Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jika Pulau Sumbawa Jadi Provinsi Maka 5 Tempat ini Siap Menjadi Surga bagi Kamu


runganRemaja.com - Provinsi Pulau Sumbawa makin kian melekat bagi masyarakat yang ada di Pulau Sumbawa. Ada Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. 

Masing-masing Kabupaten dan Kota ini sudah memiliki Identitas Wisata yang spektakuler, sangat natural dan tak kalah dengan yang ada di Bali dan Lombok. Nah, ketika Pulau Sumbawa berdiri sendiri maka beberapa tempat ini akan menjadi suguhan indah buat kamu yang akan melakukan kunjungan wisata ke daerah ini. berikut penjelasannya.


1. Ada Gunung Tambora yang membelah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Gunung Tambora adalah sebuah stratovolcano aktif yang terletak di pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu pada sebagian kaki sisi selatan sampai barat laut, dan Kabupaten Bima pada bagian lereng sisi selatan hingga barat laut, dan kaki hingga puncak sisi timur hingga utara), Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya pada 8°15' LS dan 118° BT

Fakta terkini terlihat jelas bahwa gunung Tambora mulai dikagumi para pendaki dari tanah air hingga manca negara. 'Tambora Menyapa Dunia' pernah diselenggarakan untuk meningkatkan grafik pengunjung. Hal tersebut terlihat sangat sukses dalam rangka memperkenalkan gunung yang pernah meletus pada tahun 1815 ini. Hampir setiap pecinta alam, khususnya para pendaki gunung mulai mebicarakan tentang tambora. 


2. Pulau Moyo, Surga Sunyi yang ada di kabupaten Sumbawa

Kepopuleran Pulau Moyo juga mulai menjadi tranding di kalangan pencinta wisata, gaungnya sudah mulai terkenal hingga ke mancanegara. Secara geografis, Pulau Moyo adalah sebuah pulau yang berlokasi 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Ini bukanlah pulau tak berpenghuni, banyak perkampungan yang bisa kamu jumpai disini. hanya jaranknya agak berjauhan. Pulau Moyo memiliki cagar alam taman nasional. Pulau Moyo yang berada beberapa kilometer dari pantai utara dan pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat untuk babi hutan, biawak berikut 21 jenis kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera pemakan kepiting, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura.


3. Gua Mumber yang siap buat anda tercengang.

Konon gua ini merupakan gua peninggalan manusia purba dan di dalam gua tersebut terdapat sungai dan didalam sungai tersebut hidup Ikan Tuna yang menurut cerita umurnya sudah ratusan tahun.

terbentuknya goa ini merupakan proses dari pengangkatan material dasar lautan, didalam gua terdapat batu–batu yang memiliki bentuk yang unik, stalagtit dan stalagnit yang indah. 

Selain pemandangan alam disini juga kamu bisa menikmati rindangnya pepohonan hutan yang masih sangat natural. Lokasi Gua Member terletak di Kecamatan Brang Rea, Desa Bangkat Monte. Jarak dari ibukota Kabupaten kira–kira 27 Km. Hanya saja akses yang masih sulit untuk menjangkau, tapi bagi mereka sang petualang sejati maka inilah hal yang mereka cari.


4. Pantai Lakey, Surganya bagi para peselancar. 

Bagi mereka para peselancar, Pantai Lakey mungkin tidak lagi asing ditelinga mereka. ini adalah tempat yang sangat spektakuler untuk beselancar. 

Ombak kidal? 

Mungkin kamu belum pernah mendengar istilah ini, Jika ingin tau tentang ini maka kunjungilah Pantai Leakey. Saat ini sebagian besar yang datang ke Pantai Lakey adalah wisatawan asing. Lokasi pantai ini ada di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.



5. Desa Tepal, Desa di atas awan

Mendengar nama ini anda pasti akan mengingat nama sebuah negara, Nepal. Jika Nepal merupakan negara yang berada di puncak dunia sama halnya dengan Tepal juga berada di puncak tertinggi yang ada di Sumbawa.

Sebuah desa di Pegunungan Batulanteh, Sumbawa, desa ini sangat memegang teguh tradisi yang telah diturunkan dari para leluhurnya. Berada di ketinggian mencapai 900 mdpl mejadikan desa ini dengan kondisi yang sejuk dan hijau. desa ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Hanya saja andrenalin anda siap terpacu jika ingin menginjakkan kaki ke desa ini. Perjalanan menuju Desa Tepal harus menggunakan kendaraan off-road bermesin 4x4 yang menghubungkan kota dengan desa. Tanjakan dan turunan curam menjadi teman setia dalam perjalanan menuju desa ini. Desa Tepal  ini merpuakan salah satu desa yang selamat dari letusan maha dahsyat Gunung Tambora.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot