Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Hebat! Ternyata Sumbawa Pernah Punya Pasukan elit Seperti Kopassus


ngibarbalang.id -- Tak banyak kita temukan uraian dan tulisan sejarah mengenai keberadaan dan situasi Pulau Sumbawa atau kerajaan Sumbawa. Hal inilah yang menjadi kendala untuk menggali lebih dalam lagi tentang masa lalu wilayah ini. Hanya ada sebuah catatan sejarah yang pernah di tulis seorang penulis Belanda bernama H. Zollinger. Dia pernah menuliskan bahwa
“Pada tahun 1674 kompeni mengirim Kapten J.F. Holsteijner memimpin tentara ke Sumbawa. Dia tak dapat berbuat banyak untuk mengamankan (situasi), sehingga pada tahun 1675 seluruh pos kompeni yang bernama Sukkelenberg lenyap di Sumbawa”
Sultan-sultan Sumbawa bersama para komandan pasukan Bala Cucuk ini selalu bersama-sama dengan rakyatnya yang sangat tunduk, patuh dan setia. Ternyata pasukan inilah yang menyebabkan hancurnya benteng Belanda ini. ‘pasukan Bala Cucuk’ inilah nama pasukan yang pernah dimiliki oleh kerajaan Sumbawa kala itu. Pasukan ini dilatih dan di perkuat. Nah, pasukan yang berintikan Bala Cucuk ini sangat terkenal kala itu. Hal ini dikarenakan semua komandan-komandan regunya kebal, badan-badan mereka anti peluru dan senjata tajam.

Pasukan ini selalu siap melawan ketika kompeni akan menyerang. Jika pasukan ini berperang melawan kompeni maka di belakangnya selalu siap para Nyaka yang juga terkenal kekebalannya. Para Nyaka ini selalu siap bersama dengan rakyat yang ada di wilayahnya.

Ada catatan sejarah mengatakan bahwa pada tahun 1674 pasukan kompeni datang ke Sumbawa dengan maksud ingin menyerang. Serangan dahsyat terjadi kala itu. Belanda datang dengan tuduhan bahwa Sultan dan bangsawan Sumbawa telah melakukan huru-hara dan selalu membajak setiap perahu yang lewat atau berlabuh di perairah Sumbawa.

Melihat Serangan super dahsyat tersebut, pasukan Bala Cucuk sudah siap di benteng Bala Balong untuk membalas serangan kompeni tersebut. Selain kekuatan fisik, pasukan Bala Cucuk ini juga dipersiapkan senjata yang tidak kalah dengan pasukan kompeni. Senjata-senjata ini didapatkan dari diplomasi gelap Sultan-sultan Sumbawa dengan Inggris melalui hubungan dagang di Singapura. Mereka menukar senjata-senjata tersebut dengan sarang burung layang-layang. Kemudian senjata-senjata tersebut diseludupkan masuk ke Sumbawa.

Nah, inilah pasukan elit yang pernah menghancurkan impian kompeni Belanda untuk menghancurkan serta menguasai Sumbawa. Pasukan Bala Cucuk, pasukan elit yang pernah dimiliki oleh kerajaan Sumbawa. Mungkin kita tak pernah mendengar nama ini disebut lagi, tak banyak dokumen catatan sejarah tentang Kerajaan-kerajaan yang ada di Pulau Sumbawa ini. Saat ini Benteng Kompeni Sukkelenberg sudah menjadi barisan pemukiman penduduk Sumbawa. Hanya terlihat perbukitan yang lebih tinggi dari wilayah pusat kota Sumbawa. Tempat ini menjadi saksi sejarah akan kehebatan Pasukan Bala Cucuk, Pasukan elit yang pernah dimiliki oleh kerajaan Sumbawa.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot