Breaking

Post Top Ad

5 Hal ini Bikin Kamu Merinding Ketika Berada di Pulau Sumbawa

Ngibarbalang.id -- Sebutan nama 'Pulau Sumbawa' mungkin masih sangat jarang terdengar ditelinga kamu. Benar nggak?

...Jadi simak nih,

Pulau Sumbawa merupakan salah satu dari gugusan pulau-pulau yang dulu masuk dalam kawasan Sunda Kecil. Mungkin terdengar belum familiar ditelinga anda tentang wisata pulau yang ini.

Tapi jangan terkejut, anda akan terpana ketika sejenak berada di pulau ini.

Inilah Pulau Sumbawa , yang merupakan  pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan luas 14.386 km2. Pulau yang sangat terkenal dengan madu lebah hutan dan susu kuda liarnya. Dan salah satu Kabupatennya adalah  Sumbawa.

...Jika Pulau Lombok terkenal akan pesona wisatanya hingga ke mancanegara, Pulau Sumbawa tidak seterkenal itu....

Namun, meskipun demikian ada nilai lain yang dapat kamu jumpai di berlibur ke Pulau Sumbawa. Misalnya dari segi budaya.

...Kebudayaan Sasak vs Kebudayaan Samawa,

Meskipun pulau Lombok dan Pulau Sumbawa hanya dipisahkan oleh selat Alas, namun adat dan tradisi yang berlangsung di dua suku ini sangat berbeda.

Jika Suku Sasak dalam adat perkawinannya harus Merari' maka tidak halnya dengan Suku Samawa ataupun Suku Mbojo yang ada di paling timur Pulau Sumbawa. Prihal Merari' sangat dilarang dan sangat bertentangan dengan adat istiadat Samawa.

....Sebagai informasi,

Didalam Pulau Sumbawa sendiri terdapat 4 Kabupaten dan satu Kota Madya (Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Madya Bima) dengan dua suku mayoritas didalamnya yaitu Suku Samawa dan Suku Mbojo.

Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat dihuni oleh mayoritas Suku Samawa, sedangkan Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Madya Bima di huni oleh mayoritas suku Mbojo.

Khusus di Pulau Sumbawa,

Juga terdapat tempat-tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan Bali dan Lombok. Wisata kelas dunia yang tersedia di Pulau Sumbawa ini.

...Jadi,

Tak heran jika di Pulau Sumbawa juga dikunjungi oleh wisatawa-wisatawan dari mancanegara.

Nah,

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan Ngibarbalang.id tentang hidden paradise yang wajib anda kunjungi yang ada disumbawa.



1. Ada surga di bawah laut Pulau Moyo

Salah satu tempat yang sempat dikunjungi oleh Lady Diana, Putri kerajaan Inggris. Baginya Pulau ini adalah tempat terindah yang pernah dikunjunginya. 

Selain cagar alam yang menjadi handalan tempat ini juga memiliki pesona alam bawah laut. seperti: hiu putih, ikan pari, dan aneka biota laut lainnya. Tak heran jika pulau Moyo ini menjadi salah satu surga snorkeling maupun diving di Indponesia, khususnya di Sumbawa.




2. Ada pacuan kuda, MotoGp-nya orang Sumbawa

Jangan tercengang ketika melihat joki cilik yang sedang menunggangi kuda di arena balapan. Karena diwilayah ini tak akan anda jumpai seorang joki dewasa ikut dalam pacuan kuda. Mereka rata-rata terdiri dari anak-anak yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD).

Mereka terlihat lihai dalam memacu kudanya di tengah arena. So, andai kamu menginjakkan kaki di Sumbawa jangan lupa untuk menyaksikan  main jaran (pacuan kuda) ini.



3. Pulau Dangar Ode, Setapak pasir putih di tengah lautan dikawasan Teluk Saleh.

Tak ada penghuni disini, pulau yang tak begitu luas ini berada dikawasan Teluk Saleh. Kamu bias bersantai dipagi hari sambil memandang indahnya pesona Tambora. Hamparan laut biru dihiasi barisan pulan moyo yang terlihat memanjang.air laut yang jernih memanjakan snorkeling anda pada pesona alam bawah lautnya. Yakin kamu akan terpesona dengan natural Pulau Dangar Ode ini.




4. Ada juga Gili Bedil dan Gili Keramat, manjakan snorkeling anda ditempat ini.
Selain Pulau Moyo, Pulau danger Ode ada juga Gili Bedil dan Gili Keramat yang merupakan wisata indah dengan keindahan bawah lautnya. Letaknya di Desa Labuhan Padi, Kecamatan Utan. Tempat yang menjadi tujuan para snorkeling dan diving setelah pulau Moyo. Akses kepulau ini juga tidak terlalu sulit anda bias langsung menuju Labu Pade dengan menggunakan angkutan umum ataupun motor pribadi. Penyebrangan dapat dilakukan melalui Labu Pade ini.




5. Berapan Kebo, karapan kerbau ditengah arena berlumpur.

Tak akan anda jumpai even ini selain di Pulau Sumbawa, ada sedikit unik dengan karapan kerbau ini, arenanya adalah sawah masyarakat yang dibajak dan dipenuhi dengan air. Andai salah satu dari teman anda adalah joki dari karapan kerbau ini maka setelah karapan maka anda tidak akan mengenalinya lagi karena wajahnya tertutupi lumpur. Ini keren gusy, sempatkan diri anda untuk menikmati berapan kebo ini.

- come on, lets come to sumbawa - 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot