Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

7 Oleh-Oleh Menarik dan Unik Khas Sumbawa, Nggak Kepengen Beli?

Ngibarbalang.id – “Liburan” dan travelling ke suatu tempat menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi tempat tersebut belum pernah kita kunjungi.

So many places, be there!

Selfie atau mengabadikan moment di tempat-tempat menarik menjadi kepuasan tersendiri bagi kamu yang memiliki jiwa pertualangan alias traveller sejati.

Weekend tiba…

Kepalapun mulai bertanya – “Kemana ya?”

Nah, mungkin belum pernah ke Pulau Sumbawa,

Bisa Juga nich..!!! masukin dalam list perencanaan kamu. Ntar ngak pusing-pusing nyari tempat yang akan dikunjungi.

Travelling ke Sumbawa!

Saat ini, Pulau Sumbawa sudah termasuk dalam list para traveller sebagai tempat yang wajib akan mereka jelajahi. Beberapa kurun waktu, wisata di dominasi oleh Pulau Dewata Bali, Pulau Lombok. Namun.

Kala dunia pariwisata didominasi masih didominasi oleh Pulau Dewata Bali dan Lombok. Namun dalam kurun waktu belakangan ini banyak para traveller yang mulai menjelajah daerah baru yang masih kental dengan kearifanlokalnya, misalnya Sumbawa.

Namun, ada hal yang unik!...

Natural and so unique…

Hhmm, ada yang lupa nich, sekedar info sih…!!!

Karena ada beberapa orang yang ada di luar Sumbawa kerap keliru saat membedakan Sumba dan Sumbawa.

“Sumba”

“Sumbawa”

Beda dikit sih...

Tapi jangan salah, Sumba dan Sumbawa memiliki karakteristik budaya yang sangat berbeda.

Simak nih...

Sumba atau Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Sedangkan Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat atau NTB, ini beda Loh guys!!!

dan yang kita sedang bicarakan adalah Sumbawa bukan Sumba.

Jika sempat travelling ke Pulau Sumbawa maka ini list 7 oleh-oleh Menarik Khas Sumbawa yang bisa kamu dapatkan di Pulau Sumbawa ini.

Oleh-Oleh Menarik dan Unik Khas Sumbawa - ngibarbalang.id
Madu Lebah Hutan Sumbawa | Bikin stamina dan tubuh sehat selalu

1.  Madu Sumbawa

Madu Sumbawa bukan jenis budidaya, tapi madu yang dihasilkan lebah secara liar didalam belantara hitan. “Apis Dorsata” yaitu cairan yang menyehatkan yang dihasilkan lebah hutan. Jenis madu Sumbawa bersifat alamiah, artinya terbebas dari pengaruh pupuk, pestisida dan polusi.

Apa bedanya dengan lebah ternak?

Nah, jika dilihat dari segi ukurannya, lebah apis dorsata memiliki ukuran dua kali lebih besar dari ukuran lebah ternak. Ukuran lebah Apis dorsata sekitar 1 cm sampai 2,5 cm.

Tami, seorang peternak lebah mengatakan madu lebah hutan lebih organik karena di panen langsung dari hutan. Sedangkan lebah ternak seringkali diternak dipertanian yang kemungkinan menggunakan pupuk kimia.

“Kalo madu hutan, kontaminasi dengan bahan kimia itu NOL. Kalo madu ternak menggunakan pestisida diperkebunan jadi kemungkinan terkena zat kimia itu ada” Ujar Tomi (Staff marketing dan produksi Madu Hutan Indonesia –JMHI).

Clear....

Penjelasan seperti ini bisa menjadi referensi kamu dalam membeli oleh-oleh, khususnya membeli madu.

Rata-rata madu di Sumbawa merupakan jenis Apis Dorsata atau madu lebah hutan yang hidup secara bebas dihutan.

Madu Sumbawa sangat terkenal se antero Nusantara. Uniknya, orang di luar sana mengenal nama madu Sumbawa tanpa tau dimana itu Sumbawa. Jika kamu travelling ke Pulau Sumbawa, ini bisa menjadi hal pertama yang kamu beli.

Madu Sumbawa ini punya banyak khasiat untuk berbagai penyakit dan merupakan salah satu metode pengobatan cara Nabi Muhammad SAW. Madu ini menjaga imun tubuh dan menjaga kesehatan. Ada beberapa kemasan madu mulai dari ukuran botol kecil hingga ukuran jeriken sekitar 1 liter.

Salah satu tempat oleh oleh khas Lombok yang menjual madu Sumbawa misalnya seperti Phoenix atau sentra pedagang oleh oleh khas Lombok lainnya.

Kisaran Harga Rp 25.000 – Rp 250.000/botol

Untuk pemesanan dapat dilakukan sebelum tiba ataupun saat sudah berada disumbawa. Hanya saja terkadang stok madu yang langka maka sebaiknya kamu meminta biro perjalanan atau agen-agen madu untuk menyediakan pada tanggal yang ditentukan agar dapat kepastian stok madu Asli Sumbawa.

Oleh-Oleh Menarik dan Unik Khas Sumbawa - ngibarbalang.id
Susu Kuda Liar | Sensasinya Buat Pria

2. Susu Kuda Liar Sumbawa

“Mas, di Sumbawa banyak kuda liar ya..???”

Sebuah pertanyaan yang selalu muncul ketika mendengar kata “Kuda Liar Sumbawa”.
Wajarlah...

Persepsi orang diluar sana dengan kata “liar” memang tak ada salahnya. Tapi sebagai catatan, peternakan kuda yang ada di Sumbawa sedikit tergolong unik. Mereka tidak mengikat atau manruh kuda mereka didalam kandang namu bebas berkeliaran didalam hutan.

So, sangka kira kuda-kuda itu tak bertuan...

Lihat pinggul kuda-kuda tersebut. Hampir semua kuda memiliki cap dengan singkatan nama, misalnya:

“Muhammad Hassan menjadi MH”

Atau

“Abubakar Zakaria menjadi AZ” dan begitu juga nama lain-lainnya.

Susu kuda liar Sumbawa...

Saya yakin kamu pernah medengar nama yang satu ini. Susu Kuda Liar Sumbawa dipercaya sangat berkhasiat untuk stamina pria dewasa. Nah, bagi kamu yang ingin menjadi pria sejati, ini bisa jadi konsumsi kamu. so, rugi loh jika kamu ke sumbawa tak memburu oleh-oleh yang satu ini.
Sedikit penjelasan tentang kandungannya

Dalam 100 gram susu kuda liar mengandung 0,8 persen protein, kandungan gulanya mencapai 6,8 persen serta dala 100 gram mengandung 44 kalori sedangkan kandungan senyawanya antara lain lemak, kalsium, vitamin A, B ,C dan E, kalium, kalsium, magnesium, zat besi dan masih banyak lainnya.

Bisa untuk keperkasaan lelaki loh!

“Minum satu gelas rutin bisa gas full  dimalam hari..hahaha”

Untuk mendapatkan susu kuda liar ini, biasanya para traveller bisa memesan langsung di Desa penyaring. Biasanya mereka yang memburu susu kuda liar menginginkan yang fresh dan baru di perah.

Masih bingung dengan cara mengkonsumsi susu kuda liar,

Siapkan air panas dalam mangkuk, masukkan susu kuda liar dalam gelas sesuai dosis, rendam gelas yang berisi susu kuda liar tadi kedalam mangkuk yang berisi air, setelah susu hangat kuku bisa langsung dikonsumsi dan lebih baik lagi ditambahkan degan madu.
Dosis:

Desawa: 100 cc, dalam keadaan sakit 2 kali sehari (1/4 gelas)
Anak-anak: 50 cc, jaga stamina 1 kali sehari.

Konsumsi susu kuda liar itu sehat loh!

Jika yang di beli di toko maka biasanya sudah di kemas dalam botol beling yang tebal. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran susu kuda liar itu sendiri dan ketika di bawa pulang susu tesebut tidak tumpah di dalam pesawat

Nah, untuk Kisaran harga Rp 100.000 – Rp 600.000/botol

Oleh-Oleh Menarik dan Unik Khas Sumbawa - ngibarbalang.id
Permen susu | Rasanya gurih dan nikmat

3. Permen Susu Ala Desa Penyaring

Nah, ada sebuah desa di Sumbawa, persisnya berada dikecamatan Moyo Utara yang memproduksi permen yang berasal dari susu kerbau.

Para pengerajin kuliner yang ada di Sumbawa mencoba mengkreasikan susu kuda liar menjadi permen. Untuk yang satu ini sangat mudah di dapatkan di Sumbawa. Di toko-toko seputaran kota Sumbawa sudah menyiapkan oleh-oleh khas sumbawa yang satu ini.

Walaupun terbuat dari susu kuda liar namun rasa sudah berbeda. Karena terkadang ada yang sedikit merasa aneh ketika pertama kali minum susu kuda liar so, ini bisa menjadi alternatif untuk merasakan susu kuda liar Sumbawa.

Untuk Kisaran harga sekitar Rp 15.00 - 20.000/kantong

Aktivitas pembuatan permen susu kerbau ini menjadi industry rumah tangga emak-emak yang ada di desa Penyaring ini. Jadi jangan lupa beli ya!

Oleh-Oleh Menarik dan Unik Khas Sumbawa - ngibarbalang.id
Minyak SUmbawa | Proses sakral dalam pembuatannya

4. Minyak Gosok Sumbawa

Kalau yang satu ini agak sedikit mistis pembuatannya. Orang Sumbawa mengenal ini dengan sebutan “Malala” yaitu proses pembuatan minyak Sumbawa. Minyak gosok Sumbawa terbuat dari bahan-bahan yang sangat alami, berupa akar-akar serta oleh sandro (ahli megic)

Untuk harga perbotolnya kirasan Rp. 30.000. dengan bau yang khas, minyak Sumbawa akan memberikan khasiat yang luar biasa.

Lihat tu proses pembuatanya pada gambar diatas, ngeri nggak! hehe...

oleh-oleh-menarik-dan-unik-khas-sumbawa-ngibar-balang-id-6
Kue Babingka | Kuliner Timur Indonesia

5. Kue Babingka

Kue Babingka ialah merupakan salah satu kreasi resep makanan tradisional indonesia atau makanan khas dari daerah sumbawa.

 Kue Babingka adalah salah satu dari sekian banyak jajanan pasar atau sering disebut Kue pasar.

Oleh-Oleh Menarik dan Unik Khas Sumbawa
Manjareal | Si manis asal Sumbawa

6. Manjareal, Kue Unik olahan Masyarakat Sumbawa

Manjareal. inilah nama si manis dari Sumbawa tersebut. Bentuknya sangat unik sekali, yakni seperti simbol keriting (clubs) dalam kartu remi. Pertama kamu melihat pasti akan langsung penasaran ingin mencicipinya.

Manjareal dibentuk dengan daun lontar yang sudah dikeringkan. Daun lontar tersebut dibentuk menjadi tiga bagian dengan cara dilengkungkan tiga kali dan pada bagian bawahnya disatukan sebagai pegangan.

Cetakan daun lontar tersebut langsung menjadi kemasan unik untuk manjareal ini. Warnanya putih, teksturnya agak kering dan padat.

Berbahan dasar kacang tanah membuat manjareal nikmat serta memiliki aroma yang sedap. Bentuknya padat akan tetapi ketika dimakan akan meleleh seperti sedang memakan gula donat.

Manjareal bisa kamu jadikan buah tangan ketika balik berkunjung dari Sumbawa. Anda bisa mendapatkan jajanan ini di berbagai tempat di Sumbawa.

Seperti di toko oleh - oleh, toko makanan atau bisa juga datang langsung ke tempat produksinya.

Oleh-Oleh Menarik dan Unik Khas Sumbawa
Tenun | Kreasi Seni Masyarakat Sumbawa

7. Kre’ Alang - Karya Seni Tenun Sumbawa

Oleh-oleh yang satu ini merupakan kerajinan tenun yang ada di Sumbawa. Beberapa Desa di Sumbawa menjadi Pusat tempat pengerajin tenung khas Sumbawa. Seperti Dusun Samri, Desa Poto, Desa Lengas dan desa lainnya.

Nah, bagi anda yang hobi dengan hasil kreasi nusantara maka kamu bisa mencoba yang satu ini.

Di jamin keren loh !!!

So, jika kamu bertravelling ke Sumbawa maka inilah daftar oleh – oleh yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar belanjaan kamu selama berada di Sumbawa.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot