Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Ngeri! Ini Akibat Jika Habis Sahur Langsung Tidur

Ngibarbalang.id – Tak terasa beberapa hari lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia, termasuk mereka yang ada di Indonesia.

Berbagai aktifitas unik akan kamu temukan selama ramadhan. Di sepertiga malam, kamu di sunahkan untuk bangun dan makan sahur. Makan sahur ini di maksudkan untuk dapat membantu agar tubuh kamu tetap dalam kondisi baik selama menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadhan ini.

Bayangkan tubuh kamu akan tanpa makan dan minum seharian sepanjang hari mulai dari masuknya waktu imsak hingga terbenamnya matahari di ufuk timur. Inilah sebabnya mengapa kamu di sunnahkan untuk

Mengapa langsung tidur setelah sahur berbahaya?

Secara medis, ketika seseorang mengkonsumsi makanan maka lambung yang akan bertugas mencerna semua sari makanan tersebut yang nantinya akan diserap oleh tubuh kita.

Nah, jika makanan tersebut banyak mengandung karbohidrat dan lemak maka setidaknya dibutuhkan waktu 2 jam untuk menghancurkan makanan-makanan tersebut sampai berubah menjadi sari pati makanan.

Dalam peleburan atau pengilingan makanan tersebut dibutuhkan suplai pembuluh darah yang tidak sedikit. Oleh karena itu ketika habis makan sahur sebaiknya tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang juga membutuhkan suplai pembuluh darah, seperti berolahraga atau aktivitas lainnya.

Sisi lainnya, jika kamu langsung tidur sebelum batas waktu 2 jam maka belum sempat menggiling habis makanan yang kita makan tersebut dan pada akhirnya akan dapat berakibat pada gangguan saluran pencernaan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh kita.

Itulah sebabnya mengapa kita akan terasa lemas ketika habis sahur langsung tidur, makanan yang kita makan tidak mampu berubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

So, itulah alasan secara medis mengapa kita disarankan untuk tidak langsung tidur sehabis makan sahur. Selain hal tersebut,  ada dampak negatif lainnya yang dikibatkan jika kamu langsung tidur sebahis makan sahur.

# Terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh


Kebiasaan tidur sehabis melakukan makan sahur akan dapat berisiko pada kegemukan sebesar 2 lipat. Hal tersebut bisa diperparah jika yang dikonsumsinya adalah makanan yang berlemak atau makanan yang digoreng. Kelebihan lemak pada 

Seorang profesor dari Southeast Missouri State University mengatakan bahwa jika sedang tidur maka akan terjadi peningkatan hormon Grehlin, seorang akan merasa lapar saat mereka bangun.

Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk kamu langsung tidur setelah makan sahur guys. Jika tak ingin berat badan mu turun, cukup atur menu dan pola kebiasaan sehat kamu.

# Anakan terjadi Peningkatan asam lambung pada tubuh kita


Ingat! Setiap makanan yang masuk kedalam tubuh kita dapat meningkatkan asalam lambung pada tubuh kita. Asam lambung tersebut dapat meniritasi sekitar dinding lambung kita.

Ketika itu, ulu hati dan perut kiri bagian atas akan merasa nyeri. Selai itu juga dapat menimbulkan rasa panas pada dada kamu. cobalah untuk menghindari langsung tidur ketika sehabis sahur.

Guys, biarkan makanan yang kamu makan tergiling dengan baik. Sehabis makan baiknya kamu duduk terlebih dahulu agar pencernaan makanan berlangsung dengan baik dan dengan demikian kamu akan dapat terhindar dari berbagai penyakit, khususnya kamu yang mengidap penyakit maag.

# Saluran pencernaan akan terganggu


Para pakar kesehatan menyarankan kamu untuk tidak tidur sekitar dua jam setelah makan sahur. Karena selama itu waktu yang diperlukan secara normal untuk mengosongkan lambung manusia.

Ketika sehabis sahur langsung tidur atau berbaring akan menghambat proses pengosongan lambung. Jika proses ini terhambat maka akan terjadi gangguan pencernaan makanan dalam tubuh kamu dan hal inilah yang akan menyebabkan terjadinya gangguan seperti diare atau sembelit.

Para ahli kesehatan juga menyarankan kamu untuk mengkonsumsi buah-buahan dalam menu sahur kamu. cobalah untuk menghindari makanan yang banyak menganduk lemak, gula atau kaffein selama makan sahur.

Hal yang demikian akan berdampak lebih baik untuk pola makan sahur yang labih baik untuk kamu.

# Stroke siap menyerang kamu



Penyakit yang satu ini sangat berbahaya. Beberapah tahun terakhir ini penyakit stroke sangat familiar dengan masyarakat Indonesia.

Banyak masyrakat yang terserang stroke, baik itu stroke penyumbatan maupun stroke pendarahan.

Nah, jika kamu kebiasaan tidur sehabis makan makan stroke penyumbatan akan siap menyerang kamu.

Bagaimana, mau kena serang stroke? 

Nggak kan...!!! 

So, ada baiknya kamu duduk santai dulu sehabis makan sahur. Lakukan aktivitas-aktivitas kecil sehabis sahur, misalnya berdzikir, membaca Alqur’an atau membaca buku, menulis ataupun hal lainnya. Kabiasaan-kebiasaan ini akan menjauhkan kamu untuk langsung tidur sehabis makan sahur.

Ketika lambung memproses makanan, aliran darah harus tetap terjaga. Saat tidur, otak juga membutuhkan aliran darah yang cukup. Apabila otak dan lambung bekerja dalam keadaan tidur makan darah akan terbagi. 

Dalam waktu yang agak panjang, kebiasaan tidur akan menyebabkan otak kekurangan oksigen dan hal tersebutlah yang menyebabkan kamu terserang stroke. Hindarilah tidur sehabis makan sahur jika tak ingin stroke menyerang kamu. 

Kamu tentu tak ingin berbagai penyakit mengerikan ini menyerang kamu kita sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, Ingat! Hindari hal-hal yang dapat merugikan kamu walaupun terlihat sangat sederhana.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot