Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sehelai Daun Lontar ini Akan Menuntunmu Untuk Mengenal Sumbawa


ngibarbalang.id - Sumbawa, mungkin menjadi sebuah kata yang belum begitu familiar ditelinga kamu. Sumbawa merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Sumbawa sangat kental dengan adat budayanya. Banyak kamu bisa temukan bukti peradaban Sumbawa dimasa lampau, salah satunya adalah Satera Jontal. Sama seperti daerah lainnya, Sumbawa juga memiliki zaman pra sejarah. Zaman dimana ketika itu belum mengenal tulisan. Manusia saling berhubungan dengan menggunakan simbol-simbol atau dengan beberapa kosakata yang belum seperti sekarang ini.

Perkembangan zaman juga menuntut untuk menciptakan sebuah bahasa dan tulisan namun itu tidak serta merta langsung tercipta. Hal ini terjadi secara berangsur-angsur seiring zaman terus berganti. beitu juga halnya dengan masyarakat Sumbawa pada zaman tersebut, dengan menciptakan satera jontal bukti peradaban Sumbawa pada masa lampau.
Satera jontal bukan sebuah sastra dari tulisan, melainkan bagaimana simbol tulisan itu sendiri disepakati dan dijadikan alat untuk berkomunikasi dalam bentuk tulisan.
Satera Jontal merupakan kebudayaan kuno yang tersisa. Hingga saat ini kita masih bisa menemukan bentuk fisik dari tulisan tersebut. Satera Jontal diwujudkan dalam bentuk lambang, kemudian tiap-tiap lambang tersebut terdapat makna tersendiri.

Ada yang unik dari Satera Jontal ini, sarana yang digunakannya adalah daun lontar atau lebih dikenal dengan istilah jontal oleh masyarakat Sumbawa. Cara penulisan satera jontal juga terbilang ekstrim, sebab satera jontal Sumbawa, tidak di tulis mengunakan tinta, namun mengunakan bara api untuk menggores permukaan lontar tersebut sehingga berbentuklah kalimat. Peninggalan satera jontal masih ada di sumbawa hingga saat ini.

Nah, sehelai daun lontar 'Satera Jontal' inilah yang akan membuatmu makin penasaran dengan Sumbawa. Ada nilai sejarah yang tinggi terkandung didalam 'satera jontal' Sumbawa ini. Mudah-mudahan kedepannya satera jontal ini tetap terjaga dan akan tetap dilestarikan sebagai sebuah peradaban yang tak terlupakan. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot