Breaking

Post Top Ad

Anak Sakit Gigi...? Ini Hal Pertama Harus Anda Lakukan

Ngibarbalang.id -- Sakit gigi tak hanya dapat menyerang pada orang dewasa saja, namun juga dapat menyerang pada kalangan anak-anak. Rasa nyeri dan berdenyut tersebut menyerang pada gusi dan gigi. Rasa sakit tersebut sangat mengganggu, bahkan untuk makan pun terasa tidak nyaman.

Khusus pada anak-anak, terkadang sakit gigi tersebut akibat dari terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung bahan pemanis yang begitu tinggi.

Sisa-sisa makanan ringan yang dikonsumsinya itu menumpuk pada gigi. Dari tumpukan sisa makanan ringan inilah bakteri mulai berkembang biak pada gigi anak tersebut.

Bakteri inilah yang menjadi pemicu terjadinya rasa sakit dan denyutan pada gigi anak tersebut.


Selain itu, para orang tua juga harus waspada dengan penyakit-penyakit lainnya yang dapat menjadi pemicu rasa sakit pada gigi. Adapun penyakit yang dapat memicu rasa sakit pada gigi adalah sinusitis, angina, polip dan radang gusi.

Perhatian orang tua terhadap anaknya sangat penting. Banyak para orang tua yang kurang paham tentang penyakit umum yang dapat memicu rasa sakit pada gigi ini.

Tiba-tiba sang buah hati merasakan sangat ngilu pada giginya dan ketika itu orang tua kebingungan harus berbuat apa untuk mengatasi rasa sakit yang dialami oleh anaknya. Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika tiba-tiba anak anda merasakan sakit pada giginya.

#1 Es Batu bisa menjadi solusi pertama anda

Saat ini, hampir setiap rumah memiliki kulkas. Nah, bagian tubuh yang sakit akan merasakan efek mati rasa ketika di beri pijitan es batu. Ini bisa menjadi solusi pertama anda untuk menangani rasa sakit yang anak anda alami seketika.

Efek mati rasa yang dihasilkan dari pijitan es batu dapat meredamkan rasa sakit tersebut.

Sangat mudah sekali untuk melakukannya, ambillah sepotong es batu lalu letakkan pada bagian gigi yang sakit, pijat secara perlahan-lahan dengan dengan es batu tersebut. Rasa dingin yang menyentuh saraf akan dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi tersebut.

#2 Resep tradisional Minyak cengkeh

Cengkeh yang sudah diolah secara tradisional menjadi minya memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai minyak urut dan mengatasi rasa gatal juga dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit pada gigi. 

Caranya sangat sederhana sekali, oleskan minyak cengkeh tersebut pada kapas lalu tempelkan kapas tersebut pada bagian gigi yang sakit. Usahakan gigi sang buah hati anda menggigit kapas tersebut agar minya cengkeh yang terdapat pada kapas tersebut dapat meresap dengan baik pada gigi yang sakit tersebut.

#4 Kandungan Chavicol pada daun sirih dapat membunuh bakteri

Daun sirih sangat terkenal akan khasiatnya sebagai obat sejak zaman dulu. Pada daun sirih memiliki kandungan Chavicol  yang memiliki daya antiseptik sangat kuat sehingga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit tersebut.

Caranya sangat mudah, cukup selembar daun sirih lalu lipat daun sirih tersebut menjadi kecil. Stelah daun sirih dilipat menjadi kecil maka mintalah anak anda untuk menggigit ataupun mengunyahnya dengan menggunakan gigi yang sakit tersebut.

Dengan demikian maka daun sirih akan mengeluarkan cairan yang dapat mengobati rasa sakit pada gigi anak anda.

#5 Gunakan Bawang merah ataupun bawang putih

Bawang merah ataupun bawang putih selalu tersedia didapur anda, jadi anda akan dengan mudah bisa menemukannya.  Nah, kedua jenis bawang ini juga dapat menjadi solusi ketika anak anda tiba-tiba terserang sakit gigi.

Hancurkan bawang merah atau bawang putih dengan menggunakan pisau atau sendok makan, ambil bagian yang telah anda hancurkan tersebut lalu letakkan pada bagian gigi yang sakit. Saripati yang dikeluarka oleh bawang tersebut akan mampu mengobati rasa sakit yang sedang dialami oleh anak anda.

Nah, semoga anda tidak panik lagi ketika mendengan anak anda menangis karena giginya sakit. Ke lima resep sederhana ini bisa menjadi solusi anda dalam menangani rasa sakit yang dialami oleh buah hati anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot