Latest News

Tahu Gak Apa Saja Hal yang Unik dan Identik dari Negara Mesir Kuno ?


ngibarbalang.id - Apa yang muncul di benak kamu ketika mendengar nama Negara Mesir ? Apakah sejarah kerajaannya, peninggalannya, atau kebudayaannya ? Nah Guys, sebelum itu mari mengenal negara Mesir  secara umum untuk menambah refrensi kamu sebelum kita menguak keunikan dan keidentikan dari negara Mesir . Lets go .....

Mesir termasuk negara di wilayah Benua Afrika bagian Utara. Negara yang memilki banyak gurun pasir ini termasuk wilayah yang subur karena keberadaan Sungai Nil yang memang terkenal sebagai sungai terpanjang di dunia. Letak negara Mesir berbatasan dengan Laut Tengah di Bagian Utara, Laut Merah dan Semenanjung Sinai di bagian Timur, negara Sudan di Bagian Selatan, serta Libi di Bagian Barat.

Nah, itulah sekilas info tentang Negara Mesir. Next, mari kita mengungkap lebih dalam lagi beberapa hal unik dan identik dari Negara Mesir .

Beberapa hal unik dan identik dari negara Mesir :

#  Mumi(Mumifikasi)

Mummy | TribunTravel.com
Tau gak siih ? Mumi berasal dari negara Mesir loh... siapa yang tidak mengenal mumi ? hampir semua orang tentu sudah tidak asing lagi dengan mumi. Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan dikarenakan perlindungan dari dekomposisi oleh cara alami atau buatan, sehingga bentuk aslinya tetap tejaga. sedangkan, mumifikasi adalah proses pengawetan suatu mayat. asaal usul mumi pertama kali di dunia dilakukan oleh orang Mesir Kuno loh. proses mumifikasi masyarakat Mesir Kuno cukup rumit dan mengerikan karena melibatkan pengambilan otak melalui hidung, lalu mereka akan menghilangkan organ-organ dalam. kata John J Johnson dari komunitas Eksporasi Mesir. Mumi yang terkenal di Mesir salah satunya ialah Firaun Menes.

# Piramida

Piramida Mesir | Tribunnews.com
Tau gak siih ?  Bagi masyarakat Mesir Kuno, piramida merupakan tempat makam bagi raja-raja atau orang berpengaruh"orang penting" di Mesir salah satunya Firaun. Namun berabad abad tahun sering dijadikan sasaran merampok karena para raja-raja membawa harta kekayaannya dan segala artefak guna di alam baka sekalipun telah diberi kutukan-kutukan untuk mencegahnya. Bangunan berbentuk segitiga raksasa ini menjadi bukti peradaban masyarakat Mesir Kuno yang sudah maju. hal ini terlihat dari kemempuan mereka untuk membuat sebuah tempat peristirahatan terakhir yang indah dan megah. Bahkan piramida Mesir sudah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia karena. Wow .....

Piramida pun tidak dibuat sembarangan karena para insinyur Mesir Kuno menghitung dulu jarak piramida dengan matahari. pembangunan piramida membutuhkan waktu sekitar dua puluh tahun dan memperkerjakan lebih dari sepuluh ribu budak dan banyak pula yang nyawanya menghilang. piramida terbesar berada di Giza.

# Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilustrasi Peradaban Mesir | ikhbi.wordpress.com
Tau gak siih? di Negara Mesir banyak terdapat orang-orang pintar dan cerdas loh. ini buktinya :
Penemuan bangunan berukuran besar seperti piramida, kuil-kuil pemujaan, sphinx, dan obelist. Banyak ahli sejarah dan ilmuan serta arkeologi yang masih bertanya tanya dan mencoba menguak metode dan teknologi apa yang digunakan bangsa Mesir Kuno untuk melakukan hal tersebut. Menurut kamu, bagaimana metode pembuatan bangunan bersejarah tersebut? 

Bidang astronomi, bukan cuma bangunannya. kecerdasan masyarakat Mesir Kuno dibuktikan dengan membuat sistem kalender berdasarkan peredaran matahari. sistem tersebut dilakukan dengan cara: Membagi 1 tahun = 12 bulan atau 365 hari.

Bidang matematika, masyarakat Mesir Kuno loh yang memperkenalkan matematika sederhana untuk perkalian, penjumlahan, pembagian, dan pengurangan. selain itu, mereka menemukan rumus untuk menghitung keliling, luas dan volume, serta enemukan rumus untuk menghitung  diameter lingkaran dengan bilangan 3,14.

Bidang ilmu kedokteran, masyarakat Mesir Kuno mengembangkan pengobatan tradisional dan cara pengawetan mayat yang disebut mumi.


#  Tulisan - tulisan sejarah

Hieroglif Mesir | Amazine.co
Tau gak siih ? Masyarakat Mesir Kuno juga sudah mengenal tulisan loh. Tulisan masyarakat Mesir Kuno berupa gambar-gambar yang mewakili kata-kata yang disebut hieroglyph. Menurut kamu, bagaimana bentuk penulisan hieroglyph ? selain itu, masyarakat Mesir Kuno juga mampu membuat media tulis yang disebut Papirus. Papirus digunakan untuk mencatat urusan administrasi dan keagamaan.

# kepercayaan

Tau gak sih ? Masyarakat Mesir Kuno menyembah banyak dewa. sosok Firaun dianggap sebagai perwujudan dari Horus(dewa langit). beberapa dewa dalam kepercayaan masyarakat Mesir Kuno antara lain Horus (dewa langit), Anubis (dewa kematian), Hathor (dewi cinta dan kecantikan), Osiris (dewa peradilan di akhirat), dan Amon-Ra (dewa matahari). Nah, Dari sekian banyak dewa, sosok Firaun dianggap sangat penting. mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan Firaun dianggap akan tetap hidup asal jasadnya tetap utuh, yang dilakukan dengan cara diawetkan (mumi).selain itu, masyarakat Mesir Kuno juga meyakini loh bahwa setelah kematian, Firaun akan melakukan perjalanan di alam baka.

# Peradaban

Tau gak siih ? peradaban Mesir Kuno menjadi salah satu peradaban tertua dengan tingkat kemajuan tinggi. Bahkan, pengetahuan-pengetahuan yang ditemukan bangsa Mesir menjadi dasar bagi perkembangan peradaban medern di Eropa. Hebat kan ...


Artikel ini ditulis oleh:
Sendy Yulista Tiana | Siswi Kelas x Ips 2 MAN 1 Sumbawa