Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Inilah Situs Sejarah yang Ditemukan Dari Keusilan Seorang Aries Zulkarnain


ngibarbalang.id - Aries Zulkarnain adalah seorang sejarawan Sumbawa. Pria berpostur kurus tinggi ini sangat aktif dalam menggalikan sejarah-sejarah yang hampir lenyap di Kabupaten Sumbawa - Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Suatu Ketika, ada kegiatan syuting sinetron sapugara disekitar Ai-Beling, banyak warga dusun Kuang-Amo yang datang menonton kegiatan syuting. Nah, kala itu beliau juga berada di lokasi syuting tersebut, secara spontan beliau mewawancarai beberapa warga demi mendapatkan informasi yang lebih dalam lagi terkait benda-benda bersejarah yang ada disekitar perkampungan itu.

Dusun Kuang-Amo, itulah nama dusun ditempat itu. Akan tetapi masyarakat Kuang-Amo tidak begitu tau banyak tentang informasi benda-benda bersejarah itu. Hanya para pemburu benda bersejarahlah yang lebih tau lokasi-lokasi tersebut.

Pada Tahun 1993, Aries Zulkarnain diangkat menjadi kepala Seksi kebudayaan kebupaten Sumbawa, Ketika itu beliau langsung meminta Ibu Hayatun Nufus (Atun) pjs Penilik Kebudayaan kecamatan Moyohulu untuk melakukan survey ke lokasi. Beliau ingin menuntaskan pencarian benda-benda bersejarah ini. Setelah survey ke lokasi dilakukan serta mendokumentasikan benda-benda bersejarah tersebut dalam bentuk foto lansung dikirim ke tinggkat Provinsi untuk dengan harapan agar tim dari provinsi langsung turun untuk meninjau

Nah, berkat laporan inilah berturut-turut datang tim dari Bidang Peninggalan Sejarah dan kepurbakalaan (PSK) Kanwil Depdikbud Prop.NTB bersama Balar (Balai Arkeologi) Denpasar serta Pusat Arkeologi Nasional menelitian pada situs Tarakin dan Lutuk Batu Peti.

"Situs Tarakin berada sebelah barat Kuang-Amo, dengan perjalanan 3 jam yang berjarak sekitar 9 km di atas gunung Tarakin"
Untuk sampai ke lokasi situs ini kita harus melewati Objek wisata Ai Beling. Namun kondisi jalan agak sulit. Hal inilah yang menyebabkan tak banyak orang tau akan situs-situs ini. Dari hasil foto, Situs Tarakin ini menunjukkan bentuk relief manusia kangkang pada sarkopag. Berkat penemuan-penemuan benda sejarah ini, lokasi ini menjadi tujuan utama bagi para peneliti situs-situs bersejarah yang ada di Kabupaten Sumbawa. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot