Latest News

Banyak Alasan Sumbawa jadi Tujuan Liburan kamu!


Ngibarbalang.id – Sumbawa, sebuah kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat. Pulau yang terkenal dengan Susu kuda Liar serta Madu Hutan Sumbawa ini mulai membenahi daerah pariwistanya. Para pemuda penggiat pariwisata terus menerus secara aktif mengekplorasi tempat-tempat yang memiliki daya tarik sebagai spot lokasi baru.

Oh ya, satu hal yang perlu di catat sebelum saya lebih lanjut menulis. Sumbawa dan Sumba itu beda Loh! Dua daerah dengan provinsi yang berbeda pula. Sumbawa berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat sedangkan Sumba berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (tetanggaan gitu lah!).

Nah, kali ini yang saya akan bahas itu Sumbawa, Bukan Sumba!
detail tentang sumbawa | Google.com

Mengapa harus ke Sumbawa? Ada apa sih di sana? Oke, simak ulasan berikut ini.

Jika didaerah kalian sering melihat spanduk besar yang menjual Madu, disana tertulis dengan huruf kapital SUSU KUDA LIAR SUMBAWA atau JUAL MADU LEBAH SUMBAWA  (ORIGINAL), produk-produk ini berasal dari Sumbawa yang memang terkenal dengan keaslian dan khasiatnya.

By the way! Tau Sumbawa nggak????

Nah, kalo kamu mau menikmati atau melihat langsung prosesnya bisa kamu lakukan saat berada di Sumbawa. Selain itu, juga dalam bentuk produk makanan ringannya. 

Selain itu, di Sumbawa juga masih beriri tegak sebuah Istana Tua yang sering di sebut oleh masyarakat lokal dengan istilah “DALAM LOKA” , sebuah rumah panggung terbesar di dunia yang masih berdiri kokok dengan 99 tiang nya. Istana Dalam Loka ini adalah saksi sejarah tentang kerajaan Sumbawa masa dulu.

Istana Dalam Loka | Kompasiana.com
Spot ini bisa menjadi background berselfie kamu, cukup unik loh! 

Selain itu, ada juga MOTOGP versi masyarakat lokal Sumbawa yang sangat menarik. PACUAN KUDA dan BARAPAN KEBO. Yang menjadi uniknya adalah ketika joki yang memacu kuda itu adalah anak-anak kecil yang dengan lihainya memacu kuda sekencan-kencangnya. 

Dijamin! Andrenalin kamu akan terpacu ketika meliha sang joki cilik ini memacu kuca-kuda pilihan ini. Mereka terlihat sangat profesional dalam memacu kudanya. Tak jarang, sesekali mereka terlempar dari atas kudanya. Namun, ini sudah menjadi hal yang biasa! 

Sedangkan barapan kebo atau karapan kerbau ini ini memiliki sensasi tersendiri lainnya. Bayangkan, kamu harus memacu dua ekor kerbau yang sudah di pasangkan di arena yang berlumpur. Lumputnya hingga mencapai lutut orang dewasa.

Main jaran Sumbawa | Sumbawakab.go.id
Dua olahraga tradisional ini sangat digemari oleh masyarakat Sumbawa.

Tak susah untuk mendapatkan saat even ini sedang berlangsung, hal ini dikarenakan even ini selalu di selenggarakan tiap hari minggunya di tempat yang berbeda-beda, hanya kamu perlu mencari tau jadwal dimana sedang berlangsung lomba ini.

Penasaran..!!!!

Masih banyak hal lainnya, ada istana bala kuning yang merupakan rumah pribadi sang raja, ada desa tepal, baturotok yang merupakan desa diatas awan sumbawa karena lokasinya di puncak tertinggi Kab. Sumbawa.

Jika anda seorang yang hobi dengan kuliner maka wajib untuk mencicipi kuliner khas Sumbawa seperti sepat, singang, ikan sira sang dan masih banyak yang lainnya.
So, jika kamu berencana akan berlibur ke timur Indonesia maka Sumbawa bisa menjadi salah satu alternatif didalam list liburan kamu, dijamin tak akan menyesal!