Breaking

Post Top Ad

Hal ini Akan Menghipnotis Kamu Ketika Berada di Ai Mata Jitu Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa


Ngibarbalang.id - Rimba hutan mengelilinginya, hanya terdengar gemercik suara air ditengah kesunyian alam yang sempuran. Ai Mata Jitu, inilah nama yang disematkan kepada tempat ini.

...Ai Mata Jitu?

Namanya sedikit unikkan?

Lokasinya tersembunyi di balik Hutan Pulau Moyo. Lebih tepatnya Di Pulau Moyo, sebenarnya di Pulau Moyo ini terdapat beberapa air terjun yang sangat indah dan salah satunya yang paling indah dan fenomenal adalah Air Terjun Mata Jitu yang terletak di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Anyways, tau nggak lokasi yang saya maksudkan itu dimana?

Jika kamu yang berada atau tinggal di Pulau Sumbawa, sebutan Pulau Moyo mungkin sudah tidak asing di telinga kamu. Sebuah pulau yang membentang panjang di sebelah utara Kabupaten Sumbawa.

...Indahnya lagi,

Pulau Moyo ini berhadapan langsung dengan view nan cantik dari Gunung Tambora serta panorama indah teluk Saleh.

Back to topic...

Nah, ditengah Pulau Moyo ini terdapat sebuah air terjun yang sangat indah bernama Ai Mata Jitu, di awal sudah saya sebutkan tadi.

Mengapa saya mengatakan bahwa Ai Mata Jitu ini akan menghipnotis Kamu Ketika Berada di Pulau Moyo.

Berikut beberapa hal yang saya maksudkan:

1. Pemandangan asri dengan pepohonan hijau alami di tengah Pulau Moyo. 




Letaknya ditempat yang jauh dari pemukiman dan keramaian membuatnya berkembang secara sendirinya. Tak ada sentuhan tangan-tangan sang penguasa disini.

Air terjun ini telah menjadi bagian cagar alam Indonesia ini konon telah terbentuk jutaan tahun lalu. Perpaduan air terjun yang berwarna hijau tua dan muda akan membuat anda terlena.

...Look at the picture!

Bayangkan aja seperti apa pesona Air Terjun Mata Jitu yang ada di Pulau Moyo ini, yakin kamu nggak terpesona tempat yang satu ini?

I am not sure...!

Saya berkeyakinan bahwa saat kamu melihat foto-foto spot Ai Mata Jitu yang ada di Pulau Moyo ini dan jiwa travelling kamu mulai memberontak seakan hendak menyeret raga kamu untuk pergi kesana...

....Benarkan?

2. Air terjun Mata Jitu memiliki empat undak dan tujuh kolam. 





“Mata jitu” diartikan sebagai mata air yang jatuhnya tepat mengenai kolam di bawahnya.

...Jadi didefinisikan seperti itu!

Definisi ini dengan sendirinya berkembang dimasyarakat, merekalah yang menamainya dengan ‘Mata Jitu’.

Tak disangsikan lagi keindahannya, hingga ke mancanegara. Bahkan, mendiang Putri Diana pernah berkunjung ke air terjun ini. Hingga timbul lagi dengan sebutan “Queen Waterfall”.

...Wah?

Kebayang nggak sich kamu dengan pesona Ai Mata Jitu ini, seorang Putri Diana saja terkagum ketika melihat keindahan dari tempat ini.

3. Untuk mencapai Air Terjun Mata Jitu, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan dari Desa Ai Bari di Sumbawa ataupun di Sumbawa. 





Nah...

Dari Desa Ai Bari ini dibutuhkan waktu sekita 2 jam untuk sampai ketempat ini. Kamu bisa menyewa perahu nelayan untuk sampi ke tempat ini.

Dari Desa Ai Bari kita akan menuju Desa Labuhan Aji yang ada di Pulau Moyo. Sesampainya di Desa Labuhan Aji, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek motor selama 20 menit atau berjalan kaki selama 1,5 jam.

Selama perjalanan menuju air terjun, kita akan disuguhi pemandangan savana dan perbukitan yang indah.

...Oke

Detailnya begini, Desa Ai Bari itu adalah salah satu desa terdekat untuk mengakses Pulau Moyo. Jadi, jika kamu dari kawasan perkotaan Sumbawa maka kamu bisa menuju desa ini dengan menggunakan Sepeda Motor.

...Kalau saya nggak salah, info terakhir yang saya dapatkan tidak ada transportasi publik menuju tempat ini (Seperti Bemo, oplet, atau mini bus)...

jadi, kamu bisa menyewa sepeda motor atau mobil di daerah perkotaan Sumbawa. Nggak mahal kok, kalau sepeda motor kurang lebih sekitar Rp. 65.000/ hari dan mobil sekitar Rp. 375.000/ hari plus driver.

Kalau mau lebih gampang sich sekalian aja pakai mobil dan drivernya, kebetula para drivernya orang lokal Sumbawa jadi mereka lebih paham lintasannya...

...Benar nggak?

Kalaupun kamu harus membawa sendiri kamu bisa ikuti rute menuju Pulau Moyo berikut ini:


  1. Dari Perkotaan Sumbawa, kamu bisa menuju Pasar Tradisional Seketeng. Kamu pasti akan melintasi jalan setia budi dan setelah sampai depan pasar tradisional seketeng ada yang namanya perempatan BLOCK M.
  2. Nah, di perempaan ini kamu belok kiri. Sekitar 200 meter kamu akan menjumpai perempatan lagi namu jangan belok kamu hanya perlu jalan lurus hingga menjumpai tanjakan PPN yang agak sedikit terjal.
  3. Selanjutnya, kamu akan melewati beberapa desa (urutan desanya PPN Bukit Permai - Desa Raberas - Sabang - Desa Sebewe - Desa Baru - Tahan - Kuken Bawah - Kukin Atas)
  4. Sesampai Desa Sebewe kamu haru belok kiri menuju Desa Baru dan jalan terus.
  5. Setelah melewati Desa Kukin Atas kamu akan menjumpai 'Padak' atau kawasan pertambakkan yang lumayan luas dan silahkan jalan terus hingga kamu menumpai tanda "Selamat Datang di Ai Bari". Silahkan belok di situ, karena lokasi desa ini agak sedikit masuk ke dalam menuju kawasan pantai.
  6. Sampai di Desa Ai Bari
  7. Dari sini kamu bisa mencari boat sewaan yang bisa kamu gunakan untuk menuju Desa Labuhan Aji.
  8. Sesampai di Labuhan Aji, kamu bisa menggunakan ojek-ojek masyarakat sekitar sekaligus jadi penunjuk jalan kamu menuju Ai Mata Jitu.
  9. Have nice trip...
Nah, itu informasi lengkapnya terkait rute jalan menuju Pulau Moyo (Air Terjun Mata Jitu)

4. Ada Stalaktit-stalagmit yang menghiasi permukaan dinding Air Terjun Mata Jitu



“Can you imagine..?? This is the real paradise” 
Bayangkan, seberapa indahnya tempat ini. Keindahan yang sempurna, mungkin inikah yang kita sebut dengan ’Surga yang Sunyi’.

...Surga yang Sunyi?

Lebay dech kamu! 

Surga mah kalo kita dah di alam sana...

Iyakan...?

Hanya meyakinkan saja akan keindahan yang dimiliki oleh Pulau Moyo yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Bentuk Stalaktit – Stalagmit memberi keindahan tersendiri bagi pengunjungnya. Bagi siapapun yang pernah melihatnya tak akan mampu melupakan keindahannya.

....Nah

jangan Cuma membayangkan melalui tulisan ini. Bergegaslah menuju ketempat ini. Semua letihmu akan terbayarkan kala kamu berada atau sejenak berdiri ditempat ini. Inilah ‘Air Terjun Mata Jitu’ surga yang Sempurna.

...So?

Tunggu apalagi? penasaran nggak? Setidaknya kamu udah masukin nama Air Terjun Mata Jitu yang ada di Pulau Moyo ini dalam list tempat tujuan travelling kamu berikutnya....

Have nice trip guys!

Post Top Ad

Your Ad Spot