Latest News

Wow! Ternyata Eithiopia Asal Manusia Purba di Dunia, Benarkah?


Ternyata Eithiopia Asal Manusia Purba di Dunia

Ngibarbalang.id - Seperti yang kita ketahui bersama guys, Manusia purba telah ada di bumi kita tercinta kita ini semenjak empat juta tahun lalu loh…wow lama juga yah, nggak banyak yang tau juga sih atau pun penasaran darimana sih asal atau daerah pertama yang ditempatin sama manusia purba itu sendiri! yang pasti kalian  penasaran juga kan? Sama saya juga hehehe canda kok** 

Nah,  guys sekarang rasa penasaran kalian akan segera terjawab...!!! 
        
Kita taukan di dunia ini ada banyak benua. Salah satunya dari benua tersebut ialah benua Afrika nggak banyak yang tau ternyata benua  Afrika menyimpan sejarah  kehidupan manusia purba yang sangat penting lo guys

Baca juga

Sedikit demi sedikit kehidupan manusia purba di Afrika mulai terungkap hal ini terjadi berkat kerja keras para ahli  serta penelitian-penelitian yang telah dilakukan  dan mulailah muncul dugaan bahwa Eithiopia merupakan wilayah asal manusia purba pertama di  dunia . 

Kebenarannya tersebut didasarkan pada bukti yang menemukan fosil manusia purba  yakni Ardipthecus Ramidus. Namun  ada juga ahli lain  yang berpendapat bahwa manusia purba pertama berasal dari wilayah Zimbabwe. Dari pendapat-pendapat  yang berbeda tersebut beberapa ahli menyimpulkan bahwa Homo Africanus merupakan cikal bakal dari homo sapiens. Mereka kemudian melakukan imigrasi ke penjuru dunia.

Kalian pasti penasaran kan guys, gimana sih manusia purba ditemukan di Afrika? Lalu bagaimana ciri fisik dan corak kehidupannya ?

Oke guys, manusia yang ditemukan di Afrika antara lain Austaralopithecus affarensis yang dianggap sebagai manusia purba tertua di bumi kita ini guys! Fosilnya ditemukan pertama kali oleh Donald Johanson, M Taeib dan Y coppens pada tahun 1974. Fosilnya ditemukan pada lapisan pleistasen di lembah hadar, Eithopia. 

Fosil yang ditemukan tersebut memiliki tubuh yang menyerupai sinpanse mempunyai ukuran otak 425 cc.ciri lainnya seperti muka besar dan menojol kedepan leher kuat, perkembangan otot yang nyata serta memiliki tangan panjang dan kaki yang pendek.tulang pinggul dan paha menunjukkan bahwa sudah mampu berdiri tegap dan bipedal .

Ternyata manusia purba di benua Afrika bukan hanya itu aja, masih ada lagi yakni Autrapithecus Africanus fosil ini ditemukan oleh Raymond Dart pada tahun 1942 saat ia melakukan  penelitian di kawasan gua karst di Taung Afrika Selatan. Raymont menyatakan bahwa Australius pithecus Aparensis merupakan jenis manusia purba yang bentuk fisiknya  mengarah pada manusia  .dasar pada gigi taringnya itu loh guys!

Austraopthecus africanus yang sudah merekruduksi dan sejajar dengan gigi-gigi lainnya loh guys,, selain itu yah lubang letak leher di dasar tengkorak menujukkan posisi kepla yang tegak di badan dan telah diperkirakan berjalan tegak.

Raymont dart menyatakakn bahwa fosil temukannya ini adalah fosil anak berusia lima tahun.tahun 1930 raymont menemukan fosil sejenis yang diperkirakan merupakan individu dewasa. Fosil temuaan kalli ini dilegkapi dengan beberapa  tulang pinggul yang menegaskan sikap tegap yang dimilikinya.

Selantunya yakni Ardipihecus Ramidus fosillnya ini ditemukan oleh yohanes haile selassie pada tahun 1994 di Ethiopia. Penemuann tersebut guys mengudang rasa ingin tau para artlopog dari universitas bergkley untuk mengadakan penelitian lanjutan.penemmuan lainnya seperti Austaralopthecus robustus jenis lain dari Australophecus Robustus manusia pupba ini pertama kali ditemukan oleh Roobert berum di Kroomdraa dan swakstran Afrika Selatan Wilayah persebarannya diperkirakan berada di bagian Afrika Selatan.


Artikel ini di tulis oleh:
Sindi Perisa Destari | Siswi Man 1 Sumbawa - Kelas X IPS 3