Latest News

Kebudayaan Dongson? Cari Tau yuk


Ngibarbalang.id -- Kalian kepo gak tentang kebudaayaan Dongson itu apa sih ? kalo kalian belum tau ya udah dibaca aja, kita simak sama – sama penjelasan dibawah ini !!!!

Kebudayaan dongsong ialah kebudayaan zaman perunggu yang tekenal sedunia. Tau gak kalian kebudayaan ini juga udahberkembang lohg di Asia tenggara. Menurut informasinya kebudayaan ini berkembang pesat Nusantara. Apakah teman – teman tahu arkeologi dari dongson. 

Pengen tahu ? baca aja lanjutannya

Benda- benda arkeologi merupakan benda – benda peninggalan pada zaman dulu yang udah lama banget berkembang. Benda – benda arkeologi yang ada di Dongson begitu beragam seperti, perunggu, kapak, ujung tombak, pisau belati, mata bajak topangan berkaki tiga.
Karya yang paling popular yaitu nekara ngoc-lu yang disimpan di Musium Hanoi. 

Unik kan!!! Mari baca lagi kelanjutannya.

Teknik pembuatan alat – alat dari perungu terbagi atas dua cara yaitu :

Teknik Bivalve / teknik setangkuk, yaitu teknik cetakan denan menggabungkan dua alat cetak yang disatukan. Contoh dariteknik cetakini yaitu, nekara. 

Teknik cetakan lilin, yaitu teknik mengelolah logam dengan membuat model benda dari lilin. Contoh hasil teknik ini yaitu, Arca dan Tajak.

Sekian yaa makasih udah dibaca. Semoga bisa diamalkan dan ditambah pengetahuannya. Salam manis deh buat kalian



Artikel ini ditulis oleh:
Rabya Salsa P. | Siswa kelas X MAN 1 Sumbawa