Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

6 Aktivitas Ini Sederhana Tapi Mampu Melatih Kecerdasan Otak?


runganRemaja.com --  Ada kalanya kita merasakan bahwa kecerdasan kita tak sama seperti dulu lagi, bahkan semakin menurun dan terkadan kamu menjadi orang yang sangat mudah lupa akan sesuatu. Kecerdasan otak sebenarnya dapat dilatih dan ditingkatkan. Kecerdasan yang menurun bisa disebabkan karena kamu kurang melatih dan mengasah orak kamu. Nah, beberapa kegiatan sederhana ini mampu mengembalikan kecerdasan kamu yang telah menurun itu, dengan catatan harus dilakukan secara rutin,

#1 Game yang bisa mengasah otak

Jika kamu seorang gamer sejati maka ada baiknya kamu memilih beberapa game atau permainan yang dapat membantu melatih dan meningkatkan kecerdasan kamu kembali. Adapu contoh game atau permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak adalah Catur, sudoku,TTS, scrable dan jenis permainan sejenis lainnya.
Semakin sering kamu bermain beberapa permainan tersebut maka secara natural otak kamu akan dipaksa untuk mulai memikirkan langkah dan strategi hingga memenangkan permainan. Beberapa permainan tersebut juga melatih kamu bagaimana cara memecahkan suatu masalah.

#2 Yoga atau body balance

Yoga atau body balance dapat melatih tubuh menjadi seimbang dan otak mulai bekerja. Yoga juga menlatih konsentrasi kamu. Nah, jika kamu memiliki konsentrasi yang baik maka fikiran kamu akan tenang dalam memikirkan sesuatu, terhindar dari stres. 

#3  Lakukan aktifitas sederhana ini dengan tangan yang berlawanan

Hal ini memang terlihat sepele. Tapi jika kamu melakukannya secara rutin maka dapat membantu melatih kecerdasan otak kamu. Misalnya, menyikat gigi dengan tangan yang berlawanan, menyisir rambut dengan tangan yang berlawanan dari yang biasanya begitu juga dengan mengancing baju ataupun memegang mouse komputer kamu.

#4 Berhitung mundur ketika ingin tidur

Ini hal yang paling sederhana, biasakan diri kamu untuk menghitung mundur sebelum kamu akan tidur. Bisa saja kamu lakukan sambil berbaring. Misalnya dari hitungan 40 ke angka 1. Terlihat sepele, tapi hal ini juga dapat membantu melatih dan mengasah kecerdasan otak kamu. Lakukanlah secara rutin sebelu kamu akan tidur.

#5 Biasakan diri menghitung tanpa kalkulator

Membiasakan diri melatih otak menghitung tanpa kalkulator dapat merangsang daya ingat dan meningkatkan kecerdasan otak kamu. Mulai dari penjumlahan ataupu perkalian sederhana. Cobalah menghitung angka sederhana dengan menggunakan otak, hindari penggunaan kalkulator. Cara ini sangat sering kamu lewatkan, kamu lebih memilih menggunakan kalkulator ketimbang menggunakan otak dengan alasan agar lebih cepat. 

#6 Cobalah pulang kerja melalui jalur yang berbeda, atau berangkat kerja melewati rute yang tidak biasa

Jika kamu melakukan sesuatu yang sudah rutin kamu lakukan akan membuat otak tidak secara aktif bekerja untuk mengingat sesuatu. Nah, hal baru akan membuat otak anda mencoba untuk mengingat sesuatu sehingga otak akan dipaksa untuk bekerja secara aktif. 

Nah, beberapa kegiatan sederhana tersebut dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak kamu. Ketika otak aktif bekerja maka secara tak langsung akan membantu meningkatkan daya ingat serta kecerdasan kamu dalam berfikir. Lakukan beberapa hal sederhana tersebut secara rutin.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot