Breaking

Post Top Ad

Manjareal, 'Si Manis' dari Kabupaten Sumbawa


ngibarbalang.id - Sumbawa memiliki berbagai macam jajanan khasnya. Jajanan-jajanan ini tak akan anda temui ditempat lainnya. Contohnya permen susu, Batu kumung, kue jijit, dll. Selain beberapa yang saya sebutkan tadi ada juga Manjareal, jajanan manis nan unik. 

Nah, berikut ini ngibarbalang.id akan mengupas sedikit tentang jajanan yang satu ini, yaitu Manjareal. Berikut penjelasannya,
'Si manis dari sumbawa' mungkin pantas untuk disematkan pada jajanan khas Sumbawa yang satu ini. 
Manjareal. inilah nama si manis dari Sumbawa tersebut. Bentuknya sangat unik sekali, yakni seperti simbol keriting (clubs) dalam kartu remi. Pertama kamu melihat pasti akan langsung penasaran ingin mencicipinya.

Manjareal dibentuk dengan daun lontar yang sudah dikeringkan. Daun lontar tersebut dibentuk menjadi tiga bagian dengan cara dilengkungkan tiga kali dan pada bagian bawahnya disatukan sebagai pegangan.

Cetakan daun lontar tersebut langsung menjadi kemasan unik untuk manjareal ini. Warnanya putih, teksturnya agak kering dan padat. Berbahan dasar kacang tanah membuat manjareal nikmat serta memiliki aroma yang sedap. Bentuknya padat akan tetapi ketika dimakan akan meleleh seperti sedang memakan gula donat.

Manjareal bisa kamu jadikan buah tangan ketika balik berkunjung dari Sumbawa. Anda bisa mendapatkan jajanan ini di berbagai tempat di Sumbawa. Seperti di toko oleh - oleh, toko makanan atau bisa juga datang langsung ke tempat produksinya.

Nah, sempatkan diri anda untuk membeli jajanan khas Sumbawa ini. Bentuknya yang unik dan rasanya yang sedap tak akan mengecewakan anda. selamat mencoba. (pioode)

2 comments:

  1. Replies
    1. Kalo produksi rata2 di wilayah pedesaan..tapi ada kok jual di beberapa toko...

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot