Latest News

Manusia Purba di Afrika, Seperti Apa sih?



Ngibarbalang.id - Mungkin sebagian dari anda atau teman teman belum mengetahui tentang informasi tentang manusai purba di afrika.

Seperti apa sih manusia purba yang ada di afrika?

Apakah anda pernah mengetahui tentang adanya manusia purba?

Mungkin pertanyaan itu yang berada di diri anda, maka dari itu simaklah pembahasan berikut.

Manusia purba pertama kali di kenal dengan di lihat fosilnya. Nah, teman teman fosil pertama kali ditemukan oleh DONALD JOHANSON,  M. TAEIB dan Y. COPPENS pada tahun 1974. Fosil di temukannya cukup lengkap terdiri dari tengkorak,rahang bawah, tulang anggota badan, tulang belakang, tulang rusuk dan tulang pinggul. Jenis manusia purba pertama kali di temukan adalah AUSTRALOPITHECUS AFARENSIS. 

Illustration of human evolution | dissolve.com
Manusia purba jenis itu di anggap sebagai manusia purba tertua.para ahli menyebutkan AUSTRALOPITHECUS AFARENSIS dengan nama lucy.menurut para ahli lucy memiliki tinggi badan sekira 1.2 meter. Fosil itu diperkirakan berjenis kelamin perempuan sehingga lucy sering di juluki sebagai “ibu kemanusiaan”. Ternyata tahun 2007 fosil lucy di pamerkan di afrika serikat selama 6 tahun.fosil itu kembali ke pada pemerintah ETHIOPIA pada tanggal 1 mei 2013.

Kemudian juga pada tahun 1924 ternyata RAYMOND DART menemukan fosil tengkorak manusia purba d kawasan gua karst di kaung,afrika selatan.ternyata fosil itu di namakan dangan sebutan  AUSTRALOPITHECUS AFRICANUS

Beberapa fosil AUSTRALOPITHECUS AFRICANUS juga di temukan di 4 situs berbeda.situs tersebut yaitu taung (1924), sterkfontein (1935), makapansgat (1948) dan geladysevale (1992).oleh karna itu tengkorak ini menunjukan posisi kepala yang tegak di badan dan telah di perkirakan berjalan tegak. Ternyata fosil temuan ini memperkirakan fosil anak berusia 5 tahun.

Ahli juga memperkirakan USTARALOPITHECUS AFRICANUS merupakan spesies hominid awal yang hidup pada 2-3 juta tahun silam,tempatnya pada masa pleistosen.kira kira usianya dapat di ketahui pada endapan pengandung fosil yang di temukan AUSTRALOPITHECUS AFRICANUS memiliki tinggi badan sekira 150 cm dan berat badan 50 kg.

Australopithecus afarensis | www.tripadvisor.ie
Kemudian di tahun 1994 di ethiopia YOHANNES HAILE menemukan fosil ARDIPITHECUS RAMIDUS para ahl menemukan sejumlah tengkorak,gigi,tuang panggul,tangan,dan kaki sebanyak 35 potong. Para ahli juga memperkirakan ARDIPITHECUS RAMIDUS hidup 4.4 juta tahun yang lalu para ahli ARDIPITHECUS RAMIDUS memiliki kepandaian memanjat pohon. Jenis lain dari USTARALOPITHECUS adalah USTARALOPITHECUS ROBUSTUS. Manusia purba ini pertama kali di temukan oleh robert broom di kromdraai dan swaktrans, afrika selatan. 

Menurut robert broom USTARALOPITHECUS ROBUSTUS di perkirakan hidup pada 1-2 juta tahun yang lalu USTARALOPITHECUS ROBUSTUS memiliki ciri antara lain muka lebih lebar, lebih datar dan lebih rendah.selain itu USTARALOPITHECUS ROBUSTUS memiliki kemampuan evolusi sangat lambat dan bentuk tengkorak unik.

Alat alat mastikasti lain yang memiliki USTARALOPITHECUS ROBUSTUS seperti rahang dan gigi gigi terlihat besar dan kuat ada pun ukuran gigi vragraham dan grahamnya jauh lebih besar dibandingkan ukuran gigi taring dan gigi seri.

USTARALOPITHECUS ROBUSTUS juga memiliki tubuh lebih kekar di bandingkan USTARALOPITHECUS AFARENSIS dan USTARALOPITHECUS AFRICANNUS. USTARALOPITHECUS ROBUSTUS termasuk golongan manusia purba bertipe vegeterian.fosil fosil USTARALOPITHECUS ROBUSTUS yang berwarna lebih kecoklatan, warna kecoklatan tersebut menunjukkan lingkungan alam saat itu lebih hijau di bandingkan lingkungan saat ini.

Ada pun penemuan baru seperti homo rhodesiesiensis atau homo africanus ditemukan pada lapisan pleistosen atas homo rhodesiesiensis berarti manusia dari rhodesia. Di sebut juga nama homo africanus atau manusia dari afrika homo rhodesiesiensis memiliki fisik hampir mirip dengan manusia modern afrika. Oleh karna itu sering sebut dengan nenek moyang bangsa afrika. Fosil ini ditemukan oleh tom zwigglar seorang penambang timah di goa di broken hill, Rodestia utara, Zimbabwe


Artikel ini di tulis oleh:
Irpan Saputra | Siswa kelas X IPS 3 MAN 1 Sumbawa