Breaking

Post Top Ad

Keren Abis! Desa ini Bercocok Tanam di Atas Atap Rumah


Ngibarbalang.id – kali ini saya ingi menguraikan kisah inspirati buat traveller. Nah, kali ini datangnya dari Negeri Tirai Bambu, China. Ada sebuah desa di negeri ini yang selalu kena bencana. Tepatnya Desa Jintai, sebuah desa di China yang kerap terkena gempa sembilan tahun yang lalu. penduduk Desa Jintai, sebuah desa kecil di dekat Kota Guangyuan, Provinsi Sichuan, China selalu berkeyakinan untuk dapat bangkit kembali menata desa mereka yang terobrak-abrik bencana gempa.
Berawal dari dampak bencana ini, bantuan pun datang dari firma desain, Rural Urban Framework, pemerintah daerah setempat dan juga lembaga non profit atau LSM.

Baca lainnya...
Wow! Muncung Pesawat ini Jadi Pesek di Tabrak Burung
What! Manusia Menikah Dengan Anjing dan Pohon
Ada Cinta di Pesisir Putih Pantai Leppu Labangka

Apa yang mereka lakukan mencoba menguraikan masalah dan menyelamatkan hampir 5 juta orang yang terkena dampa bencana tersebut. Kerjasama yang selaras akhirnya berhasil membangun kembali rumah-rumah yang menjadi korban bencana tersebut.

Setelah itu, apa yang terjadi....???

Apa yang dilakukan terhadap warga Desa Jintai mendapatkan hasil yang luar biasa, 5 juta penduduk dapat kembali tinggal di rumah yang baru di bangun tersebut.

Takdir berkata lain....!!!

Terlepas dari kecemasan menjadi gelandangan, kehilangan rumah atau dampak lainnya. Itulah yang dirasakan masyarakat Desa Jintai. Namun, pada tahun 2011 takdir berkata lain. Bencana tanah longsor menimpa Desa Jintai. Bencana tersebut menghancurkan konstruksi-konstruksi yang telah di bangun. Kecemasan masyarakat Desa Jintai kembali lagi, rumah mereka hancur oleh bencana tanah longsor.

Bangkit dari bencana kedua

Selanjutnya, para ahli yang berasal dari Universitas Hong Kong datang, mendesain dan membangun gedung perumahan dengan rancangan yang sangat luar biasa. Rancangan ini sangat fungsional, dan juga kuat terhadap bencana.

Kali ini para ahli menerapkan konsep “green building” pada perumahan penduduk Desa Jintai. Desainnya sangat unik sekali serta memperhatikan aspek kelestarian lingkungan. Setiap bangunan di rancang agar hemat energi dengan memanfaatkan pencahayaan dan ventilasi. Dan uniknya lagi, rumah ini didesain untuk dapat bercocok tanam di atas atap rumah, warga Desa Jintai dapat menanam sayur-sayur dan kebutuhan lainnya di atas atap rumah mereka. Sedangkan pada bagian dasar di bangun mirip ruko, jadi masyarakat Desa Jintai bisa berjualan hasli pertanian yang ada di atap rumahnya sendiri atau di konsep menjadi masakan siap.

Bagaimana, keren kan? Nah, ini bisa menjadi inspirasi hidup kita bahwa setiap ada musibah pasti ada hikmah di baliknya. Setiap ada bencana pasti ada hal yang lebih indah di baliknya.


Image source:
ikons.id

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot