Latest News

Inilah Nama Unik Desa Yang Ada di Kabupaten Sumbawa


ngibarbalang.id -- Ada sekian banyak desa yang ada di lingkup Kabupaten Sumbawa. Nama-nama desa tersebut cukup unik jika kita memahami artinya. Hanya karena biasa meyebutkannya menjadikan hal ini biasa-biasa saja terdengar, tapi jika melihat arti dalam bahasa Indonesianya maka nama-nama desa ini sedikit menggelitik.

1.  Ai Bari

Desa Ai Bari terletak di kecamatan Moyo Utara, behadapan langsung dengan Pulau Moyo. Jika di artikan perkata dalam Bahasa Indonesia nama desa ini menjadi sedikit unik. Ai bearti Air dan Bari berarti Busuk (Makanan yang sudah kadarluasa atau rusak) jadi jika di gabungkan maka menjadi Air busuk (Air yang sudah tudak layak konsumsi)

2. Semamung

Desa ini terletak di Kecamatan Moyo Hulu. Nah, jika diartikan se berarti satu dan Mamung berarti Bau. Jika digabungkan maka menjadi satu bau (bau yang serupa). Tapi, dalam bahasa loka Sumbawa semamung adalah nama salah satu jenis tumbuhan yang konon banyak sekali terdapat dikawasan ini. Tanaman ini memiliki bau yang sangat khas.

3. Prek Mayung

Lokasi ini berada di Kecamatan Utan, terletak diantara kecamatan buer dan utan. Jika di artikan dalam bahasa Indonesia Prek berarti Penis dan Mayung berarti Menjangan atau rusa. Konon dulunya daerah ini terdapat banyak rusa-rusa yang berkeliaran dan masyarakatnya suka berburu rusa. Saat berburu, bagian rusa yang paling mereka sukai adalah penisnya dan menjadi santapan terfavorit. Inilah mengapa tempat ini disebut prek mayung

4. Samapuin

Terletak di wilayah Kabupaten Sumbawa, jika diartikan sama artinya sejenis dan puin artinya pohon. Daerah ini dulunya terkenal dengan banyaknya ditumbuhi oleh pohon yang sejenis.

5. Sedan

Dusun ini terletak dikecamatan Moyo Hulu, Dalam Bahasa Indonesia Sedan adalah salah satu jenis kenderaan roda empat.

6. Sebewe

Desa Sebewe adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Moyo Utara. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia Sebewe berarti satu ranting (atau berada diranting yang sama)

7. Songkar

Songkar terletak di Kecamatan Moyo Utara. Konon, nama ini diambil dari nama sebuah. Konon cerita,pohon itu hanya tingal satu pohon saja di seputaran Olat Cabe.Tapi hingga saat ini orang "Songkar" berusaha mencarinya dan tidak menemukannya.

8. Brang Bara

Brang Rea adalah salah satu lokasi yang ada di kecamatan Sumbawa. Menurut cerita jaman dulu orang-orang membuat Bara yang bahasa Indonesia artinya kandang yang di buat tepat dipinggir Kali atau brang. Maka jadilah sebutan Brang Bara.

Nah Inilah beberapa nama unik daera-daerah yang ada di Kabupaten Sumbawa. Nama ini akan menjadi sedik menggelitik jika diartikan dalam Bahasa Indonesia. Masih ada beberapa desa lainnya lagi yang memilik nama unik seperti ini.