalu menjadi kendala bagi para traveller yang inggin menelusuri Pulau Moyo. Akses informasi mengenai rute dan jenis transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke Pulau Moyo tersebut.

Nah, sedikit informasi mengenai rute dan transportasi ke Pulau Moyo Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
  1. Mataram – Sumbawa, Pesawat udara (30 menit)
  2. Sumbawa – Labuan Badas, kendaraan darat (15 menit)
  3. Labuhan Badas – Pulau Moyo, kendaraan air (40 menit)
  4. Mataram – Labuhan Lombok, kendaraan darat (2 jam)
  5. Labuhan Lombok – Poto Tano, kendaraan air (2 jam)
  6. Pototano – Labuhan Badas, kendaraan darat (1 jam)
  7. Labuhan Badas – Pulau Moyo, kendaraan air (40 menit)

Nah, jika kamu dari Mataram bisa menggunakan Pesawat menuju Bandar udara yang ada di Sumbawa, kamu dapat mengecek harga tiket pesawat terkini di Travelloka atau ticket Indonesia atau langsung ke website maskapai dan agency travel and tour.

Namun, jika kamu menggunakan transportasi darat dapat menggunakan Travel, misalnya Titian Mas Travel, Sumbawa Utama Travel, Tiara Mas Travel dll. Untuk mendapatkan tiketnya bisa langsung beli di agen PO yang ada di Kota Mataram.

Silahkan untuk mencari kamar hotel atau losmen yang ada di sekitaran bandara Sumbawa, ada beberapa sih hotell yang jaraknya tidak jauh dari Bandara, misanya Hotel Tambora, Transit Hotel, Hotel 99, Hotel samawa rea, hotel Garuda. Bisa jalan kaki kok dari bandara.

Nah, keesokan harinya kamu bisa mencari informasi penyeberangan ke Pulau Moyo di wilayah 
Labuhan Sumbawa (Desa Kali Baru Sumbawa). Disana ada banyak kapal angkutan masyarakt menuju ke Pulau Moyo (Desa Labuhan Aji) saat ini tarif Labuhan Sumbawa ke Labuhan Aji sekita Rp. 25.000 - Rp. 50.000

Nah, sesampai di Labuhan Aji kamu bisa kok mencari penginapan di rumah-rumah warga. Di Pulau Moyo juga memiliki resort kelas Dunia Amanwana Resort, hanya saja tarfi permalamnya sangat luar biasa. Untuk mengirit budget kamu bisa menyewa rumah-rumah penduduk di sekitaran Labuhan Aji, Pulau Moyo.

Tu kan?

Tinggal pilih spot wisata yang kamu mau selama berada di Pulau Moyo. Bisa berburu, snorkling, diving atau sekedar menikmati sunset di sore hari. Pasti akan menjadi hal yang menyenangkan berada di alam terbuka dengan suasana yang frresh plus duduk dengan secangkir kopi, 

wow....!!!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot