Breaking

Post Top Ad

Kamu Wajib Baca 5 Hal ini Jika Ingin Perjalanan Mudik Aman dan Selamat


runganRemaja.com - Momen lebaran merupakan hal yang paling dinanti bagi setiap umat muslim dimanapun berada. Terutama bagi mereka yang berada dan bekerja diluar daerahnya. ketika menjelang hari lebaran tiba, berbondong-bondong orang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga, berkumpul bersama keluarga seperti dulu. Inilah momen yang ditunggu-tunggu banyak orang.

Nah, jangan sampai moment yang ditunggu –tungu ini sirna hanya karena kamu tidak memperhatikan beberapa hal sepele yang berakibat fatal pada perjalanan mudikmu nanti.

Jika Anda ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, entah itu mobil atau sepeda motor, maka kamu wajib perhatikan beberapa hal berikut ini agar perjalanan mudik Anda terasa aman dan nyaman hingga sampai di tujuan:


1. Periksa Kondisi Kendaraan Anda, pastikan kendaraan anda dalam kondisi terbaik.

Banyak hal yang harus anda perhatikan. Misalnya, Periksa kondisi ban, kaca spion, lampu, rem, kompling dan lainnya. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan berfungsi secara sempurna. Hal sepele ini akan menghambat perjalanan anda jika tidak diperhatikan dengan baik. Luangkan waktu kamu sehari khusus untuk mengecek kendaraanmu. Jika perlu bawa kepada ahlinya alias bengkel servis.


2. Bawalah Peta Jalur Mudik

Pada jaman modern ini, banyak kemudahan yang bisa kamu pergunakan untuk mempermudah perjalananmu. Jangan sampai terhambat hanya karena kamu nyasar kesana-kemari. Kamu bisa menggunakan smartphonemu untuk memastikan bahwa jalur yang kamu lalui adalah jalur yang tepat. Kamu bisa melihat peta jalur mudik di smartphone

Peta jalur mudik sangat bermanfaat untuk mengetahui jalur-jalur alternatif secara detail jika ternyata nanti terjadi kemacetan di daerah tertentu. Juga untuk mengetahui info nomor telepon penting, restoran, SPBU, ATM, dan bengkel siaga di sepanjang rute perjalanan mudik. Ini sangat penting sekali, jangan sampai kamu abaikan.


3. Siapkan Komponen Cadangan Kendaraan agar kamu tak perlu repot ketika sedang melakukan perjalanan.

Segala kemungkinan akan bisa saja terjadi selama melakukan perjalanan. “Sedia payung sebelum hujan” mungkin ini lebih tepat bagi kamu yang akan melakukan perjalanan mudik.

Khususnya persiapan untuk kendaraan kamu, siapkan segala sesuatunya, terutama untuk komponen yang memiliki resiko tinggi mengalami kerusakan. semisal: ban, bohlam, sekring, tali kipas, minyak rem, dan oli. Dan jangan lupa untuk membawa peralatan standar lainnya.


4. Kemas barang anda sebaik mungkin. Atur tiap posisi barang tersebut.

Ada beberapa barang yang biasanya kita butuhkan didalam perjalanan. Nah, barang-barang seperti ini jangan diletakkan paling bawah. Atur posisi barang seperti ini pada bagian atas agar nantinya mempermudah anda ketika membutuhkannya tanpa harus membongkar isi lainnya.


5. Kondisi badan kamu harus prima, istirahatlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan.

Pastikan ini anda lakukan. Jika tujuan mudik Anda cukup jauh, pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum bepergian. Jangan sampai kondisi anda tidak prima saat melakukan perjalanan. Ini sangat menggangu perjalanan anda.

Beristirahatlah setiap beberapa jam sekali atau jika mata sudah terasa mengantuk saat di perjalanan. Jangan paksakan untuk melanjutkan perjalanan ketika anda sengan ngantuk, ini sangat berisiko tinggi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi Vitamin atau suplemen penambah tenaga agar tubuh tetap fit.


Lakukan 5 hal ini sebelum anda melakukan mudik, demi kenyamanan dan keselamatan selam kamu melakukan perjalanan mudik ini, ingat keluarga kamu merindukanmu.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot