Latest News

Ternyata Seperti ini Bentuk Manusia Purba di Cina?

Sinanthropus pekinensis | ancient-origins.net

Ngibarbalang.id - Hello guys, seperti yang kita ketahui ada banyak manusia purba, baik itu di Indonesia, di afrika, dan di eropa. Dan kali ini kita akan membahas, mencari tahu tentang manusia purba di cina, baik itu bentuk ataupun bagaimana sih cara si manusia purba ini bertahan hidup pada zamannya dulu. 

Penasarankan?

Marilah sama-sama kita simak artikel ini. Baiklah, Cina itu salah satu wilayah di Asia yang menjadi minat para ahli untuk meneliti fosil manusia purba. Dan para ahli pun berhasil menemukannya. Fosil manusia purba yang ditemukan di Cina ada 2 yaitu sinanthropus pekinensis dan sinanthropus lantienensis. Diantara kedua manusia purba tersebut marilah kita mencari tahu, menelaah satu persatu, bagaimana sih bentuk manusia purba di Cina ataupun bagaimana sih manusia purba itu bisa bertahan hidup di zamannya?

Sinanthropus lantianensis | perpusku.com
Oke, yang pertama yaitu sinanthropus pekinensis, sinanthropus pekinensis atau sering juga disebut dengan pithecanthropus pekinensis. Mengapa sih sinanthropus pekinennsis sering disebut juga dengan pithecanthropus pekinensis? Jawabannya karena sinanthropus pekinensis ini dianggap sebagai bagian dari kelompok manusia purba pithecanthropus. Dan juga karena cirri fisik dan masa hidupnya itu sama dengan manusia pithecanthropus. Manusia purba ini adalah manusia pertama kali yang ditemuin di Cina loh, yaitu bpada tahun 1927, yang ditemukan oleh Davidson black dan Franz weidenreich didalam sebuah gua kaput di Cina yang nama guanya itu gua Chou kou tien.

Nah sekarang kita akan menelaah tentang bagaimana sih bentuk manusia purba di Cina tersebut? Yaitu sinanthropus pekinensis ini memiliki ciri bentuk kepala yang mirip dengan kera, hidungnya pesek, mulut agak maju, tulang alis besar, dan kaki tangannya mirip seperti manusia zaman sekarang atau bisa disebut modern. Atau lebih kerennya lagi sih manusia jaman now.

Manusia Purba di Asia | www.majalahbatu.com
Selain itu juga sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak yaitu 900 – 1.200 CC, dan juga arkeolog berhasil menemukan artefak – artefak, apa sih itu artefak? Artefak adalah benda arkeologi atau peningalan benda-benda bersejarah, yaitu semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang dapat dipindahkan. Berdasarkan artefal tersebut sinanthropus pekinensis sudah bisa memakai senjata dan perkakas dari tulang dan juga dapat membuat api. Sinanthropus pekinesis ini hidup 780 - 600 ribu juta tahun lalu. Arkeolog pun mengatakan selama hidup manusia purba ini, ia mampu berjalan dan berdiri tegak, dengan tingginya bagi laki laki 156 cm. dan bagi yang perempuan 140 cm.

Selain tinggi, didalam buku sejarah peminatan yang saya baca, ternyata usia manusia purba ini sangat pendek yaitu 14 tahun. Selain cirri fisik dan bentuk tubuh lainnya. Cara hidup manusia purba ini untuk bertahan hidup terhadap lingkungannya , adalah mereka itu belum membuat tempat tinggal tetap, mereka hanya tinggal digua. Dan mencari makan dengan cara berburu binatang untuk bertahan hidup. Untuk mengetahui lebih jelas berikut adalah gambar manusia purba sinanthropus pekinensis

Selanjutnya yang kedua adalah sinanthropus lantienensis, manusia purba ini ditemukan pada tahun 1963  oleh woo ju-kang tempatnya di kota lantaian country, cina bagian barat laut. Yang hidup sekira 800 tahun yang lalu. Selain itu apasih yang dapat menjadi wawasan untuk kita tentang sinanthropus lantienensis? Para ahli juga berhasil menemukan fragmen. Yaitu fragmen mandibula, yaitu tulang rahang. Selain itu para ahli berhasil menemukan tengkorak, dengan tulang hidung, rahang kanan, dan tiga gigi.       

Dan juga memiliki volume isi otak 780 cc, selain bentuk dan fragmen yang ditemukan, para pembaca pasti ingin taukan bagaimana sih sinanthropus lantienensis dapat mempertahankan hidupnya? jawabannya adalah manusia purba ini mempertahankan hidup dengan menggunakan peralatan unruk mencari makanan dan juga membuat api. Untuk menambah wawasan berikut adalah gambar dari sinanthropus lantianensis

Nah, sudah tau kan. Gimana bentuk dari manusia purba di Cina. Dan juga cara mereka bertahan hidup. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca mengenai sejarah di dunia, tepatnya sih di cina. Karena sejarah itu sangat penting. Kita pastinya memiliki sejarah yang kita lalui masing masing. Tanpa adanya sejarah pastinya kita tidak akan berada di zaman now sekarang ini.

Sampai disini dulu artikel saya, bye.. semoga bermanfaat.


Artikel ini di tulis oleh:
Andina Bella Sakinah | Siswi Kelas X MAN 1 Sumbawa