Breaking

Post Top Ad

5 Oleh-Oleh Khas Pulau Sumbawa, yang No. 2 Pria Wajib Beli Ya!


ngibarbalang.id – Pulau Sumbawa, Sebuah tempat yang belum begitu dikenal namun sering di sebut-sebutdi hampir seluruh Indonesia.

...Kenapa? Aneh ya?

Inilah faktanya, saya pernah travelling ke salah satu wilayah di Pulau Sumatera dan Jawa. Dibeberapa tempat saya menemukan beberapa spanduk besar yang bertuliskan:

"...DIJUAL MADU SUMBAWA ASLI..."

Saya sempat iseng sih untuk mencoba menggali informasi kepada penjual, sebagian mereka tahu tapi sebagian besarnya tidah tahu Sumbawa itu ada di mana? mereka hanya tahu jika madu Sumbawa itu bagus dan memiliki khasiat tinggi.

Hingga di salah satu stasiun TV nasional pernah menayangkan iklan, dengan keterangan tulisan di pojok kanan bawa "Sumbawa" namun apa yang ditampilakan bukanlah identitas dari budaya Sumbawa, namun merupakan salah satu suku yang ada di NTT.

...Hahaha...

Beberapa orang yang ada di luar Sumbawa kerap keliru saat membedakan Sumba dan Sumbawa. 

...Ini Informasi benarnya!

Sumba atau Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Sedangkan Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat atau NTB,

Inilah beda guys!!! 

Dengan potensi wisata nan eksotik yang seru dan menyenangkan. Nah, jika sempat travelling ke Pulau Sumbawa maka ini list oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di Pulau Sumbawa ini.

1.  Madu Sumbawa, Madu Terbaik di Nusantara

oleh-oleh-khas-Sumbawa
Madu Sumbawa terkenal dengan Tingkat kualitas madunya

Madu Sumbawa sangat terkenal seantero Nusantara. Uniknya, orang di luar sana mengenal nama madu Sumbawa tanpa tau dimana itu Sumbawa. Jika kamu travelling ke Pulau Sumbawa, ini bisa menjadi hal pertama yang kamu beli.

Susah lho buat dapatin Madu Sumbawa...

Madu Sumbawa ini punya banyak khasiat untuk berbagai penyakit dan merupakan salah satu metode pengobatan cara Nabi Muhammad SAW. Madu ini menjaga imun tubuh dan menjaga kesehatan. Ada beberapa kemasan madu mulai dari ukuran botol kecil hingga ukuran jeriken sekitar 1 liter.

Kisaran Harga Rp 25.000 – Rp 250.000/botol

2. Susu Kuda Liar Sumbawa, Tingkatkan Stamina Lakimu!

oleh-oleh-khas-Sumbawa
Susu Kuda Liar, Untuk Kamuyang inggin Stamina meningkat

Susu kuda liar Sumbawa, pernahkah kamu mendengarnya! Saya yakin kamu pernah medengar nama yang satu ini. Susu Kuda Liar Sumbawa dipercaya sangat berkhasiat untuk stamina pria dewasa.

...Nah,

Bagi kamu yang ingin menjadi pria sejati, ini bisa jadi konsumsi kamu. so, rugi loh jika kamu ke sumbawa tak memburu oleh-oleh yang satu ini.

Untuk mendapatkan susu kuda liar ini, biasanya para traveller bisa memesan langsung di Desa penyaring. Biasanya mereka yang memburu susu kuda liar menginginkan yang fresh dan baru di perah.

Jika yang di beli di toko maka biasanya sudah di kemas dalam botol beling yang tebal. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran susu kuda liar itu sendiri dan ketika di bawa pulang susu tesebut tidak tumpah di dalam pesawat

Untuk Kisaran harga Rp 100.000 – Rp 600.000/botol

3. Minyak Gosok Sumbawa, Satu Minyak Untuk Banyak Khasiat

oleh-oleh-khas-Sumbawa
Lihat akifitas membuat minyak Sumbawa

Kalau yang satu ini agak sedikit mistis pembuatannya. Orang Sumbawa mengenal ini dengan sebutan “Malala” yaitu proses pembuatan minyak Sumbawa.

Minyak gosok Sumbawa terbuat dari bahan-bahan yang sangat alami, berupa akar-akar serta oleh sandro (ahli megic). Dengan bau yang khas, minyak Sumbawa akan memberikan khasiat yang luar biasa.

Untuk harga perbotolnya kirasan Rp. 30.000. 

4. Permen Susu Kuda Liar dan Kerbau Liar, Olahan Tangan yang nikmat dan Kaya Nutrisi

oleh-oleh-khas-Sumbawa
Pemen dengan Nutrisi Tinggi

Para pengerajin kuliner yang ada di Sumbawa mencoba mengkreasikan susu kuda liar menjadi permen. Untuk yang satu ini sangat mudah di dapatkan di Sumbawa. Di toko-toko seputaran kota Sumbawa sudah menyiapkan oleh-oleh khas sumbawa yang satu ini.

Walaupun terbuat dari susu kuda liar namun rasa sudah berbeda. Karena terkadang ada yang sedikit merasa aneh ketika pertama kali minum susu kuda liar so, ini bisa menjadi alternatif untuk merasakan susu kuda liar Sumbawa.

Untuk Kisaran harga sekitar Rp 15.00 - 20.000/kantong

5. Kre’ Alang, Tenun Khas Sumbawa yang Sangat Unik

oleh-oleh-khas-Sumbawa
Berburu Kre' Alang Sumbawa

Oleh-oleh yang satu ini merupakan kerajinan tenun yang ada di Sumbawa. Beberapa Desa di Sumbawa menjadi Pusat tempat pengerajin tenung khas Sumbawa. Seperti, Dusun Sampri, Desa Poto, Desa Lengas dan desa lainnya.

Nah, bagi anda yang hobi dengan hasil kreasi nusantara maka kamu bisa mencoba yang satu ini. Di jamin keren loh !!!

....So, 

jika kamu bertravelling ke Sumbawa maka inilah 5 daftar oleh – oleh yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar belanjaan kamu selam berada di Sumbawa.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot