Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

5 Hal ini Pantas Buat Kamu Penasaran Dengan Pacuan Kuda Sumbawa



runganRemaja.com - 'Sumbawa' sebuah nama kabupaten yang terletak di Provinsi NTB. Terdengar sedikit aneh dan belum begitu lazim ditelinga kamu.

'iyaa..Mungkin sepeerti itulah faktanya...???' apalagi mengenal akan hal yang lebih specifik tentang daerah ini.

‘Kamu mungkin tak tau lebih tentang Sumbawa...???’ oke, lets i tell you.....!!! ada Pacuan Kuda disana. So, sepertinya banyak hal yang perlu kamu tau tentang daerah yang satu ini. berikut runganRemaja.com akan menyajikan untuk anda beberapa ulasan tentang Pacuan kuda Sumbawa. Ini dia....!!!

1. Jika di Eropa orang sangat interest dengan MotoGP, maka inilah MotoGP di Sumbawa.

Kalangan masyarakat lokal, Pacuan Kuda atau yang lazim mereka sebut dengan main Jaran ini sangat populer. event ini akan selalu menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat Sumbawa, khususnya para penggemar Pacuan Kuda ini. Ini adalah permainan yang sangat digemari oleh masyarakat. Tak terbatasi oleh umur, pekerjaan, serta gender sekalipun. Teriakan di tribun akan menghiasi selama pacuan kuda berlangsung.


2. Tak akan anda temui Rider (Joki) dewasa disini. Mereka adalah anak-anak yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD)

Anak-anak hebat akan anda jumpai disini. Merekalah para joki cilik. Hebatnya, anak-anak berusia belia ini sangat berani dan mahir menunggangi kuda-kuda pacu mereka. Tak ada kata takut bagi mereka.  Melakukan hal ini adalah suatu kebanggaan bagi anak-anak yang rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar ini. Meski bertubuh mungil, mereka tak gentar menunggangi kuda bertubuh tinggi besar dan sedikit liar. Para joki cilik ini tak pernah berpikir akan cidera atau celaka. Yang terpenting bagi mereka adalah bisa ikut berlaga, memacu kuda sekencang-kencangnya dan menjadi sang juara.

3. Fantastis! Harga jual kuda-kuda juara itu bisa mencapai ratusan juta rupiah. Jika anda tidak percaya, cobalah menawar harga kuda tersebut.

Jangan mengira harga kuda-kuda itu pada kirasan 2-3 juta. Anda mungkin akan terkejut kala mendengar harga fantastis dari kuda-kuda yang dijadikan untuk pacuan kuda tersebut. Melalui tradisi pacuan kuda juga dapat mendongkrak harga jual kuda. Sebab, kuda-kuda yang dipertandingkan terbukti tangguh dan kerap menjadi juara harganya akan naik berlipat.


4. Ada dua suku utama yang mendiami Pulau Sumbawa. Yaitu Suku Samawa dan Suku Mbojo (Dompu-Bima). Dua suku ini sama-sama familiar dengan pacuan kuda.

Suku Sumbawa mendiami pulau ini pada bagian sebelah barat. Sementara, Suku Mbojo mendiami belahan sebaliknya. Banyak kemiripan budaya dan tradisi antara kedua suku ini. Salah satunya adalah tradisi pacuan kuda. ‘Tau samawa’  atau masyarakat Sumbawa mengenal tradisi pacuan kuda dengan istilah "Main Jaran". Sementara dalam tradisi masyarakat Mbojo atau masyarakat Dompu-Bima disebut "Pacoa Jara".

5. Sedikitnya 5-6 ekor kuda dilepas melalui kotak pelepasan sekali balap. Prihal Cedera merupakan hal yang biasa.

Akan ada sekita 5-6 ekor kuda akan dilepas secara bersamaan, biasanya mereka harus bertanding dua kali putaran mengelilingi lintasan pacu. Terkadang waktu ada joki yang terjatuh kala menunggangi kuda pacuannya.

Namun demikian, pertandingan tidak serta merta berhenti. Seakan cidera yang dialami para joki cilik ini adalah hal lumrah dan biasa terjadi. Panitia sudah menyiapkan ‘sandro’ atau pawang khusus serta menyiapkan tim medis kesehatan.  Para pawang kuda bersama panitia dan tim medis sigap memberikan pertolongan kepada sang joki. Mengejar dan menjinakkan kuda-kuda yang terkadang lepas kendali.

Ini beberapa hal yang perlu kamu tau tentang maen jaran yang ada di Pulau Sumbawa. Sempatkan diri anda sejenak untuk berkunjung ato sekedar mencicipi uniknya negeri kuda liar ini. So, jangan lewatkan tiap kesempatan yang ada untuk mengunjungi Sumbawa.  -Pioode-

#ke sumbawa yuukk...!!!!


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot