Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Singgah di Pulau Vulkanik Satonda

runganRemaja.com - Pulau Satonda adalah pulau dengan posisi, 8 derajat 7 menit Lintang Selatan dan 117 derajat 45 menit Bujur Timur. Pulau ini termasuk pulau di kawasan Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Kabupaten Dompu. 

Letaknya berada di Arah Barat Laut gunung Tambora. Banyak hal yang bisa kita temukan disini, danau yang ada ditengahnya sempat mendapat julukan danau purba. Nah, berikut ini penjelasan dari runganRemaja.com tentang Pulau Vulkanik Satonda.

1. Danau Matitoi bikin kamu tak ingin pulang, 

Jika danau lain memiliki air tawar, danau Satonda terkenal dengan air garam. Bahkan, danau mengandung garam melebihi dari kadar air laut. Danau Satonda ataupun Matitoi juga sering digunakan sebagai objek studi oleh para peneliti di luar negeri karena keunikannya.

Dua ilmuwan Eropa bernama Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak meneliti Danau Matitoi pada tahun 1984, 1989 dan 1996. Kedua peneliti ini sangat takjub dengan keberadaan danau satonda ini. Mereka pada akhirnya memutuskan untuk melakukan penelitian pada tahu tersebut. 

Hasil studi mereka menunjukkan bahwa Danau Satonda adalah fenomena langka karena air asin dengan tingkat alkali jauh lebih tinggi dari pada air laut biasa. Tak banyak tempat mereka temui sama dengan kasus yang ada si danau Satonda. Mereka menyebutkan ini dengan fenomena langka.


2. Inilah danau purba yang layak dan wajib untuk kamu kunjungi.

Kawah Satonda menyerupai angka delapan dengan diameter 950 meter dari selatan dan 400 meter dari timur. Danau ini terbentuk dari letusan Satonda ribuan tahun yang lalu . Usia Gunung berapi Satonda ini diduga lebih tua dari Gunung Tambora. 

Pada awalnya kawah ini berisikan air yang segar, setelah terjadi tsunami yang besar akibat letusan Tambora mengakibatkan air didanai matitoi ini berubah menjadi asin seperti sekarang ini.

Melihat di google maps sepertti lubang ditengah pulau, dahsyatnya letusan tambora pada tahun 1815 hanya menyisakan separuh pada bagian bawah dan puncak datar dimana kawah raksasa (danau Matitoi) menganga di sana…wooow,,ini sangat luarbiasa.


3. Ada snorkeling di sisi pulau satonda.

Ini adalah tempat yang menarik untuk kamu kunjungi, lelahmu akan terbayarkan semuanya disini. Di sisi pantai pulau satonda ini kamu dapat menikmati pantai yang memiliki pasir putih. 

Kamu bisa melakukan snorkeling, menikmati keindahan alam laut dengan terumbu karang yang indah dan keanekaragaman kehidupan laut. Air yang super jernih ini akan memanjakan pemandanganmu akan terumbu karang dibawah laut pulau satonda ini. Siapkan semua peralatan anda untuk memanjakan diri dengan snorkeling di Pulau Vulkanik Satonda ini.


4. Bagi kamu mancingmania, ada spot special untuk kamu, don’t worry.

Selain itu daerah di sekitar pulau adalah tempat memancing yang bagus. Bagi kamu penikmat mancing maka kamu tak akan pernah menyesal untuk sampai disini. Di depan pulau satonda sudah masuk area teluk saleh, aquarium terbesar dijagat raya ini. Siapkan semua perlengkapan anda, karena tida ada fasilitas penyewaan disini.

Guys, apakah kamu termasuk orang yang merugi karena belum pernah menapakkan kaki dipulau satonda. Nah, prepare yourself, invite your partner untuk join ke tempat ini. Yakin guys, ini akan jadi pengalaman yang tak akan terlupakan buat kamu. Seumur hidup…!!! #pioode

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot