Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa, Pesona Uniknya Buat Pengen Balik Lagi!

Ngibarbalang.id “Bali” atau “Lombok” selelau menjadi prioritas para traveller untuk menjelajahi alam. Populernya mendunia, jadi nggak heran jika tourist mancanegara selalu padat di dua lokasi ini.

Beberapa waktu lalu, gempa sempat meluluhlantakan kawasan wisata yang ada di Lombok khususnya di kawasan Lombok Utara yang merupakan sentral utama wisata yang ada di Pulau Lombok, Misalnya Pantai Senggigi, Gili Trawangan dan spot-spot lainnya.

Sempat drop, namun wisata Lombok kembali bangkit pasca gempa yang sangat dahsyat. Dear Travellers, selain Bali dan Lombok kali ini ngibarbalang.id akan sedikit bergeser ke Sebuah Pulau di Timur Pulau Lombok.

Pulau Sumbawa…

Salah satu Pulau yang masih secara administratif masuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di Pulau Sumbawa terdapat 1 Kota Madya dan 4 Kabupaten, Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Nah, kita akan Specifik ke salah satu Kabupaten, Sumbawa. Sebuah kabupaten yang memiliki luas wilayah 6.643,98 km². Kabupaten Sumbawa memiliki lima gunung. Gunung Batu Lanteh mempunyai ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut, Gunung Takan 1.400 meter, Gunung Jaran Pusang 1.283 meter, Gunung Tongo 1.167 meter dan Gunung Dodo 1.147 meter.

Dengan beberapa kepualauan besar mencakup sejumlah pulau-pulau di sebelah utara Pulau Sumbawa, termasuk Pulau Moyo (pulau terbesar), Pulau Medang, Pulau Panjang, Pulau Liang, Pulau Ngali dan Pulau Rakit.

So..

Dengan demografi seperti ini tidak salah jika Sumbawa memiliki pesona wisata bisa buat kamu bengen balik Lagi.

Berikut 7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa yang bisa kamu jelajahi.

Pulau Moyo, destinasinya para figure Dunia 

7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa
Mata Jitu Waterfall | Moyo Island - Sumbawa
Pulau Moyo, Wisata Kelas Dunia yang di miliki Sumbawa, meski lokasinya cukup jauh dari ibu kota Kabupaten Sumbawa, namun fasilitas wisata yang ada di pulau ini tidak kalah dari tempat lain. Kamu bahkan bisa menginap di resort mewah kelas internasional.

Tersedia Hotel kelas dunia, Amanwana. Petenis terkenal Maria Sharapova juga pernah menginap di sini, lho!


7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa
Mata Jitu Waterfall | Moyo Island - Sumbawa
Nah, untuk sampai ke Pulau Moyo bisa melalui keberangkatan dengan dua jenis transportasi laut menuju Pulau Moyo, yaitu menyewa perahu boat atau perahu nelayan. Perjalanan dengan perahu boat hanya memakan waktu 20 menit saja, lebih cepat 1.5 jam jika dibanding perahu nelayan.

Hanya saja terkadang ada situasi dimana gelombang sangat besar, dan terkadang menghambat perjalanan.

Gili Meriam Besar, Seperti terasa di Surga!
7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa
Gili Merriam | Sumbawa
Save your soul, Indah, tenang dan terasa berada di planet yang bernama surga. Nah, bagi kamu yang membutuhkan semua ini mungkin bisa menjelajah Gili Meriam ini.

Bagi mereka yang hendak mencari tempat indah, tenang, dan terasing, mungkin Gili Meriam bisa menjadi pilihan. Gili ini merupakan satu dari sekian banyak gugusan pulau yang mengelilingi kawasan Teluk Saleh, Sumbawa.

Berbanding terbalik dengan namanya, gili ini tak seberapa luas. Bahkan, hanya ada beberapa pohon yang tumbuh disekitarnya. Namun menyoal keindahan, Gili Meriam tak perlu diragukan.

Saat ini belum terlalu banyak wisatawan yang pernah ke sana. Hal inilah yang membuat Gili Meriam semakin natural. Letaknya di daerah administratif Kecamatan Ampang, Kabupaten Sumbawa.

So, bagaimana bisa sampai kesana…

Jadi, hingga saat ini belum ada transportasi khusus menuju ke sini. Namun jangan khawatir kita bisa menyewa perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Tak ada tarif khusus yang harus dibayar, mengingat proses penyebrangan tak begitu intensif. Biaya yang harus dikeluarkan tergantung pada bagaimana cara negosiasi dengan masyarakat setempat.

Teluk Saleh! Berkemah, snorkeling atau bermain dengan ikan paus.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa
Teluk Saleh | Kabupaten Sumbawa
Teluk Saleh merupakan salah satu Tempat Wisata Terindah di Pulau Sumbawa yang wajib untuk Anda kunjungi. Teluk yang terletak sekitar 10 kilometer dari Kota Sumbawa Besar,

Terdiri terdiri dari beberapa gugusan pulau kecil berpasir putih dengan terumbu karangnya yang indah dengan beragam ikan hias dengan airnya yang jernih bagaikan kristal yang tenang. Lokasi ini sangat cocok buat Anda berenang, snorkeling atau diving untuk melihat pesona bawah lautnya yang menakjubkan.

Menikmati Pesona Teluk Saleh Di Sumbawa kita seperti menemukan keindahan baru. Mendarat di pulau-pulau kecil indah berpasir putih dengan hiasan padang rumput yang sunyi menjadikan teluk ini layak untuk Anda kunjungi.

Desa Penyaring, Sensasi Pacuan Kuda yang bikin andrenalin kamu terpacu

7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa
Pacuan Kuda | Permainan Tradisiona Masyarakat Sumbawa
Desa penyaring terletak dibagian utara Kabupaten Sumbawa. Uniknya, ada arena pacuan kuda di Desa Penyaring. Jadi ketika ada jadwal balapan maka kamu bisa menikmati pacuan kuda atau main jaran dengan sejumlah joki cilik memacu kuda mereka dalam acara Pacuan Kuda Tradisional (Main Jaran).

Olahraga tradisional yang melibatkan para joki cilik berusia 10 - 13 tahun itu merupakan salah satu tradisi yang masih bertahan di Pulau Sumbawa.

Takat Sagele, mari bercinta bersama pasir putih

Takat Sagele - 7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa
Indahnya Perairan Laut Sumbawa | Sumbawa Besar
Air laut yang jernih, serta pasir putih menambah keindahan Takat Sagele ini. Takat Sagele masih berada di sekitaran Pulau Moyo. Paling tepat jika dilakukan pada musim kemarau, sepanjang bulan Mei hingga Agustus. Selain karena ombaknya yang lebih tenang.

Abadikan moment travelling kamu di atas pasir putih ditengah laut.  Kejernihan air laut yang mengelilingi Takat Sagele membuatmu dengan mudah menemukan ikan-ikan cantik yang berenang di bawah air.

Desa Budaya Samri, uniknya kreasi kre Alang Sumbawa


Kain Tradisional Sumbawa | Kabupaten Sumbawa
Desa Sampri, sebagai desa Budaya yang ada di Kabupaten Sumbawa. Sebagian Masyarakat Di Dusun Samri memilih untuk mencari penghasilan tambahan dengan cara menenun kain tradisional khas Sumbawa (Kre’ Alang).

Budaya menenun ini sebenarnya merupakan sebuah tradisi yang sudah turun temurun dilakukan sejak zaman Kesultanan Sumbawa.

Nah, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan kain Tradisional Sumbawa. Para calon pembeli bisa datang dan melihat langsung prosesnya pembuatannya. Atau hanya dengan memesannya ke agen-agen, karena kain tradisional tersebut tidak diperjual-belikan di toko maupun butik.

Harga dibandrol mulai dari Rp 1.250.000 hingga Rp 1500.000.

Untuk sapu’ atau penutup kepala sejenis slayer yang dijual Rp 250.000.

Untuk Pabasa atau selendang untuk pakaian pria Rp 600.000 dan

selendang wanita dibandrol dengan harga Rp 400.000.


Tanjung Pasir, Snorkling dengan sensasi berbenda

Memiliki pesona underwater yang sangat Indah dengan soft dan hard coral yang mempesona. Salah satu spot snorkling terbaik di Pulau Moyo dengan visibilitas air yang sangat jernih. Anda juga dapat menyaksikan kemunculan penyu serta menikmati sunrise dan sunset yang sangat memukau dari ujung tanjung ini

Nah, itulah 7 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Di Sumbawa, yakin nggak pengen balik lagi ke Sumbawa. Pesona Uniknya Luarbiasa... | NB

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot