Latest News

Sehabis dari Gili Trawangan Lombok, Kemana Lagi ya?


Ngibarbalang.id – Lombok nggak ada habis-habisnya untuk di ekplore. Ada banyak spot yang bisa kamu jelajah di Pulau Lombok. Salah satunya Gili Trawangan yang nggak pernah ada sepinya dari kunjungan para wisatawan. Tempat ini sudah sangat familiar di telinga para traveller dah bahkan sudah pernah berkunjung 2 sampe 3 kali.

Nggak ada bosannya sih..!!!

Nah, kali ini bukan ingin membahas tentang Gili Trawangan Lombok namun ada alternatif lain yang dapat kamu lakukan sehabis dari Gili Trawangan.

Simak yuk...!!!!

Ketika kamu mengunjungi Pulau Lombok maka hal pertama yang ada di kepala kamu adalah Senggigi atau Gunung Rinjani. Adanya Gunung Rinjani  menjadikan Lombok terdapat begitu banyak spot air terjun. Nah, spot air terjun ini bisa menjadi alternatif kamu sehabis dari Gili Trawangan. Air terjun mana aja sih...!!! 

# Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga berlokasi di Dusun Kertaraharja Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara yang berada di bawah kaki bukit yang lumayan dalam, berjarak selama 5 km dari Pemenang Lombok Utara dan sejauh 1.5 jam dari kota Mataram yang merupakan pusat Kota.

Selanjutnya...

Menuju ketempat ini, Jalannya berhotmix namun tidak terlalu lebar. Di beberapa titik terdapat jalanan berpasir. Bahayanya pasir tersebut terdapat pada kelokan-kelokan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati. Sepanjang jalan ini banyak tanjakan dan penurunan berkelok yang tidak terlalu tajam. Namun demikian, Anda tetap harus berhati-hati mengingat ruas jalan yang tidak lebar. Selain itu, di sebelah kanan jalan terdapat panorama barisan bukit hijau berlatar pemandangan laut biru indah yang siap menggangu konsentrasi berkendara. Pastikan Anda tidak tergoda menikmatinya sambil berkendara. Anda harus mengutamakan keselamatan, jangan lengah karena posisi jalan yang menanjak bisa membahayakan pejalanan anda.

Setelah beberapa kilometer melintasi jalan berhotmix, saatnya belok kanan memasuki Dusun Kerta.Untuk memasuki jalan ini sekali lagi harus berhati-hati karena posisinya pas di tanjakan berkelok. Pengendara yang datang dari arah berlawan tidak dapat melihat Anda yang akan memotong jalan. Biasanya pengguna jalan ini memacu kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi.

Dari pintu masuk Dusun ini, dua kilo meter lagi Anda akan tiba di Air Terjun Kerta Gangga. Jalan menuju Dusun tersebut merupakan rabatan yang menurun kemudian menanjak. Tepat di tanjakan tersebut terdapat pertigaan dan silahkan ambil kiri untuk arah Air Terjun Kerta Gangga. Setelah melewati jalan di pemukiman penduduk, Anda masih akan melintasi jalan sepanjang beberapa ratus meter sebelum tiba di tempat parkir.

# Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus ialah air terjun yang berada di elevasi 50 meter dan lebar 10 meter serta luasnya menjangkau 100 meter, tingkat air terjun yang ingin miring yang mengakibatkan para masyarakat memanggilnya dengan sebutan Tiu Pupus yang dengan kata lain aliran air yang berasal dari akar kayu sebab di atasnya terdapat tidak sedikit pepohonan yang rindang.

Mungkin banyak sekali dari anda akan berfikir bahwa Air Terjun Tiu Pupus diberi nama demikian sebab ada di antara masyarakat yang merasa pupus asa dan mengejar air terjun tersebut tetapi tidak demikian adanya, air terjun yang sarat dengan lika-liku air sebelum jatuh ke permukaan dasar kolam, panoramanya sungguh estetis di atas bebatuan usang.

# Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja ialah air terjun yang begitu mempesona dengan dua aliran air yang deras dan berada di elevasi 40 meter dengan lebar 10 meter dan memiliki empang dengan kedalaman selama 1.5 meter sampai-sampai cocok untuk kita guna berenang dengan air dingin pegunungan.


Air Terjun Tiu Teja mempunyai 2 aliran air yang setiap cipratan air memunculkan efek bianglala yang lumayan panjang di dekat arus ari terjun tersebut karena itulah masyarakat setempat menyebutnya sebagai air terjun tiu teja yang dengan kata lain aliran air yang memunculkan efek pelangi.

# Air Terjun Senaru atau Sendang Gile

Air Terjun Senaru atau Senanggile ialah air terjun yang cukup tidak sedikit pengunjungnya sebab terdiri dari dua patahan air yang mengakibatkan air terjun disana menyerahkan efek air menyalurkan dari dua tangga beriringan, urusan ini terjadi dampak patahan pada lempengan tanah yang menjadi sumber mata air, dan dari lempengan itu terbuatlah tangga sebagai hasil dari gejala alam.

Air Terjun Senaru atau Senanggile sedang di desa senaru kecamatan Bayan, air terjun ini mempunyai tangga yang cukup tidak sedikit yang mesti anda turuni untuk menjangkau tempat tersebut. berada pada elevasi 600 meter dari permukaan laut menciptakan hawa di sini terbilang sejuk dan paling dingin sampai kita menggigil ketika mandi, kami merekomendasikan untuk para tamu untuk membawa jaket atau baju hangat saat mengerjakan petualangan atau wisata ke lokasi ini.

Air Terjun Senaru atau Sendang Gile berada dalam area wisata Gunung Rinjani, segala kemudahan yang menunjang lokasi ini telah disiapkan laksana transportasi, jalan berupa tangga dan sejumlah toko-toko yang menyediakan ragam macam makanan dan minuman, bila kamu mencoba mandi maka usahakanlah untuk menempatkan kepala kamu di bawah air terjun itu rasanya menakjubkan hawa dingin bercampur desakan air yang begitu powerful dari elevasi 31 meter.