Breaking

Post Top Ad

Sumbawa, Dulunya di Provinsi Sunda Kecil


Ngibarbalang.id – Sejarah panjang telah di lalui Sumbawa hingga menjadi seperti saat ini. Kabupaten Sumbawa, salah satu daerah yang ada dibagian timur Indonesia, tepatnya bertetanggaan dengan pulau Lombok.

Provinsi Sunda Kecil

Tau nggak, ternyata awalnya sumbawa tergabung dalam provinsi Sunda Kecil.  Nah, Kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara ialah gugusan pulau di sebelah timur Pulau Jawa, Indonesia, dari Pulau Bali di sebelah barat sehingga Pulau Timor di sebelah timur). Sebutan untuk pemerintahan di Tanah Samawa kala itu menjadi Namanya kala Swapraja Sumbawa yang bernaung di bawah Provinsi Sunda Kecil. Kalangan saat ini mungki tak pernah mendengar nama provinsi Sunda Kecil.

Oh ya, Swapraja itu maksudnya

wilayah yang memiliki hak pemerintahan sendiri. Istilah ini dipakai sebagai padanan bagi istilah pada masa kolonial Belanda. Daerah swapraja adalah salah satu bentuk yang diakui oleh pemerintah kolonial dan mencakup berbagai bentuk administrasi, seperti kesultanan, kerajaan, dan keadipatian. Status swapraja berarti daerah tersebut dipimpin oleh pribumi berhak mengatur urusan administrasi, hukum, dan budaya internalnya. (wikipedia)

Hal ini didasarkan pada pasal 18 UUD 1945 (sebelum amandemen) disebutkan bahwa:
"Pembagian daerah Indonesia atas daerah besar dan kecil dengan bentuk susunan pemerintahannya ditetapkan dengan undang-undang dengan memandang dan mengingat dasar permusyawaratan dalam sistem pemerintahan negara dan hak-hak asal usul dalam daerah-daerah yang bersifat istimewa".
Terbentuknya Provinsi Baru bernama Nusa Tenggara Barat


Selanjutnya, seiring waktu berganti dan zaman terus menunjukan perkembangannya maka terbentuklah provinsi baru, yaitu Nusa Tenggara barat atau lebih dikenal dengan nama NTB. Pembenrukan ini didasarkan pada Undang-Undang No. 64 Tahun 1958 dan Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1959 sebagai tonggak berdirinya Daswati I Nusa Tenggara Barat dan didalamnya terdapat 6 Deswati II yaitu: Daswati II Lombok Barat, Daswati II Lombok Tengah, Daswati II Lombok Timur, Daswati II Sumbawa, Daswati II Dompu, Daswati II Bima.

Note:
Deswati itu singkatan dari Daerah Swatantra Tingkat (menurut kamus Bahasa Indonesia online)

Ketentuan dalam pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1958 PS Kepala Daerah Swatantra Tingkat I NTB menetapkan likuidasi daerah Pulau Sumbawa pada tanggal 22 Januari 1959 dilanjutkan dengan pengangkatan dan pelantikan PS Kepala Daerah Swatantra Tingkat II Sumbawa Muhammad Kaharuddin III sebagai Kepala Daerah Swatantra Tingkat II Sumbawa. 

Penetapan tanggal 22 Januari sebagai hari lahirnya Sumbawa


Nah, setelah Kepala daerah Swatantra Tinggkat  I menetapkan likuidasi daerah Pulau Sumbawa pada tanggal tersebut maka berdasarkan Keputusan DPRD Kabupaten Sumbawa Nomor 06/KPTS/DPRD tanggal 29 Mei 1990 dengan jumlah kecamatan 14 terdiri dari Kecamatan Empang, Kecamatan Plampang, Kecamatan Lape/Lopok, Kecamatan Moyo Hilir, Kecamatan Moyo Hulu, Kecamatan Ropang, Kecamatan Lunyuk, Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Batu Lanteh, Kecamatan Utan Rhee, Kecamatan Alas, Kecamatan Seteluk, Kecamatan Taliwang, Kecamatan Jereweh.

Perkembangan selanjutnya dalam rangka mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 telah dimekarkan, sehingga menjadi 19 Kecamatan (ketambahan 5 kecamatan) yaitu: Kecamatan Sekongkang, Kecamatan Brang Rea, Kecamatan Alas Barat, Kecamatan Labangka, Kecamatan Labuhan Badas. Selanjutnya pada tanggal 22 januari tersebut hingga saat ini di kenang sebagai hari lahirnya Kabupaten Sumbawa. Hingga saat ini kita dapat melihat meriahnya kita akan menyambut datangnya tanggal tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya terjadi lagi beberapa pemekaran kecamatan hingga berkembang menjadi 25 kecamatan dengan tambahan 6 kecamatan baru yaitu, Kecamatan Tarano, Kecamatan Maronge, Kecamatan Unter Iwes, Kecamatan Rhee, Kecamatan Buer, Kecamatan Moyo Utara

Wacana yang berkembang saat ini, Pulau Sumbawa tengah mempersiapkan diri untuk pemekaran menjadi Provinsi Pulau Sumbawa dan Kota Samawa Rea serta beberapa persiapan untuk pemekaran kabupaten baru lainnya.

Sumber:
Sumbawakab.go.id
Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot