Breaking

Post Top Ad

Smartphone Bisa Buat Kamu Bodoh, Benarkah?


runganRemaja.com - Smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. Selain sebagai alat komunikasi smartphone juga cukup membantu sebagian orang dalam beraktivitas. Semakin canggihnya smartphone saat ini membuat segala informasi ada ditanggan kamu. Tapi, tahukah kamu jika penelitian mengungkapkan fakta menarik terkait dampak yang di akibatkan terlalu aktif dalam menggunakan smartphone. 

Berikut ini runganRemaja.com ingin mengulas tentang penggunaan perangkat smartphone secara berlebihan,

Sebuah penelitian di Universitas Waterloo, Kanada, mengungkapkan bahwa penggunaan Smartphone membuat seseorang malas dalam hal berfikir. Bener juga sih....!!! segala informasi dengan mudah untuk didapatkan. sSegala sesuatunya dengan instan didapatkan tanpa melalui proses berfikir dalam menemukannya. Hal inilah yang mendorong seseorang menjadi lebih malas dalam berfikir.
"Pengguna smartphone mungkin bisa mencari tahu informasi aktual ataupun bisa belajar dengan cara lebih mudah, namun mereka tidak mau melakukan upaya atau berpikir tentang penggunaan perangkat untuk itu," ungkap Gordon Pennycook, asisten penulis penelitian.
Dalam Penelitian itu menyatakan manusia sangat ingin menghindari menggunakan tenaga dan upaya lebih besar dalam memecahkan suatu masalah. Tanpa ada proses apapun dengan mudah untuk melakukan sesuatu. Hal inilah yang memicu proses berfikir dan ketajaman analisa menjadi berkurang. Beda halnya jika smartphone dijadikan sebagai perangkat pendukung akan informasi dalam rangka menambah referensi untuk suatu permasalahan, dengan kata lain membantu mengasah ketajaman menganalisa sesuatu.

Dalam studi ini juga menyebutkan bahwa pemikir intuitif ialah orang yang mengandalkan 'perasaannya secara terus menerus' dalam mengambil keputusan. Tipikal orang itu sekarang ini lebih cenderung mengandalkan mesin pencarian daripada berpikir analitis ataupun strategis. Segala sesuatunya dengan mudah didapatkan dari smartphone yang dimiliknya.

Copy dan paste dari sumber website tertentu yang memiliki kesamaan permasalahan. Hal ini perlu dihindari untuk membantu kepala agar tak lumpu dari berfikir dalam memecahkan masalah. Jangan asal 'Mbaaaaah Goooooogle' mari kita lati otak kita untuk tidak malas berfikir. 
"Penelitian kami mencari hubungan dan keterkaitan antara penggunaan smartphone dengan penurunan tingkat kecerdasan. Pertanyaan terbuka yang masih perlu penelitian di masa depan ialah apakah smartphone mengakibatkan penuruan kecerdasan?" tambah Pennycook.
Dears remaja, Otak kamu terlalu dini untuk malas berfikir. Selau asah otak kamu untuk selalu berfikir dan berproses dala suatu masalah. Hal ini akan membantu kamu untuk mempertajam daya analisa kamu terhadap sesuatu. Hal ini bukan berarti harus meninggalkan smartphone kamu, gunakan sebagaimana baiknya. Tanpa harus membuat kepala kamu malas untuk berfikir (pioode)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot