Latest News

Antara Mitology dan Lahirnya Ilmuan Hebat di Athena!


ngibarbalang.id - Peradaban Anthena dibentuk oleh bangsa lonia dan dibangun di Semenanjung Attica. Seorang negarawan bernama Kleistenes. Memperkenalkan sistem demokratis kepada masyarakat anthena yg terjadi pada tahun 508 sebelum masehi.

Pusat pemerintahan pada masa peradaban Anthena terletak di polis Anthena. Dalam pemerintahan polis Anthena terdapat 3 dewan yang memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah. Diantara nya yaitu: Archon memiliki peran sebagai dewan pelaksana pemerintah, Aeropago memiliki peran sebagai dewan yang mengawasi pemerintah yang diawasi oleh Archon, Bolue memiliki peran sebagai dewan yang menetapkan hukum yang berlaku serta menetapkan dan memberhentikan Archon

Dalam sistem pemerintahan Anthena juga dikenal sebagai suatu sistem yang disebut oscratisme. Apakah kalian tau apa fungsi dari Oscratisme? Yah, fungsi dari oscratisme yaitu sebagai hak rakyat Anthena untuk memberhentikan dan mengasingkan penguasa yang dianggap memerintah secara berlebihan.

Kota Unik di Yunani
Masyarakat anthena memiliki kehidupan yang bebas serta mengembangkan ilmu pengetahuan, Filsafat, Seni pahat dan teater. Pada tahun 594 sebelum masehi anthena dipimpin oleh seorang negarawan bernama solon.

Apa saja yg dilakukan solon untuk masyarakat anthena? Yaitu solon menciptakan sebuah hukum dalam masyarakat anthena. Hukuman tersebut misalnya hukuman denda bagi pelaku pencurian dan hukuman pengasingan bagi pelaku kasus pembunuhan. Peradaban anthena mencapai puncak kejayaan pada masa perikles(460-429 sebelum masehi)

Ternyata ada salah satu bukti kuat tentang kemajuan pada masa perikles yaitu pembangunan kompleks agora dan akropolis. masyakarat anthena menyembah para dewa dan dewi dan menganut sistem politeisme.

Kenapa masyarakat anthena lebuh memilih menyembah para dewa dan dewi? Berikut penjelasannya
Menurut masayarakat anthena dewa dan dewi sering digambarkan dalam bentuk manusia yg memiliki keindahan dan kekuatan tersendiri melebihi manusia biasa.

Berikut Beberapa dewa dan dewi yg disembah oleh masyarakat anthena antara lain yaitu: Zeus Hades, Paseidon, Ares, Aphrodite, Apollo dan Anthena.

Mitologi yunani kuno | ruangbaca.online
Pemerintah anthena dijalankan sistem demokratis. Oleh karena itu masyarakat anthena sangat gigih dalam memperjuangkan kebebasan berpendapat dan hak suara dalam pemerintah.

Disisi lain, Sepertinya masyarakat Anthena juga telah mengembangkan kegiatan pertanian, perdagangan dan pelayaran sebagai mata pencaharian utama. Masyarakat Anthena tersebut dikenal sebagai penghasil anggur dan gandum yangg berkualitas, Hasil pertanian dan perkebunan tersebut kemudian diperdagangkan.

Masyarakat anthena juga telah mengenal sistem mata uang. Mata uang yg berlaku pada saat itu diterbitkan dianthena disebut drachma. Mata uang tersebut berbentuk koin bulat dengan ukiran burung hantu dan dewi anthena pada kedua sisi yg digunakan untuk membayar.

Kalian tau tidak? Bahwa pada peradaban Anthena telah berkembang ilmu pengetahuan. Peradaban anthena juga telah banyak melahirkan ilmuwan dan filsuf terkenal yg handal lho! Beberapa ilmuwan dan filsuf tersebut diantara nya yaitu: Homerus, Hippocrates, Archimedes, Erasthotenes, Phytagoras, Thales, Thuticydes, Plato, Socrates dan Aristoteles.

Pada peradaban anthena juga telah berkembang seni bangunan. Dan peradaban anthena juga banyak meninggalkan bangunan megah berbahan batu batu marmer dan batu batu pegunungan. Sebagian besar bangunan megah tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan dewa dan dewi dalam kepercayaan bangsa yunani kuno. Contohnya adalah kompleks akropolis dianthena  yg digunakan sebagai tempat pemujaan dewi anthena. Masyarakat anthena juga telah mengembangkan bangunan megah seperti stadion yg digunakan sebagai sarana tempat lomba lari.

Mungkin itu saja beberapa penjelasan singkat saya tentang peradaban anthena yang mungkin telah banyak mengetahuinya. Mohon maaf apabila ada kesahalan dalam kata kata karena saya juga seorang manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Saya mengucapkan terima kasih telah membaca artikel dari saya yang menjelaskan tentang salah satu peradaban pada masa yunani kuno yaitu peradaban anthena. Sekian Terima kasih,

Wassalamualaikum

Artikel ini di tulis oleh:
Toni Adam | Siswa kelas X MAN 1 Sumbawa