Breaking

Post Top Ad

Kunjungi 5 Tempat ini, Maka Kamu Akan Terkagum Melihatnya

ngibarbalang.id - Pulau Sumbawa, mungkin nama ini agak sedikit asing ditelinga anda atau bahkan anda belum pernah mendengarnya. Pulau ini berada dikawasan timur Indonesia. Kabupaten Sumbawa adalah salah satu dari 5 kabupaten/ kotamadya yang ada di pulau Sumbawa ini. Kabupaten ini memiliki luas 6.643,98 Km2. Dengan kawasan yang luas ini sangat kaya akan sumber daya alamnya. Berikut ini 5 tempat yang akan membuat kamu terkagum-kagum dengan Sumbawa, 


1. Pulau Moyo



Pulau Moyo merupakan pulau terbesar yang ada di Kabupaten Sumbawa. Tempat ini bisa dijadikan sebagai tujuan wisata alam utama di Kabupaten Sumbawa. Pulau ini terletak di kawasan Teluk Saleh, dibagian sebelah utara Sumbawa dan dibagian ujung utara Pulau Moyo berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Dompu.

Panorama yang sangat indah dan menawan serta kawasan hutan yang natural dan mempesona yang dilengkapi habitat lengkap seperti kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) serta habitat-habitat lainnya yang dilindungi pemerintah dalam mengatasi kepunahannya. 

Selain itu, bagi pencinta snorkeling dan diving akan tercengang melihat keindahan bawah lautnya yang masih memiliki daya tarik tinggi. Warna-warni terumbu karang yang menghiasi dasar laut akan ditemui ditempat ini. Berbagai jenis ikan yang bermain diterumbu karang itu bisa dilihat ketika kita sedang berdiri diatas perahu.


2. Hutan Samongkat



Tempat ini sangat menarik dengan objek wisata alam pegunungannya. Selain pegunungan yang indah juga mengalir sungai yang jernih melalui celah bebatuan besar yang terdapat didalamnya. Wilayah ini merupakan salah satu sumber air terbesar di Sumbawa. 

Hal ini dikarenakan masih ditutupi oleh pepohonan hutan yang lebat yang masih alami. Kawasan Semongkat tidak terlalu jauh dari kota Sumbawa, sangat mudah dijangkau dengan kenderaan pribadi atau umum. Hanya berjarak sekitar ± 17 km dari kota Sumbawa Besar.

Beberapa hal yang sangat dikenal oleh masyarakat Sumbawa di area ini adalah sungai bebatuan yang mengalir air dicelah-celahnya serta madu lebah liar dari hutan Semongkat. Hutan Semongkat merupakan salah satu hutan yang ada di Sumbawa yang menghasilkan madu dari lebah- lebah liar yang mendiami dihutan tersebut.


3. Liang Petang



Liang Petang terletak di desa Batu Tering kecamayan Moyo Hulu dengan jarak 29 km dari kota Sumbawa Besar. Sebagian orang juga akan merasa asing dengan nama tempat ini. Dalam bahasa Samawa (Bahasa lokal Sumbawa) “Liang” berarti gua dan “Petang” berarti malam/gelap. 

Mungkin hanya sebagian kecil warga Sumbawa yang pernah sampai ketempat ini. Hal ini dikarenakan tempatnya yang sulit dijangkau ataupun belum begitu banyak informasi mengenai tempat ini. Ada dua hal unik ditempat ini, yaitu:

Gua alam yang di dalamnya terdapat batu yang mirip manusia.

Di sekitar gua ini terdapat gua lain yaitu gua kelelawar yang oleh masyarakat setempat sering disebut sebagai Liang Bukal. Tidak hanya itu aja Liang Petang juga merupakan salah satu gua dengan ornamen stalagmit yang terbaik yang ada di indonesia. Liang Petang merupakan sebuah gua alam dimana didalamnya terdapat batu yang mirip manusia, balai-balai (pantar), alat tenun, dan juga dipenuhi stalagnit dan stalagtit.


4. Pantai Ai Manis



Pantai Ai Manis, nama yang aneh. Mungkin itulah yang terdengar dari seseorang yang baru mendengar nama ini. Pantai ini merupakan bagian dari pesisir Pulau Moyo. Pantai ini memiliki daya tarik yang sangat tinggi sebagai tempat berwisata alam. Ada beberapa hal yang dapat kita jumpai ditempat ini, yaitu:

Ada Pantai Pasir putih disini
Sangat jarang kita temui pantai dengan keindahan pasir putihnya dan disertai air laut yang jernih. Sehingga membentuk perpaduan yang sangat indah antara pantai pasir putih dan air laut yang membentuk diri berwarna kebiruan.

Terdapat terumbu karang yang berwarna-warni
Terumbu karang yang indah merupakan hal yang utama bagi para pengunjung yang ingin bersnorkeling. Keindahan dalam laut sangat susah untuk kita jumpai, tidak semua dasar laut memiliki keindahan terumbu karangnya.

Kaya akan habitat ikan
Terumbu karang yang masih utuh membuat banyak habitat ikan yang bermain disekitarnya. Ditempat ini akan kita jumpai berbagai macam jenis habitat ikan, kebutuhan anda akan keindahan dalam laut akan anda dapatkan ketikan anda melakukan snorkeling atau diving ditempat ini.
Itulah berbagai hal yang ada di Pantai Ai Manis ini. 

Persembahan alam akan keindahan dapat kita jumpai disini. Hal ini dikarenakan tempat ini belum pernah tersentuh oleh apapun.

5. Desa Tepal



Mendengar kata 'TEPAL', kita pasti akan ingat nama sebuah negara kecil yang bernama NEPAL. Nama tersebut ternyata hampir sama dengan nama salah satu desa yang ada di daerah Sumbawa. Apakah persamaan dari kedua wilayah ini, Nepal sering disebut-sebut sebagai negeri atap dunia, maka Desa Tepal ini juga disebut sebagai desa atap Sumbawa. 

Desa Tepal merupakan Puncak tertinggi Sumbawa Besar. Daerah ini dihuni oleh masyarakat dengan pola kehidupan tradisional yang mengandalkan hasil alam dan perkebunan kopi. Desa ini menyimpan sejarah dan keindahan alamnya dan salah satunya bisa dilihat dari sebuah situs Batu Tulis yang terletak di sebelah barat Desa Tepal berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan kaki dengan melewati hutan dan medan perbukitan.

Rumah-rumah penduduk yang menampilkan khas rumah Suku Sumbawa adalah pemandangan unik yang membuat anda seperti memasuki atmosfer yang berbeda dari tempat lain yang pernah anda kunjungi. Kekhasan desa ini, berikut lumbung-lumbung beratap alang-alang sebagai tempat penyimpanan hasil pertanian, berjejer rapi tak jauh dari pemukiman penduduk. Desa ini merupakan salah satu tempat bertahan saat letusan Gunung dahsyat Tambora pada tahun 1815.


Inilah beberapa tempat yang masih memiliki daya tarik yang luar biasa. Keindahan alamnya sangat spektakuler dan natural dari Sang Pencipta Semesta ini yang merupakan persembahan untuk bangsa Indonesia tercinta. Kita wajib kita menjaga kelestariannya. Kerusakan alam akan sangat berdampak pada kelangsungan hidup mahluk didalamnya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot