Breaking

Post Top Ad

Ulat Sagu, Kuliner favorit nan 'ektrim' asal papua


Kuliner yang satu ini berasal dari ujung timur Indonesia. Bagi anda yang baru mendengarnya mungkin akan terdengar jijik, bahkan mungkin anda tak ingin mencobanya. Tapi anda penasarankan?

Mungkin terdengar sedikit ektrim, ulat sagu menjadi kuliner favorit di papua. Ulat sagu ini memiliki kandungan yang sangat luar biasa. Bayangkan, dalam s100 gram ulat sagu terkandung sekitar 9,34 % protein. Itu artinya, kandungan protein pada ulat sagu lebih tinggi dari protein yang terkandung pada telur. Selain itu, ulat sagu bebas kolesterol. Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi jenis kuliner yang satu ini. 


Tak hanya protein, didalam ulat sagu juga mengandung asam aspartat 1,84%, asam Glutamat 2,72%, tirosin 1,87%, lisin 1,97% dan methionin 1,07%. Hal inilah yang membuat ualt sagu sangat baik untuk dikonsumsi. Masyarakat disana juga mempercayai bahwa ulat sagu dapat menjaga stamina tubuh tetap tinggi sehingga mereka selalu merasa fit dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Ulat sagu ini hanya akan dapat ditemukan ketika batang sagu yang telah ditebang membusuk dan disana akan bermunculan ulat-ulat tersebut. Ulat sagu ini tidak terdapat pada pohon sagu yang masih berdiri atau hidup. Masyarakat papuan biasanya menjadikan ulat sagu ini menjadi tumis atau digoreng dengan sambal dan sebagian dari mereka juga hobi untuk merebusnya.

Bagi anda yang baru merasakan kuliner khas papua ini mungkin agak sedikit aneh. Tapi, bagi mereka yang terbiasa mencicipi ulat sagu ini akan langsung mengatakan ‘lezat’. Nah, bagaimana..??? apa anda penasaran dengan kulirner yang satu ini??? Silahkan mencobanya...!!!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot