Latest News

5 Oleh-Oleh Khas Pulau Sumbawa, yang No. 2 Pria Wajib Beli Ya!


 ngibarbalang.id – saat ini, Pulau Sumbawa sudah termasuk dalam list para traveller sebagai tempat yang wajib akan mereka jelajahi. Beberapa kurun waktu, wisata di dominasi oleh Pulau Dewata Bali, Pulau Lombok. Namun ada hal yang unik, beberapa orang yang ada di luar Sumbawa kerap keliru saat membedakan Sumba dan Sumbawa. Sumba atau Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Sedangkan Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat atau NTB, ini beda Loh guys!!! Dengan potensi wisata nan eksotik yang seru dan menyenangkan. Nah, jika sempat travelling ke Pulau Sumbawa maka ini list oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di Pulau Sumbawa ini.

1.  Madu Sumbawa

Madu Sumbawa sangat terkenal se antero Nusantara. Uniknya, orang di luar sana mengenal nama madu Sumbawa tanpa tau dimana itu Sumbawa. Jika kamu travelling ke Pulau Sumbawa, ini bisa menjadi hal pertama yang kamu beli.

Madu Sumbawa ini punya banyak khasiat untuk berbagai penyakit dan merupakan salah satu metode pengobatan cara Nabi Muhammad SAW. Madu ini menjaga imun tubuh dan menjaga kesehatan. Ada beberapa kemasan madu mulai dari ukuran botol kecil hingga ukuran jeriken sekitar 1 liter.

Kisaran Harga Rp 25.000 – Rp 250.000/botol

2. Susu Kuda Liar Sumbawa

Susu kuda liar Sumbawa, pernahkah kamu mendengarnya! Saya yakin kamu pernah medengar nama yang satu ini. Susu Kuda Liar Sumbawa dipercaya sangat berkhasiat untuk stamina pria dewasa. Nah, bagi kamu yang ingin menjadi pria sejati, ini bisa jadi konsumsi kamu. so, rugi loh jika kamu ke sumbawa tak memburu oleh-oleh yang satu ini.

Untuk mendapatkan susu kuda liar ini, biasanya para traveller bisa memesan langsung di Desa penyaring. Biasanya mereka yang memburu susu kuda liar menginginkan yang fresh dan baru di perah.

Jika yang di beli di toko maka biasanya sudah di kemas dalam botol beling yang tebal. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesegaran susu kuda liar itu sendiri dan ketika di bawa pulang susu tesebut tidak tumpah di dalam pesawat

Nah, untuk Kisaran harga Rp 100.000 – Rp 600.000/botol

3. Minyak Gosok Sumbawa

Kalau yang satu ini agak sedikit mistis pembuatannya. Orang Sumbawa mengenal ini dengan sebutan “Malala” yaitu proses pembuatan minyak Sumbawa. Minyak gosok Sumbawa terbuat dari bahan-bahan yang sangat alami, berupa akar-akar serta oleh sandro (ahli megic). Dengan bau yang khas, minyak Sumbawa akan memberikan khasiat yang luar biasa.

Untuk harga perbotolnya kirasan Rp. 30.000. 

4. Permen Susu Kuda Liar dan Kerbau Liar

Para pengerajin kuliner yang ada di Sumbawa mencoba mengkreasikan susu kuda liar menjadi permen. Untuk yang satu ini sangat mudah di dapatkan di Sumbawa. Di toko-toko seputaran kota Sumbawa sudah menyiapkan oleh-oleh khas sumbawa yang satu ini.

Walaupun terbuat dari susu kuda liar namun rasa sudah berbeda. Karena terkadang ada yang sedikit merasa aneh ketika pertama kali minum susu kuda liar so, ini bisa menjadi alternatif untuk merasakan susu kuda liar Sumbawa.

Untuk Kisaran harga sekitar Rp 15.00 - 20.000/kantong

5. Kre’ Alang, Tenun Khas Sumbawa

Oleh-oleh yang satu ini merupakan kerajinan tenun yang ada di Sumbawa. Beberapa Desa di Sumbawa menjadi Pusat tempat pengerajin tenung khas Sumbawa. Seperti, Dusun Sampri, Desa Poto, Desa Lengas dan desa lainnya. Nah, bagi anda yang hobi dengan hasil kreasi nusantara maka kamu bisa mencoba yang satu ini. Di jamin keren loh !!!

So, jika kamu bertravelling ke Sumbawa maka inilah 5 daftar oleh – oleh yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar belanjaan kamu selam berada di Sumbawa.