Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Ternyata! Desa Terbersih di Dunia Ada di Indonesia



runganRemaja.com -- Mungkin kita tak pernah menyangka jika predikat desa terbersih didunia berada di negara kita tercinta Indonesia. Di saat ibukota kita di hadapi dengan masalah sampah yang melimpah ternyata Indonesia memiliki sebuah desa dengan predikat Desa Terbersih didunia. Yuk simak ulasan berikut ini.

Dunia mungkin tidak familiar dengan sebuah negara yang bernama Indonesia. Akan tetapi, jika kita menyebut Bali maka seluruh dunia pasti pernah mendengar dan mengatakan bahwa punya impian untuk sampai kesana.



Tak ada yang menyangkal akan keanggunan dan keindahan pulau dewata Bali. Tak ada yang menyangsikan keunikan budaya dan tradisi Bali. Kuliner yang serba ada membuat Bali menjadi surga bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Mereka yang dari mancanegara mungkin tidak kenal nama Indonesia tapi hampir semua mereka punya impian untuk berlibur ke Bali, anehkah...???

Memegang predikat pulau terindah di Dunian pada tahun 2015 dan 2016 versi majalah wisata CN Traveller di Moscow, Rusia. Dan yang paling membuat kita bangga adalah salah satu dari tiga desa terbersih di dunia ada di pulau. Desa tersebut adalah Panglipuran. 


Tepatnya, desa ini terletak di kabupaten Bangli, Bali. Didesa ini dapat kamu termukan bangunan yang sangat unik dan khas. Hampir setiap bangunan yang ada di tempat ini sama bentuknya. Nah, jika kamu masuk ke area desa ini maka kamu tidak diperkenankan untuk mengedarai kendaraan yang tidak ramah lingkungan. Kamu hanya dapat mengelilinginya dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan seperti sepeda. Hal inilah yang membuat desa Panglipuran terbebas dari asap polusi. Desa ini juga tertata sangat rapi bertingkat dari hulu ke hilir, dari dataran tinggi diteruskan kedataran rendah. Natural, bersih dan asri menjadi hal yang akan kamu dapatkan di desa Panglipuran ini. Kamu seolah tengah berada di Surga, surga yang ada di dunia. Indah sekali..!!!


Mengulas sisi sejarah, nama Panglipuran ini memiliki makna pangelingan putra yang dapat diartikan sebagai hubungan yang sangat erat antara tanggung jawab dan tugas dalam menunaikan dharma agama. Selain itu panglipur juga dapat diartikan sebagai pengingat kepada leluhur, masyarakat desa Panglipuran ini menyakini bahwa nenek moyang mereka berasal dari desa Bayung Gede, Kintamani. Awalnya, desa ini bernama Kubu Bayung. Saat itu mereka diperintahkan oleh seorang raja untuk membangun sebuah proyek didaerah ini. Namun, masyarakat Kubu Bayung langsung memutuskan untuk tinggal ditempat ini hingga sekarang dan tempat inilah yang bernama Desa Panglipuran.
Nah, betapa bangganya rasa hati! Di saat beberapa kota besar yang ada di Indonesia tengah bermasalah dengan sampah mereka justru ada muncul salah satu desa yang ada di Indonesia ini menyandang predikat Desa Paling Bersih di Dunia.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot