Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Ini Gaya Anak-anak Tahun 90an Ketika Belum Mengenal Smartphone

runganRemaja.com - Kamu yang hidup di zaman sekarang ini mungkin akan terbahak-bahak ketawa ketika mendegarkan tutur ini. Kisah anak - anak yang hidup di tahun 90an. Inilah masa paling ajaib yang pernah ada dan di era tersebut belum banyak teknologi canggih yang bisa dinikmati oleh semua orang, seperti mobil, motor, bahkan telepon pun masih sangat jadul dan sedikit yang memiliki.

Eiiith...Jangan salah dulu, jadul bukan berarti mereka tidak bahagia. Justru di masa-masa itu adalah masa yang menyenangkan sekaligus membahagiakan, terutama bagi anak-anak. Tak ada permainan semahal saat ini, tak perlu merengek-merengek sama orang tua untuk beli mainan yang harganya mahal. Di masa itu, apapun bisa jadi permainan. 
Cukup bermodalkan Batu mereka sudah bisa bermain bersama-sama. 
Nah, berikut ini ulasan runganRemaja.com untuk masa ajaib itu.

1. Tak perlu merengek-rengek duit untuk beli permainan dan bermain bersama teman

Permainan Engklek begitu orang jawa menyebutnya. Mereka cukup membuat kotak-kotak  dan salah satu pemainnya melemparkan batu kemudian dia melompat pada tiap kotak dengan menggunakan satu kaki. Nah, jika garis terinjak maka mereka bergantian dengan yang lainnya.

Dan masih banyak permainan lainnya seperti permainan lompat tali, petak umpet, bentengan, dll. Permainan-permainan seperti itu membuat anak-anak di kala itu menjadi aktif dan kreatif. Tak perlu sedikit uangpun untuk itu.

2. Tak ada Pizza ataupun Humberger, Nyebutnya aja susah.

Jika kamu menyebutkan dua makanan ini mungkin anak-anak zaman itu maka mungkin yang aja dalam pikiran mereka adalah sejenis pesawat terbang. Untungnya jaman itu tak banyak jajanan yang mengandung zat kimia seperti beredar saat ini.

Nah, ini coklat terfavorite anak-anak jaman itu. Dan cara makanpun agak sedikit aneh, mereka akan merasa nggak puas kalo nggak di jilat-jilat bungkusannya....Hahaha..!!!

Bandingkan anak sekarang mainnya di Mall dan jajanannya aneh-aneh. 

Masih banyak hal lain yang menjadikan tahun ’90-an menjadi tahun yang unik dan ajaib. Contoh lainnya Jajanan rokok permen dan masih banyak jajanan lainnya lagi.


3. Kalau disuruh gambar pemandangan, pasti gambarnya kayak gini, Iya nggak?

Anehnya, pada jaman itu pasti hasilnya ini. Ada dua gunung kembar, truss ditengahnya ada matahari lagi terbit, ditambah lagi beberapa burung berterbangan disekitar situ. Nah, setelah itu pasti ada jalan lurus menuju ke tengah antara dua gunung itu. 

Anehnya, bila satu kelas ditugaskan untuk melukis maka 90% pasti seperti ini gambarnnya.


Inilah lukisan anak pada tahun 90an, entah siapa yang memerintahkan harus membuat pemandangan itu seperti ini...hahaha...!!!


4. Nggak perlu remot untuk menjalankan perahu ini?

Ini adalah perahu yang paling misterius kala itu. Tak butuh remot untuk dapat menggerakkan perahu ini. Mereka rela duduk sampai sore didepan bak cucian ibunya menonton perahunya yang sedang berlayar didalam bak.

Bagaimana, kereeen bukan. Tak seperti anak sekarang mainya gadget. Anak sekarang tak sekreatif mereka pada waktu itu. Smartphone jadi andalan permainan anak sekarang, tak ada smartphone maka mereka bisa jadi mati kutu tak ada permainan. Sedangkan youtube menjadi tontonan wajibnya. Dan Facebook sudah jadi kebutuhan mereka. Wooow, jauh sekali berbeda.


5. Inilah gadget paling canggih yang dimiliki kala itu
Hahaha...punya ini kamu bisa jadi paling keren diantara teman-temanmu. Nah, ketika memainkan ini kamu akan jadi pusat perhatian temanmu. Bahkan mereka mungkin akan mengelilingimu.

Nama gagdet ini adalah gameboard. Tapi karena minimnya pengetahuan bahasa inggris mereka menyebutnya dengan gimbot. Ada beberapa permainan yang tersimpan disini. Seperti, Susun Balok, permainan ular, dll.

Tapi kini sudah tak kita temukan lagi seiring dengan semakin majunya teknologi smartphone dan tampilannyapun sangat luar biasa. Isi permainannyapun bisa digonta-ganti. jika bosan, mereka tinggal download permainan baru lainnya. Sedangkan Gameboard hanya itu-itu saja isi permainannya.


6. Penghapus Paling murah dan dijamin nggka akan hilang 

Nah, ini adalah penemuan anak-anak pada era 90an, Penghapus anti maling. Tak akan ada yang mencuri penghapusmu. Ini mungkin menjadi penghapus termurah sepanjang sejarah, bisa masuk rekor MURI ni kawan-kawan. 

Tapi awas, kalo tulisannya nggak bisa pergi maka kertasnya yang bolong. Trusss, bekas hapus kalian pasti jadi hitam.

Kreatif bukan anak-anak waktu itu. Tak perlu menunggu duit ada untuk melakukan satu hal. Tak perlu menyusahkan orang tua untuk harus beli penghapus yang bagus. Tak ada rotan akarpun jadi.

Bandingkan dengan anak sekarang, jika kotak pensil nggak lengkap maka mereka mungkin tak akan mau berangkat kesekolah.


Nah, mungkin itu dulu sedikit ulasan dari runganRemaja.com tentang masa-masa ajaib anak tahun 90an. Bandingkan dengan saat ini, bagaimana anak-anak kecil jaman sekarang. Tak lepas dari smartphone. Pedahal dampak radiasi penggunaan smartphone bisa berisko panjang terhadap kesehatan mata anak. semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi kita semua dalam mendidik anak ataupun adik-adik kita. (pioode)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot