Latest News

Coba Sensasi Baru di Gunung Jarang Pusang Sumbawa




Ngibarbalang.id – Alam, keindahan dan eksotis adalah tiga kata untuk mengambarkan tempat yang memiliki nama sedikit agak unik dari yang lainnya. Jaran Susang, itulah nama tempat yang saya maksudkan itu. Mengacu kepada nama, Jaran dalam bahasa Masyarakat lokal Sumbawa berarti Kuda sedangkan Susang berarti terbalik. Upss...apa mungkin pernah ada kuda yang terbalik di atas di sana, Hmmm... entahlah, saya juga tak pernah mendengarkan cerita kuda terbalik. Atau mungkin hanya sebuah istalah untuk menggambarkan bahwa tempat ini memiliki curam yang yang agak sedikit ektrem.

Terlepas dari nama tersebut, Jarang susang atau Jarang Pusang merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.200 meter dari permukaan laut. Kawasan yang memiliki kemiringan yang lumayan ektrem. Tapi sekarang nama jaran Pusang lebih di kenal dengan nama Jarang Pusang, entah kenapa berubah penyebutan. Atau hanya perubahan yang terjadi karena seiring waktu berproses, dan terjadi pergeseran dalam penyebutannya. Namun biasanya dalam dialek bahasa Sumbawa, pergeseran dalam pengucapan nama sesuatu lumrah terjadi. Namun hal tersebut biasanya dalam waktu yang tidak singkat.

Let’s go bertualang...

Apapun namannya bukanlah hal terpenting namun apa yang dimilikinya itulah yang menjadi prioritas untuk di jelajahi. Secara administratif, Gunung Jarang Pusang masuk dalam wilayah Kecamatan Plampang. Nah, Jika kamu dari wilayah perkotaan Sumbawa kamu bisa memakai transportasi publik atau pribadi melintasi jalur lintas Sumbawa – Bima. Ada beberapa kecamatan yang akan kamu lewati. Mulai dari kecamatan Lopok, Kecamatan lape, Kecamatan Maronge, Muer hingga tiba di kecamatan Plampang.

Namun, kamu akan lebih dekat melalui Desa Jompong yang ada di Kecamatan Plampang ini. Jika kamu menggunakan sepeda motor, kamu masih bisa menggunakannya hingga di ketinggian 200-300 meter. Nah, pertualangan sesunggunya baru akan di mulai dengan berjalan kaki.

Nikmati setiap detik pertualangan kamu. proses mencapai lokasi adalah suatu kenikmatan yang luar biasa. Bercinta dengan alam, bernyanyi dengan suara alam lalu nikmati setiap keunikannya.
Gunung jaran Pusang merupakan hutan lindung, kawasan ini selalu terlihat hijau dan siap untuk memanjakan mata anda yang menjelajahinya.

Ada hal indah lainnya...

Dari sini kamu akan memandang landscape indah perairah teluk saleh dengan backround ukiran Gunung Tambora nan mempesona lalu ada pulau-pulau kecil yang menghisasi bentangan laut teluk saleh ini. Berhentilah sejenak, nikmati indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa. Sisi lainnya, hamparan luas persawahan petani akan menyempurnakan pemandangan indah kamu di Gunung Jaran Pusang ini.

Selanjutnya, lihatlah dengan teliti. Ada hal unik lainnya yang ada di atas sana. Pasang mata kamu baik-baik lalu lihatlah ke arah tebing ada semacam relief seperti kuda terbalik dengan posisi kaki di atas, oh ya...mungkin inilah mengapa gunung ini di sebut Gunung Jaran Susang oleh masyarakt Sumbawa yang ada di sekitar gunung ini. Unik kah...???


Nah, dear traveller sejati! Jika kamu ke Pulau Sumbawa tak ada salahnya mencoba mencicipi pertualangan sejenak menuju Gunung Jaran Pusang. Setelah itu anda akan jatuh cinta dengannya.




Image Source:
sumbawapintar.blogspot.co.id