Breaking

Post Top Ad

Ada Cinta di Pesisir Putih Pantai Leppu Labangka


Ngibarbalang.id – Gerimis menerpa di pagi itu kala saya sedang bersiap menuju kesuatu tempat yang sebagian orang menyebutnya dengan ‘surga yang tersembunyi di selatan Sumbawa’ dan ada juga yang menyebutnya sebagai ‘Tanah Lot nya Sumbawa’. Perjalanan di hari minggu itu khusus untuk menikmati indahnya alam ciptaan Yang Maha Kuasa, Pantai Leppu, itulah nama tempat yang saya maksudkan. Salah satu pantai yang ada di selatan Pulau Sumbawa. Walaupun namanya tak setenar pantai Tanah Lot bali atau Pantai Kuta Lombok tapi bisa dipastikan ada akan jatuh cinta dengan pantai Leppu ini. So, ada baiknya simak ulasan berikut ini.


1. Jarak tempuh menuju Pantai Leppu

Perjalanan menuju pantai leppu ini agak sedikit ektrem dengan beberapa tikungan serta tanjakan dan turunan yang curam. Jika dilihat dari google maps, penelusuran menunjukan jarak sekitan kurang lebih 85.2 kilometer. Dari kota sumbawa kita melalui jalur jalan raya Sumbawa-Bima. Dari kota sumbawa kita akan melintasi beberapa kecamatan mulai dari kecamatan Sumbawa, Kecamatan Lopok, Kecamatan Lape, kecamatan Maronge, Kecamatan Muer dan kecamatan Plampang. Nah, direngah kecamatan Pelampang kita akan berbelok ke kanan menuju labangka. Nggak perlu takut nyasar guys, di persimpangan yang ada di Kecamatan Plampang terlihat jelas gapura pintu masuk ke kawasan kota terpadu Labangka.

Dari kecamatan Plampang kita akan menuju Labangka dengan jarak sekitar 13 kilometer. Tak perlu cemas dengan perjalanan ini, fasilitas jalan raya sudah full hotmix hingga ke mendekati area pantai. Hanya sekita beberapa meter saja terdapat jalan yang belum beraspal. Jadi, tak perlu kwatir dengan perjalanan ke pantai leppu. Tepatnya berada di Desa Sukamulya – Labangka 3. Kenderaan roda dua atau roda empat bisa menjadi pilihan untuk menuju kepantai leppu, asalkan jangan berjalan kaki, hihi...bisa nyampenya minggu depan loh..!!! hahaha...


2. Manja kan mata dengan pemandangan indah

Sepanjang perjalanan ini, mata sangat di manjakan oleh pemandangan yang sangat indah. Tak sedikitpun merasa lelah ketikan akan melakukan perjalanan menuju pantai leppu. Jika musim tanam jagung maka sepanjang perjalanan akan terlihat iringan rapi barisan jagung disepanjang jalan menuju pantai ini. 

Tikungan-tikungan yang kita temukan selalu dihiasi dengan hamparan luas areal pertanian jagung warga. Tanjakan dan turunan yang curam tak akan membuat kita merasa takut malah sebaliknya akan menjadikan hal yang sangat menyenangkan. Karena ketika kamu menemukan tanjakan ektrem maka saat berada di puncak maka mata anda akan dihadiahkan pemandangan yang indah. So, wajib dinikmati perjalanan ini.


3. Romantisme di Pantai Leppu

Pantai leppu memiliki pemandangan yang eksotis, pasir yang ada dipantai ini berbeda dengan yang ada dipantai lainnya yang ada di Sumbawa. Pasir yang berwarna putih serta ukurannya agak besar, karakter pasirnya mirip dengan pasir yang ada di pantai kuta lombok yaitu pasir marica.  Selain itu, ada hal unik di pantai ini. Bebatuan besar dipantai ini mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali, itulah mengapa sebagai orang menyebutnya dengan Tanah Lotnya Sumbawa. Di atas batu ini akan menjadi spot yang sangat menarik bagi kamu penggila photography. Jernihnya air laut berpadu dengan tarian ombak yang saling berkejaran akan menjadi backround yang sangat indah saat akan berfoto. 


4. Riangan Ombak yang menerkam

Laut pantai Leppu masih sangat indah, belum tercemar oleh tangan jahil manusia tak bertanggung jawa. Pada dasarnya, keberadaan pasir putih tersebut menandakan bahwa sekitar pantai tersebut terdapat terumbu karang. Eiiiettt...!!! Jangan berniat untuk snorkling atau menikmati bawah laut Pantai Leppu, ombaknya besar. Kondisi ombak pantai Leppu sangat ganas dan sulit ditebak dan kondisi angin selalu kencang. Jika hendak mandi di pinggir pantai maka sedikit berhati-hatilah, jaga keselamatan anda dan anak-anak anda dari gulungan ombak yang ganas di pantai Leppu ini. Bermain rialah bersama ombak di pinggir pantai, jangan terlena dengan arus yang menyeret. Keriangan terkadang membuat lupa akan bahaya yang di timbulkan. Menurut catatan sejarah, pantai ini adalah salah satu pantai yang terkena Tsunami pada tahun 1977. Tak banyak catatan sejarah tentang kejadian tersebut. Hanya tercatat pernah terjadi tsunami hebat di kasawan selatan Pulau Sumbawa. Menurut perkiraan, terumbu karang di pantai ini hancur akibat Tsunami tersebut.

5. Urusan perut jangan lupa disiapkan juga

Oh ya..!!! ini juga penting brother, kalo ntar laper bisa memberontak itu perut, jadi terganggu menikmati pantainya. Siapkan beberapa hal penting seperti nasi, air minum ataupun makanan ringannya. Tapi bagi anda yang nggak mau ribet dengan yang beginian juga bisa beli di area Pantai leppu. Saat ini sudah ada yang berjualan di area pintu masuk Pantai Leppu selain itu area ini juga tidak terlalu jauh dari perkampungan warga desa Sukamulya. Tapi tak ada salahnya menyiapkan segala sesuatunya. Sedia payung sebelum hujan juga baikkan! Jika kamu yang berpergian menggunakan kenderaan roda empat, siapkan antimo ya...!!! siapa tau maboook!!! Masalahnya, jika sejak perjananan kamu sudah mengalami pusing dan muntah-muntah maka sepertinya kamu akan sia-sia berada di tempat seindah ini tanpa bisa menikmati dengan mood yang baik.

5. Upppss...Ini Poin yang paling penting. Tu..Lihat gambar..???

Tuhan telah berikan keindahan Alam buat kita, Tuhan telah ukirkan Pantai Leppu begitu Indah Lalu Tuhan juga sudah kreasikan pasir-pasir pantai Leppu begitu menawan. So, kita yang tinggal menikmati. Jadi sebaiknya menjaga kondisi pantai ini agar tetap menawan. Kondisikan agar bekas makan dan minum ada untuk di bawa pulang lagi atau letakkan pada tempat sampah.

Jika itu adalah sampah bawaan air laut maka tak ada salahnya setiap kita yang singgah menikmati pantai Leppu untuk memindahkannya ke tempat sampah. Itu artinya jika setiap orang memindahkan minimal satu sampah saja akan dapat mengurangi tumpukan sampah di atas pasir putih nan indah tersebut. 

Terakhir melakukan perjalanan November 2017 ke pantai Leppu, sudah mulai berserakan sampah bekas bungkus makanan dan minuman. Ini foto yang saya ambil di sebelah timur pantai Leppu. Alangkah ruginya kita yang sudah memiliki tempat nan menawan tapi tak terjaga kondisinya. Ntar Tuhan murka Loh..!!!! Keep clean honey...!!!

Nah, jika ada dalam kejenuhan maka pantai Leppu bisa menjadi solusi di hari minggu untuk melepas sejenak kepenatan dan kejenuhan selama beraktifitas anda. Rangkul sejenak orang yang anda cinta, manjakan sejenak segenap raga anda, refresh kembali fikiran anda dengan menghabiskan waktu liburan akhir pekan di pantai Leppu ini. Sesampainya anda di tempat ini, tak ada hal yang mengecewakan. Kejenuhan anda pasti dengan sendirinya kabur setelah menikmati eksotiknya pantai Leppu. Bermain dan bernarilah bersama indahnya ombak di pantai Leppu, teriaklah dengan lantang lalu lepaskan semua kejenuhan. Happy Sunday my brother and sister..!!!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot