Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

7 Penemuan Remaja ini Bikin Dunia Terkagum


Ngibarbalang.id - Masa remaja merupakan masa dimana pencarian jati diri sangat tinggi. Hal-hal aneh akan rela mereka lakukan untuk dapat mencapai itu hingga terkadang lebih mengarah kepada hal yang bersifat negatif. 

Selain itu, pada masa remaja ini juga sebagian waktu mereka digunkan hanya untuk bersenang-senang. Ntah itu di sekolah ataupun jam diluar sekolah.

Nah, berbeda dengan beberapa remaja ini. Mereka justru membuat terobosan yang mampu mnecengangkan dunia. Di usia yang masih sangat belia mereka sudah bisa membuat sebuah penemuan yang sangat luar biasa.

Bahkan tak sedikit hasil pemikiran serta eksperimen yang mereka lakukan telah berbuah penghargaan yang tak ternilai harganya.
"Bagi orang yang menanam benih kebaikan maka dia akan menuai kebaikan pula"
Mereka ini hadir dengan penemuannya masing-masing. Mereka mampu mengubah stigma negatif masyarakat terhadap remaja. Ini dia beberapa orang tersebut,


1. Elif Bilgin 16 Tahun, Elif berhasil menemukan Bioplastik dari kulit pisang

Elif berasal dari Turki, remaja ini berumur 16 tahun. Dia berhasil mencengangkan dunia dengan penemuan plastik ramah lingkungan yang terbuat dari limbah kulit pisang.

Terobosan ini berawal ketika Elif mendapati kandungan pati dan selulosa yang terkandung dalam lapisan luar kulit pisang berguna untuk menjaga kesegaran daging buah pisang di dalamnya. 

Dia berharap penemuan ini mampu menjadi solusi dalam mengatasi polusi yang disebabkan oleh limbah produk plastik yang berbasis minyak bumi.

Terobosan Remaja Turki ini telah berhasil memenangkan hadiah utama dan uang tunai 50.000 dolar AS di Scientific American Science dan memenangkan gelar juara harapan di Google Science Fair. 


2. Remaja SMP yang menemukan Generator tenaga urin

Remaja SMP ini terdiri dari 4 kawanan. Mereka adalah Duro-Aina Adebola (14), Akindele Abiola (14), Faleke Oluwatoyin (14), dan Bello Eniola (15) telah membuat para peneliti didunia terkagum dengan temuannya. Mereka berhasil menemukan generator atau pembangkit listrik dengan tenaga urin.

"Kami mencoba untuk mengembangkan generator yang bisa menghasilkan daya untuk enam jam hanya dengan satu liter urin. Perangkat ini akan mengisolasi hidrogen dalam air seni agar dapat digunakan sebagai sumber energi. Hidrogen kemudian dimurnikan dengan filter air khusus, kemudian diekstraksi ke dalam tabung gas. Hidrogen ini kemudian dimurnikan sekali lagi dalam silinder yang menyaring semua cairan dari hidrogen tadi"

Ditengah keterbatasan mereka di Nigeria, para gadis remaja ini tertantang untuk melakukan sebuah terobosan dah hasilnya sangat mengagumkan dunia.


3. Boyan Slat 19 Tahun, Dialah remaja penemu Ocean Cleanup Array

Namaku Boyan Slat. Usiaku 19 tahun. Dan aku berasal dari Belanda 

Apa yang telah ditemukan Boyan...???

Nah, perangkat ini dapat membersihkan 20 miliar ton sampah plastik dari lautan di dunia. Boyan menciptakan perangkat terapung yang mampu mengumpulkan sampah plastik di lautan dan sekaligus mengolahnya kembali di saat yang bersamaan. 

Kreasi Boyan ini sangat tidak membahayakan bagi hewan laut atau plankton yang melaluinya. Ia mengemukakan bahwa dalam waktu yang sangat singkat perangkat ini mampu bekerja dengan maksimal. Saat ini Boyan sudah menjadi menjadi mahasiswa di Delft University of Technology

4. Param Jaggi 17 Tahun Penemu Algae Mobile

Kalo remaja yang satu ini beda lagi, Seorang remaja bernama Param Jaggi, murid SMA Plano East berusia 17 tahun telah menemukan teknologi yang memungkinkan sebuah mobil mengonversi karbon dioksida menjadi oksigen selagi dikendarai. 

Perangkat ini dilengkapi dengan fungsi ganggang atau algae yang mampu menyerap gas dan mengonversinya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis.

Penggunaanya dengan cara memasukkan perangkat ini kedalam knalpon kenderaan bermotor.

Param mendapatkan uang tunai 8.000 dolar selama beberapa tahun dan pada tahun 2011 lalu ia mendapatkan penghargaan di Intel International Science Fair.


5. Charger super cepat yang ditemukan oleh Eesha Khare 

Saat ini kita juga ikut merasakan manfaatnya. Hanya butuh 20 - 30 menit saja untuk mengisi gadget atau peralatan lainnya.

Hal ini adalah berkat temuan yang dilakukan oleh seorang murid SMA kala itu. Namanya Eesha Khare, seorang remaja berumur 18 tahun asal Saratoga, California.

Penemuan Eesha ini telah memenangkan Intel Foundation Young Scientist Award di Intel International Science and  Engineering Fair dan memenangkan hadiah uang tunai sebesar 50.000 dolar AS.

6. Jack Andraka 15 Tahun Penemu detektor kanker pankreas

Jack Andraka, seorang murid SMA berusia 15 tahun mencoba membuat teknologi yang memungkinkan kanker pankreas dideteksi sejak dini.

Temuan ini sangat mencengangkan dunia. Hingga pada akhirnya Jack bersama temuannya itu berhasil mengalahkan 1.500 kontestan dalam Intel International Science Fair.

Pemuda yang mengklaim dirinya sebagai pecandu ilmu itu berhasil menggondol hadiah utama sebesar 100.000 dolar.

7. Azza Abdel Hamid Faiad 16 Tahun dan temuannya tentang Biofuel dari limbah plastik

Azza berhasil menemukan cara agar sampah berbasis plastik yang menjadi problem kelestarian lingkungan dewasa bisa diubah menjadi sumber bahan bakar alami atau biofuel. 

Azza mengklaim telah menemukan katalis bernama aluminosilikat, yang akan memecah sampah plastik dan menghasilkan produk gas seperti metana, propana, serta etana, yang kemudian dapat diubah menjadi etanol. 

Negara Mesir sedang berusaha agar bagaimana temuan anak bangsanya agar segera dipatenkan dengan namanya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Nah, inilah beberapa remaja hebat yang patut kita acungi jempol serta menjadi inspirasi hidup kita sebagai remaja. Paling tidak kita mampu mengatasi permasalahan remaja yang penuh dengan hal yang mengarah ke negatif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot