Latest News

Pernah Dengar Peradaban Inca? Ini Penjelasannya

ngibarbalang.id -- Peradaban Inca adalah sebuah Peradaban yang sudah berkembang di wilayah pegunungan andes amerika selatan peradaban inca kini di kenal menjadi negara peru dan cile peradaban inca berkembang pada abad xv masehi peradaban inca memiliki sistem kerajan yang tersebar dari pegunungan andes sebelah utara sampai selatan

Michu Picchu | Pusat peradaban Inca | ganlob.com

# Kondisi geografis

Peradaban Inca berkembang di sepanjang wilayah pegunungan Andes amerika selatan wilayah peradaban Inca memiliki iklim yang tandus oleh karna itu. Peradaban inca membangun tempat tinggal di lembah-lembah sempit sepanjang pegunungan andes meskipun memiliki garis pantai membentang di wilayah barat amerika selatan tempat itu memiliki curah hujan yang sedikit sehingga pradaban inca tidak tinggal di wilayah tersebut masyarakat peradabn inca membangun tempat tinggal di wilayah lembah yang memiliki ketinggian sedang dan beriklim subtropis di wilayah tersebut masyarakat inca membangun pusat peradaban inca yaitu cozco

# Kehidupan pemerintahan dan hukum.

Masyarakat inca menerapkan sistem kerajaan dalam pemerintahanya dalam memimpin kerajan raja memegang kekuasaan tertinggi.  Karna di anggap sebagai keturunan langsung dari dewa matahari raja kerajaan inca disebut sapa inca. Dalam mengstur masalah perkotan dan pertanian sapa inca di bantu beberapa pejabat kerajan perkembangan peradaban inca sangat di pengaruhi oleh keberadan sapa inca.  

Menurut buku ensiklopedia sejarah dan budaya jilid 3, terdapat 3 sapa inca yang membantu memajukan peradaban inca ketiga sapa inca tersebut di kenal sebagai pachacuty. Topa inca dan nuaynacapa pada thn1450 paxhacuti berhasil menyatukan suku-suku indian di peru. 

Menjadi bagian kerajan inca ia juga berhasil menetapakan quechua (lingua franca) dalam kerajan inca pada thn 1471 topa inca berhasil memperluas wilayah kerajan hingga ke selatan pada masa itu topa inca juga melakukan pembuatan jalan sebagai sarana transportasi. Pemerintahan topa inca dilanjukan oleh putranya huayna copa huayna copa melanjukan usaha ayah nya dalam memperluas wilayah kerajan salah satu keberhasilanya membangun kerajan ibu kota baru di kerajaan quito masyarakat inca memberlakukan sistem hukum yang bersifat tegas meskipun demikian sistem hukum inca tidak mengenal hukum penjara. Masyarakat yang melanggar hukuman akan di beri teguran oleh pemerintah.  

Jika masih melanggar pelaku pelanggaran akan dijatuhi hukuman mati ketegasan hukum ini lah yang menyebapkan kehidupan masyarakat inca berlangsung aman dan damai

# Kehidupan sosial budaya dan kepercayan 

Dalam sistem kepercayan masyarakat inca menyembah matahari sebagai dewa tertinggi kerajan inca. Juga mengkultuskan pemimpin kerajan atau sapa inca sebagai keturunan langsung dewa matahari peradaban inca mengadakan ritual yang di namakan upacara agung matahari untuk mengucapkan sukur kepada dewa matahari atas berkah oanen dan kelangsungan hidup kerajan inca mengenal sistem terasering yang di kembangkan oleh masyarakat inca antara lain kentang, jagung, labu, buncis, dan buah-buahan masyarakat inca di wajibkan mengerjakan tanah wakaf yang di sediakan oleh kerajan.

Tanah wakaf tersebut hasilnya untuk memelihara kuil. Dan menghidupi para pendeta, orang jompo, Perajurit, Orang sakit dan para janda. 

Peradaban inca belum mengenal sistem tulisan masyarakat inca menggunakan quipu untuk menyimpan informasi.quipu merupakan sebuah kawat dengan simpul-simpul yang menandakan informasi tertentu. 

Artikel ini di tulis oleh:
Khalam Randika | Siswa Kelas X-is 2 MAN 1 Sumbawa