Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Basaturin, Ritual Leluhur yang Tersangkut Di Daerah Pesisir Sumbawa


ngibarbalang.id - Yang satu ini lain lagi, Masayarakat pesisir sumbawa menyebutnya dengan kata basaturin. Sebuah ritual yang dilakukan ketika masyarakat memiliki hajat tertentu.

Seperti apa sih ritual Basaturin ini...??? Jadi penasaran nih...

Nah, sejarah basaturin yang sering dilaksanakan oleh masyarakat pesisir sumbawa merupakan sebuah tradisi yang sejak lama ada. Menurut sejarah, diperkirakan ritual ini merupakan warisan dari masyarakat pendatang dari Bugis dan Makasar. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat pesisir Sumbawa merupakan keturunan Sulawesi (Bugis, Makasar, Selayar). 

Dalam ritual ini ada beberapa yang perlu dipersiapkan berupa ketan hitam (lege pisak), beras (loto) kuning dan putih, ayam dan pisang. Semua perlengkapan ini akan dimasukkan kedalam perahu kecil yang khusus di buat untuk keperluan upacara basaturin ini. Disini kamu akan menemukan orang yang menari (bajoge) dengan menggunakan keris yang diiringi dengan musik tradisional gong genang. 

Saat ini Basaturin menjadi bagian dari adat-istiadat yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Sumbawa khususnya mereka yang tinggal di daerah pesisir. Inilah tradisi, penuh dengan segala keunikan.

Lalu, dimana kita bisa menemukan ritual basaturin ini...???

Upacara basaturin ini dilakukan di pesisir pantai. Saat ini kamu bisa menemukan upacara ini di daerah-daerah pesisir Sumbawa. Misalnya Tanjung Menangis, Tanjung Bele, Liang Kele Labuhan Ijuk, Teluk Saleh, dll. Hingga saat ini kita masih bisa menemukan ritual basaturin ini. Hanya saja sedikit referensi tentang basaturin ini. Jika kamu ingin tau lebih tentang ini maka solusinya adalah datang dan saksikan Upacara Basaturin ini.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot