Breaking

Post Top Ad

Inilah 'Sang Pencerah' dari Pulau Bungin Yang Siap Menginspirasi Anda


ngibarbalang.id - Nama Sahabudin mungkin tak sepopuler dengan nama bintang hollywood ataupun artis Indonesia. Namun ada sisi lain yang patut dibanggakan dari seorang Sahabudin 'tison' ini. Dialah Inisiator sekaligus pendiri Museum Bahari atau Museum nelayan yang berlokasi di Pulau Bungin, Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Didirikan pada tahun 2014, Tepat di pintu masuk ke Pulau Bungin tersebut.

Sang inisiator ingin menjadikan museum nelayan sebagai pusat studi peradaban maritime dan sebagai media edukasi karakter kebaharian anak bangsa. Gelagat Sahabudin ini membuat banyak pihak terkagum. 
Visi Meseum ini adalah menjadikan museum nelayan sebagai pusat studi peradaban maritime dan sebagai media edukasi karakter kebaharian anak bangsa.
Sedangkan misi Museum tersebut dintaranya menyelamatkan berbagai warisan kebaharian multidimensional. Menyerap berbagai pusaka kebaharian di berbagai pesisir, pulau-pulau kecil dan seluruh komunitas nelayan di Indonesia dan luar negeri.
Museum ini melibatkan pemuda dalam pengelolaannya. Berbagai kegiata edukasi dilakukan, serta menggali berbagai kearifan lokal yang ada di masyarakat. Sahabudin bersama pemuda lainnya juga tengah mengagendakan event-event yang berkaitan dengan kebaharian.

Mencintai peradaban maritime berarti mencintai sejarahnya. Mencintai sejarahnya berarti menyelamatkan warisannya. Menyelamatkan adalah tindakan, bukan berhenti pada sekedar memikirkan.
Inilah pandangan hidup seorang Sahabudin, sang inspirator dari Pulau Bungin. Semoga apa yang dilakukannya dapat menjadi contoh bagi semua kalangan pemuda. Tindakannya menjadi energi positif bagi pemuda dan gerakannya menjadi inspirasi hidup kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. (pioode)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot