Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Metamorfosis Sunda Kecil, dari Swapraja Sumbawa Menjadi Kabupaten Sumbawa

Metamorfosis Sunda Kecil, dari Swapraja Sumbawa Menjadi Kabupaten Sumbawa
Pacuan Kuda Sumbawa | Pesona Festival Moyo
Ngibarbalang.id – Hentakkan suara merdu Rabana Ode terdengar yang diiringi lantunan suara indah sepasang pelajar yang sedang mementaskan kreasi seni daerah Sumbawa. Suara itu terdengar merdu sekali, berbalut pakaian adat warna kuning keemasan serta riasan make up yang menambah suasana jadi terasa nyaman.

Sesekali galak tawa terdengar dari audiance yang menonton pegelaran yang diselenggarakan sekali setahun.

“Festiva Pesona Moyo”...

Inilah nama event yang selalu menampilkan sebuah keunikan dan kearifan lokal masyarakt Sumbawa. Pada event tahunan ini, setiap kecamatan mempersiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik.

Lanjut lagi..

Akhir dari suara merdu tadi, berganti penampilan dengan dua lelaki dan dua wanita....

Tutu si lenas mu gita
Mara ai dalam dulang
Rosa dadi umak rea
(terlihat tenang, seperti air dalam dulang, namun sekali bisa menjulang seperti ombak mendebur pantai)

Ternyata, ini adalah berbalas pantun versi budaya Sumbawa atau yang lebih dikenal dengan istlah rabalas lawas.

Tak terasa hingga dipenghujung acara pada malam kedua festival Pesona Moyo ini, keunikannya membuat waktu tak terasa hingga jam 11.54 malam, 6 menit menuju jam 12.00 malam.

Its time home!

Ku pacu si kumbang biru ku yang terparkir diluar arena FPS ini dan segera bergegas pulang.
Disepanjang serjalanan pulang terpampang baliho dan sepanduk besar yang bertuliskan

“SELAMAT ULANG TAHUN KAB. SUMBAWA” -   22 JANUARI 2017

Ternyata Sumbawa itu lahir pada tanggal 22 Januari guys! Lah, trus seperti apa Sumbawa sebelumnya...

Saya juga penasaran....

Setiap daerah pasti memiliki sejarah panjang sebelumnya, begitu juga dengan Kabupaten Sumbawa.  Kabupaten Sumbawa, salah satu daerah yang ada dibagian timur Indonesia, tepatnya bertetanggaan dengan pulau Lombok.

Tahukan Lombok...??? the next island is Sumbawa Island.

Sebagai informasi, didalam Pulau Sumbawa ada 4 kabupaten dan 1 kotamadya. Ada Kabpaten Sumbawa Barat (KSB), Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, Kota Bima dan kabupaten Sumbawa itu sendiri.

Provinsi Sunda Kecil

Ternyata awalnya sumbawa tergabung dalam provinsi Sunda Kecil.

Nah,

Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara ialah gugusan pulau di sebelah timur Pulau Jawa, Indonesia, dari Pulau Bali di sebelah barat sehingga Pulau Timor di sebelah timur. Sebutan untuk pemerintahan di Tanah Samawa kala itu menjadi Swapraja Sumbawa yang bernaung di bawah Provinsi Sunda Kecil. Kalangan saat ini mungki tak pernah mendengar nama provinsi Sunda Kecil.

Oh ya, Swapraja itu maksudnya

wilayah yang memiliki hak pemerintahan sendiri. Istilah ini dipakai sebagai padanan bagi istilah pada masa kolonial Belanda. Daerah swapraja adalah salah satu bentuk yang diakui oleh pemerintah kolonial dan mencakup berbagai bentuk administrasi, seperti kesultanan, kerajaan, dan keadipatian. Status swapraja berarti daerah tersebut dipimpin oleh pribumi berhak mengatur urusan administrasi, hukum, dan budaya internalnya. (wikipedia)

landasan selanjutnya...

Pada pasal 18 UUD 1945 (sebelum amandemen) disebutkan bahwa:

"Pembagian daerah Indonesia atas daerah besar dan kecil dengan bentuk susunan pemerintahannya ditetapkan dengan undang-undang dengan memandang dan mengingat dasar permusyawaratan dalam sistem pemerintahan negara dan hak-hak asal usul dalam daerah-daerah yang bersifat istimewa".

Terbentuknya Provinsi Baru bernama Nusa Tenggara Barat. Lebih sering disebut dengan singkatan NTB. Selanjutnya, seiring waktu berganti dan zaman terus menunjukan perkembangannya maka terbentuklah provinsi baru, yaitu Nusa Tenggara barat atau lebih dikenal dengan nama NTB.

Pembentukan ini didasarkan pada Undang-Undang No. 64 Tahun 1958 dan Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1959 sebagai tonggak berdirinya Daswati I Nusa Tenggara Barat dan didalamnya terdapat 6 Deswati II yaitu

Unikkan, sebelum penyebutan Kabupaten ternyata dulunya Deswati.

Misalnya...

Daswati II Lombok Barat, Daswati II Lombok Tengah, Daswati II Lombok Timur, Daswati II Sumbawa, Daswati II Dompu, Daswati II Bima.

Note:

Deswati itu singkatan dari Daerah Swatantra Tingkat (menurut kamus Bahasa Indonesia online)
Ketentuan dalam pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1958 PS Kepala Daerah Swatantra Tingkat I NTB menetapkan likuidasi daerah Pulau Sumbawa pada tanggal 22 Januari 1959 dilanjutkan dengan pengangkatan dan pelantikan PS Kepala Daerah Swatantra Tingkat II Sumbawa Muhammad Kaharuddin III sebagai Kepala Daerah Swatantra Tingkat II Sumbawa.

Penetapan tanggal 22 Januari sebagai hari lahirnya Sumbawa

Catat: 22 Januari 1959

Nah, setelah Kepala daerah Swatantra Tinggkat  I menetapkan likuidasi daerah Pulau Sumbawa pada tanggal tersebut maka berdasarkan Keputusan DPRD Kabupaten Sumbawa Nomor 06/KPTS/DPRD tanggal 29 Mei 1990 dengan jumlah kecamatan 14 terdiri dari :

Kecamatan Empang, Kecamatan Plampang, Kecamatan Lape/Lopok, Kecamatan Moyo Hilir, Kecamatan Moyo Hulu, Kecamatan Ropang, Kecamatan Lunyuk, Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Batu Lanteh, Kecamatan Utan Rhee, Kecamatan Alas, Kecamatan Seteluk, Kecamatan Taliwang, Kecamatan Jereweh.

Perkembangan selanjutnya dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 telah dimekarkan, sehingga menjadi 19 Kecamatan (ketambahan 5 kecamatan) yaitu :
Kecamatan Sekongkang, Kecamatan Brang Rea, Kecamatan Alas Barat, Kecamatan Labangka, Kecamatan Labuhan Badas

Dan selanjutnya pada tanggal 22 januari tersebut hinga saat ini di kenang sebagai hari lahirnya Kabupaten Sumbawa. Hingga saat ini kita dapat meliha meriahnya kita akan menyambut datangnya tanggal tersebut.

So, sekarang kamu tahukan mengapa ulang tahun Kabupaten Sumbawa itu jatuh pada tanggal 22 Januari.

Dalam perkembangan selanjutnya terjadi lagi beberapa pemekaran kecamatan hingga berkembang menjadi 25 kecamatan dengan tambahan 6 kecamatan baru yaitu, Kecamatan Tarano, Kecamatan Maronge, Kecamatan Unter Iwes, Kecamatan Rhee, Kecamatan Buer, Kecamatan Moyo Utara

Wacana yang berkembang saat ini, Pulau Sumbawa sengan mempersiapkan diri untuk pemekaran menjadi Provinsi Pulau Sumbawa dan Kota Samawa Rea serta beberapa persiapan untuk pemekaran kabupaten baru lainnya.

Sedikit Catatan Kecil:

Pada hari Ulang Tahun Kabupaten sering dilaksanakan pengelaran seni dan budaya yang merupakan ciri khas Kabupaten Sumbawa. Selain itu juga ada permainan tradisional Masyarakat Sumbawa seperti Barapan Kebo (Karapan Kerbau diarena berlumpur), Maen Jaran (Pacuan kuda dengan joki ciliknya), pawai budaya dengan segala keragaman dari berbagai daerah di lingkup Sumbawa serta event yang berskala nasional lainnya. Kalo travelling kesini bisa tuh berburu oleh-oleh yang khas banget dari Sumbawa

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot