Breaking

Post Top Ad

Wow! Negara di Pulau Kecil Ini Punya Gunung Terlangsing di Dunia


runganRemaja.com – Sebuah negara yang terdiri dari dua pulau yaitu pulau Sao Tome dan pulau Principe. Secara resmi negara ini disebut Republik Demokratik Sao Tome dan Principe. Dominan penduduk negara ini menggunakan bahasa Portugis. Apa kamu pernah mendengar nama negara ini?

Lebih detielnya, Republik Demokratik Sao Tome dan Principe adalah sebuah negara kepulauan yang terletak 300 km dekat garis khatulistiwa, dan 250 km dekat Samudra Atlantik dan terletak di sebelah utara-barat lepas pantai Gabon. wilayah ini merupakan salah satu negara terkecil yang ada di dekat Afrika. Sao Tome dan Principe terdiri dari beberapa pulau kecil bergunung api, dua nama pulau terbesarnya adalah São Tomé, dan Principe. Dan pada akhirnya nama dua pulau besar ini diangkat menjadi nama negara ini itu sendiri.

Sao Tome dan Principe Merupakan pulau-pulau yang subur. saking suburnya, Sao Tome dan Principe pernah menjadi produsen gula terbesar di dunia pada abad ke-20. Namun ternyata citra kopi lebih populer karena lebih banyak ditanam di lahan subur. Ini terjadi pada daerah koloni lain seperti Angola, Mozambik, Tanjung Verde, dll. Luasnya hanya 67% dari luas DKI Jakarta.


Uniknya, di negara yang terpisah oleh dua pulau ini terdapat sebuah gunung dengan catatan sebagai gunung terlansing di dunia.  Gunung batu yang menjulan setinggi 300 meter ini dan puncaknya berada 663 meter dari atas permukaan laut. Guys, kucaramannya mencapai 80 derajat. Bayangkan dengan kemiringan hingga 80 derajat, bukan itu akan membentuk seperti sebuah gedung pencakar langit.


Gila! Bisa di bilang gunung ini tak memiliki kemiringan. Pico Cao Grande atau Great Dog Peak, itulah nama yang disematkan pada gunung ini. Unik bukan! Mungkin pemandangannya akan lebih indah dari gedung pencakar langit yang ada di Dubai. Bayangkan, puncak gunung terlansing didunia ini selalu ditutupi oleh kabut. Sepertinya gunung ini akan menjadi penantang yang luar biasa bagi kamu seorang pemanjat tebing sejati. Beri coba!

Hal unik lainnya Adalah sebuah pulau kecil yang terletak dekat dengan Afrika. Daerah ini lebih sering diselimuti kabut tebal dan kelembaban di atas hutan yang ada disekitar pulau ini. Bayangkan, curan hujan dipulau ini mencapai 4500 mm sampai 5000 mm. Hal tersebut akan menjadi hal paling menarik kita menjelajahi pulau kecil yang satu ini. Sedangkan dikawasan selatan pulau terdapat area yang dijadikan Daerah Taman Nasional atau kawasan yang Dilindungi. Hal konservatif tersebut membuat pulau ini memiliki berbagai satwa yang unik dan langka.

ImageSource: tripadvisor.co.id

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot